7 Serum dengan Kandungan Tranexamic Acid untuk Bikin Kulit Cerah

Beauty | Minggu, 22 September 2024 11:00

Reporter : Dhewi

Tranexamic Acid punya kemampuan menghambat produksi melanin yang berlebih, mengatasi masalah pigmentasi, serta ampuh untuk menghilangkan noda hitam. Apa saja rekomendasi produknya?

Retinol, vitamin C, Hyaluroid acid udah dikenal luas sebagai ingredient skincare yang nampol banget buat menangani berbagai masalah kulit. Tapi apakah kamu pernah mendengar tentang Tranexamic Acid?

Advertisement

Tranexamic Acid atau asam traneksamat adalah salah satu kandungan yang terdapat pada serum yang dapat meningkatkan kecerahan kulit. Asam traneksamat dikenal dalam dunia medis Bernama agen antifibrinolitik yang berguna untuk mengurangi pendarahan. Tetapi, seiring berjalannya waktu, penelitian mengungkapkan bahwa Tranexamic Acid juga memiliki manfaat untuk perawatan kulit.

Manfaat dari kandungan Tranexamic Acid yaitu menghambat produksi melanin yang berlebih, mengatasi masalah pigmentasi, serta ampuh untuk menghilangkan noda hitam. Selain itu, Tranexamic Acid juga dapat menenangkan kulit yang sedang iritasi, serta meningkatkan kecerahan kulit secara keseluruhan. Kandungan Tranexamic Acid pada serum cocok untuk semua jenis kulit termasuk kulit sensitif.

Kandungan Tranexamic Acid pada serum juga memiliki efek samping yang harus kalian perhatikan. Efek sampingnya yaitu iritasi pada kulit, meskipun jarang terjadi mungkin beberapa orang akan mengalami iritasi ringan setelah menggunakan serum ini. Selain itu, hindari penggunaan bahan lain terutama bahan-bahan aktif yang dapat memberikan iritasi pada kulit seperti retinol atau AHA, kecuali telah mendapatkan izin dari dokter kulit.

Berikut adalah beberapa merek atau produk serum yang mengandung Tranexamic Acid dan dijual di pasaran Indonesia yang bisa kalian beli dan kalian coba!

2 dari 7 halaman

Somethinc level 1 % Encalsulated Tranexamic Acid Serum (Harga: Rp. 127.302)

© 2024 instagram.com/somethincofficial/

Serum ini dapat membantu kalian untuk mengurangi hiperpigmentasi karena mengandung asam traneksamat, dapat mencerahkan kulit, anti-inflamasi, serta non-iritasi sehingga cocok untuk segala jenis kulit termasuk kulit yang sensitif.

Bahan utama dari serum ini yaitu asam traneksamat (1%), niacinamide, ekstrak licorice, serta allantoin yang dapat melembutkan kulit. Kalian dapat menggunakan serum ini sekali atau dua kali dalam sehari tergantung kebutuhan kulit serta reaksi kulit kalian terhadap produk yang digunakan.

 

3 dari 7 halaman

Avoskin Your Skin Bae Tranexamic Acid 3 % Serum

© 2024 instagram.com/avoskinbeauty/

Kandungan utama dari serum ini yaitu tranexamic acid (3%) yang dapat mengurangi hiperpigmentasi dan dapat mencerahkan kulit, niacinamide, serta kandungan pelembab. Manfaat yang bisa kalian dapatkan jika menggunakan serum ini yaitu mengurangi hiperpigmentasi, mencerahkan kulit, meningkatkan tekstur kulit, serta dapat mengurangi peradangan kulit.

Serum ini cocok digunakan di segala jenis kulit termasuk kulit sensitif. Kalian bisa menggunakan serum ini pada pagi dan malam hari, dan untuk pagi hari kalian wajib menggunakan sunscreen setelah penggunaan serum agar terhindar dari sinar UV.

4 dari 7 halaman

The Aubree Centella Herb Serum (Harga: Rp. 75.000)

© 2024 instagram.com/aubree.skin/

Bahan alami yang dapat menyembuhkan serta memperbaiki kulit yang rusak sangat cocok untuk kalian yang memiliki kulit yang sensitif serta kulit yang rentan terhadap iritasi. Produk ini menggabungkan kandungan asam traneksamat dengan ekstrak centella asiatica untuk memberikan efek menenangkan serta mencerahkan pada kulit.

Selain itu bahan lainnya yang terkandung dalam serum ini adalah niacinamide, allantoin, serta glycerin yang dapat menjaga kelembaban kulit. Kalian bisa gunakan serum ini dengan konsisten atau secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal.

5 dari 7 halaman

Whitelab Brightening Face Serum (Harga: Rp. 63.000)

instagram.com/whitelab_id

Manfaat yang bisa kalian dapatkan setelah menggunakan serum ini adalah mencerahkan kulit, mengurangi hiperpigmentasi, meningkatkan tekstur kulit, menghidrasi kulit, serta anti-inflamasi.

Hal tersebut terjadi karena adanya kandungan yang terdapat dalam serum ini seperti niacinamide, tranexamic acid, hyaluronic acid, serta allantoin.

6 dari 7 halaman

Nacific Phyto Niacin Whitening Essence (Harga: Rp. 65.550)

© 2024 instagram.com/nacificofficial.id/

Produk yang diformulasikan untuk membantu kalian mendapatkan kulit yang cerah serta dapat membantu meratakan warna kulit kalian. Produk ini mengandung bahan bahan aktif seperti niacinamide, asam traneksamat, ascorbic acid (vitamin C), adenosine, hyaluronic acid, serta bamboo extract.

Dengan kandungan-kandungan tersebut serum ini dapat memberikan manfaat seperti dapat mencerahkan kulit, mengurangi hiperpigmentasi, melembabkan kulit, anti-inflamasi, serta sebagai antioksidan yang mana dapat melindungi kulit dari radikal bebas.

7 dari 7 halaman

ERHA Truwhite Activator C Serum (Harga: Rp. 150.100)

© 2024 instagram.com/erha.dermatology/

Serum ini selain diformulasikan untuk mencerahkan kulit juga bisa untuk mengurangi tanda-tanda penuaan dini. Manfaat lainnya yaitu dapat mencerahkan kulit, mengurangi hiperpigmentasi, anti-aging, antioksidan, serta dapat menghidrasi kulit agar kulit tetap lembab dan kenyal.

Bahan utama dari serum ini ada vitamin C (ascorbic acid), tranexamic acid, niacinamide, hyaluronic acid, serta aloe vera extract yang dapat menenangkan kulit dan membantu mengurangi iritasi. Serum ini cocok untuk kalian yang ingin mendapatkan kulit yang lebih cerah, merata dan sehat.

Kandungan tranexamic acid atau asam traneksamat sudah membuktikan bahwa kandungan ini dapat menjadi Solusi jika kalian ingin mendapatkan wajah yang cerah, mengurangi noda hitam serta memperbaiki tekstur kulit. Gunakan serum yang memiliki kandungan tranexamic acid secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal dan sempurna. 

Penulis : Alviani Putri Susmawati

Join Diadona.id