11 Cara Mengecilkan Pipi Tembem dan Cabi Agar Tirus

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 20 Januari 2020 14:38
11 Cara Mengecilkan Pipi Tembem dan Cabi Agar Tirus
Dari diet hingga ilusi make up, semua cara dilakukan demi mendapatkan pipi tirus dan bentuk wajah idaman

V shape atau bentuk pipi tirus sering didambakan oleh banyak orang, terutama wanita Asia. Ini merujuk pada bentuk wajah yang ramping atau oval, menyempit ke dagu dengan tajam dengan garis rahang yang halus. Sayangnya, bentuk wajah ininggak bisa didapat kalau kamu punya pipi yang tembab. 

Pipi tirus membuat penampilan terlihat beberapa tahun awet muda dan bisa menonjolkan fitur wajah. Bentuk wajah ini membuat wajah jadi terlihat lebih mungil ketimbang aslinya. Bahkan sampai ada teknik make up hingga bedah operasi yang khusus diaplikasikan untuk mencapai bentuk wajah ini. Bahkan, banyak tutorial hijab yang memberikan cara biar pipi terlihat lebih tirus.

Sayangnya, metode bedah dokter masih belum bisa dijangkau oleh semua orang yang pengen pipi tirus, atau memang nggak jadi pilihan karena faktor risiko yang besar. Nggak usah khawatir, coba deh 12 cara mengecilkan pipi untuk mendapatkan pipi tirus ala bintang Korea.

1 dari 4 halaman

Cara Mengecilkan Pipi Tembem

Ilustrasi Permen Karet

Wajah yang bulat dengan pipi tembam biasanya hadir sebagai konsueksi atas naiknya berat badan kamu. Sayangnya, kamu nggak bisa menurunkan berat badan dengan sasaran yang spesifik untuk salah satu daerah di tubuh kamu. Untuknya ada stategi khusus untuk meningkatkan pembakaran lemak sekaligus sebagai cara mengecilkan pipi:

Senam Wajah

Senam wajah dianggap sebagai salah satu yang utama dalam cara mengecilkan pipi. Nggak cuman itu, senam wajah juga bisa meningkatkan penampilan, mengurangi tanda penuaan dan meningkatkan kekuatan otot wajah.

Cara mengecilkan pipi dengan senam cukup mudah kok, yang paling populer yakni dengan menggembungkan pipi kamnu trus mendorong udaranya ke sisi pipi kanan dan kiri, mengerucutkan bibir di sisi yang bergantian dan menggertakkan gigi sambil tersenyum. Cara mengecilkan pipi yang nggak susah, kan?

Menurunkan berat badan

Pipi yang tembam bisa muncul karena berat badan naik. Benar kan? Makanya, cara mengecilkan pipi bisa dimulai dari menurunkan berat badan terlebih dahulu. Saat berat badan turun, maka lemak-lemak akan pergi dari tubuh dan wajah kamu.

Jaga Asupan Natrium

Kelebihan natrium bisa membuat kamu kembung, yang juga berarti bisa membuat wajah kamu terlihat bengkak. Ini karena natrium membuat badan kamu menahan air dalam jumlah berlebih. Dan untuk cara mengecilkan pipi melalui pengurangan konsumsi natrium ini, bisa kamu lalui dengan mengurangi camilan gurih dan daging olahan.

Mengunyah Permen Karet

Mengunyah permen karet ternyata punya efek yang sama dengan melakukan senam wajah. Karena saat mengunyah secara teratur, kamu juga melatih otot-otot di rahang dan sekitar pipi. Wah, artinya bisa jadi cara mengecilkan pipi juga, yah?

2 dari 4 halaman

Cara Mengecilkan Pipi Tembem Agar Tirus

ilustrasi seorang wanita bermain ponsel

Percaya nggak sih, dengan sedikit latihan yang disiplin mungkin bisa jadi cara mengecilkan pipi dan membuat wajah kamu terlihat tirus.

Latihan Rahang

Nggak cuman tubuh, otot-otot di wajah dan rahang kamu juga butuh perhatian. Dengan olahraga wajah secara teratur artinya kamu memastikan otot di wajah tetap terlihat kencang, menjaga kulit, mencegahnya kendur, sehingga secara lebih lanjut juga bsia sebagai cara mengecilkan pipi tembam.

Facelift

Nah, cara mengecilkan pipi dengan facelift ini banyak dilakukan oleh selebriti untuk mendapatkan bentuk pipi yang tirus, meski sebenarnya sasaran utama dari facelift yakni untuk melawan tanda penuaan pada wajah. Teknik ini sangat efektif membidik lemak di area doubhe chin, pipi yang temben dan kulit kendur.

Ubah Posisi

Nggak cuman pipi yang tembem, pipi kendur dan rahang terkulai bisa bikin wajah terlihat bundar. Menurut herword.com (20/01), salah satu penyebabnya memang karena penuaan, tapi kini wanita berumur 30-an tahun pn juga bisa punya pipi kendur karena terlalu banyak menunduk melihat ponsel. Nah, untuk itu sebagai pencegahan agar kamu nantinya ngga kesusahan mencari cara mengecilkan pipi akibat kendur tersebut, mulai sekarang coba deh perbaiki postur kamu saat sedang bermain ponsel. Mencegah lebih baik daripada mengobati, bukan?

Masker Penirus Pipi

Produk ini happening banget di Korea sebagai cara mengecilkan pipi. Klaimnya sih, wajah penggunanya bisa langsung terlihat tirus hanya dalam waktu 24 jam. Bentuknya seperti sebuah lembaran kain penopang dagu dengan dua lubang untuk dikaitkan di kedua telinga, sehingga membuat dagu terangkat dan pipi lebih ramping.

3 dari 4 halaman

Cara Mengecilkan Pori-Pori di Pipi

ilustrasi masker wajah

Pori-pori wajah yang terlihat besar biasanya mendominasi area pipi. Meski ukuran pori-pori tergantung pada gen, bukan nggak mungkin untuk mmebuatnya terlihat lebih kecil daripada aslinya.

Membersihkan Wajah Setiap Hari

Menurut seorang dokter kulit, Paul Jarrod Frank, MD, membersihkan wajah secara teratur dan pengelupasan kulit secara berkala merupakan cara terbaik untuk menjaga pori-pori kulit agar tetap bersih.

Masker Tanah Liat

Sudah jadi rahasia umum selama bertahun-tahun kalau masker ini bisa untuk mengecilkan pori-pori di wajah. Bahan ini bekerja dengan cepat membuka pori-pori dengan menghilangkan semua minyak yang menumpul di dalamnya

Hindari Penggunaan Produk berbasis Minyak

Cara mengecilkan pori-pori yakni dengan menghindari penggunan krim berbasis minyak, termasuk minyak organic seperti minyak kelapa atau minyak zaitun. Komponen minyak menjadi pelaku utama untuk penyumbatan pori-pori, bahkan untuk kamu yang punya kulit wajah kering.

Minyak ini akan  bercampur dengan sel kulit mati yang ada di wajah kamu dan membuat pori-pori justru terlihat lebih besar. Untuk itu, pilih jenis produk yang berabahan dasar air.

4 dari 4 halaman

Cara Mengecilkan Pipi Cabi

Ilustrasi Wajah Bermake-Up

Kalau cara mengecilkan pipi dengan senam atau menurunkan berat badan masih saja kurang efektif, sepertinya kamu harus mencoba cara yang lain deh. 

Mengecat Rambut

Kalau kamu punya wajah yang bulat, coba deh bikin sedikit manipulasi dengan mengecat rambut dengan warna terang di atas dan warna terang di bagian ujung. Sama dengan efek kontur wajah, teknik tata rambut ini bakalan menciptakan efek bayangan di dekat titik tengah wajah dan membuat ilusi wajah yang lebih ramping. Ini memang bukan cara mengecilkan pipi yang langsung pada objek sasaran sih, tapi siapa tahu justru sesuai dengan personal kamu.

Hightlight di Wajah

Dengan memberikan efek cahaya di area tertentu, bisa bikin wajah bagian tengah kamu jadi terlihat lebih maju dan bagian mengecilkan lebar wajah sekaligus membuatnya terlihat ramping.

Untuk cara mengecilkan pipi cabi, beri highlight di bagian tengah wajah, di antara alis, pangkal hidung, dan di tengah dagu.

Behel Gigi

Karena saat posisi gigi berubah, maka struktur wajah terutama rahang, juga akan berubah. Perubahan utama yang bisa terjadi yakni pada simetris wajah itu sendiri, sehingga dengan kata lain, penggunaan behel sangat memungkinkan sebagai cara mengecilkan pipi.

Beri Komentar