11 Penyebab Kantung Mata Hitam, Bengkak dan Mengendur yang Bikin Penampilan nggak Maksimal

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Rabu, 26 Agustus 2020 23:06
11 Penyebab Kantung Mata Hitam, Bengkak dan Mengendur yang Bikin Penampilan nggak Maksimal
Memang benar bisa disamarkan, tapi mending cari tahu deh apa saja penyebab kantung mata kamu jadi hitam dan membuat kamu terlihat nggak segar nan berkilau!

Penyebab kantung mata biasanya jarang banget karena masalah atau kondisi medis yang serius. Dan yaps, bisa diobati dengan perawatan rumahan sederhana seperti kompres dingin. Beberapa orang yang ngerasa terganggung dengan penampilan kantung mata mereka dan punya cukup duit, sering memutuskan buat mengoperasi kantung mata mereka biar hilang dan bye.

Mungkin karena kamu melihat kantung mata muncul pada mereka yangs duah tua. Memang benar. Dikutip dari Mayo Clinic, seiring dengan bertambahnya usiaa maka jaringan di sekitar mata, termasuk otot yang menopang mata, jadi melemah. Lemak normal yang biasanya membantu menopang mata eh jadi berpindah ke kelopak mata bawwah yang membuatnya jadi terlihat bengkak. 

1 dari 3 halaman

Penyebab Kantung Mata Hitam

Penyebab Kantung Mata

Kesel banget deh kalo punya mata panda tuh! Memang benar sih dark circle atau lingkaran hitam di mata bsia hilang dengan menerapkan make up, tapi mata tetap terlihat sayu dan kurang semangat.

Dikutip dari Healthline, penyebab kantung mata hitam kemungkinan adalah hal-hal berikut:

Kurang Tidur

Kurang tidur adalah salah satu penyebab kantung mata. Ini juga bsia bikin kelopak mata turun, mata memerah, munculnya lingkaran hitam di bawha mata. Tanda lainnya adalah kamu terlihat pucat dan mulut terkulai.

Kurang tidur juga bisa bikin cairan menumpuk di bawah mata yang bikin mata terlihat bengkak. Lingkaran hitam yang terlihat bisa saja merupakan bayangan dari kelopak mata yang bengakka tersebut.

Kecapekan

Kombinasi dari kurang tidur, kelehahan ekstrim bisa menyebabkan kantung mata hitam terbentuk di bagian mata kamu.

Mata Tegang

Menatap televisi atau komputer terlalu lama bisa bikin ketegangan yang signifikan pada mata. Ketegangan ini bikin pembuluh di sekitar mata jadi membesar. Akibatnya, kulit di sekitar mata jadi lebih gelap.

Sinar Matahari Berlebihan

Nggak cuman bikin kulit kusam, sinar matahari berlebihan mungkin juga jadi penyebab kantung mata kamu kok.

Paparan sinar matahari dalam jumalh besar bikin tubuh memproduksi melanin yang berlebih. Ini memunculkan pigmentasi kulit yang berlebih, yang mungkin juga berdampak pada kuit di sekitar mata.

Genetika

Kalau orang tua kamu cenderung memiliki kantung mata hitam, bisa saja hal tersebut juga terjadi pada kamu. Sifat bawaan ini dapat muncul saat kamu masih kecil dan makin memburuk seiring dengan bertambahnya usia, atau malah bisa hilang.

Perawatan buat ngilangin kantung mata hitam ini tergantung sama apa penyebab kantung matanya. Pertama, hindari penyebabnya, trus coba cara-cara ala rumahan. Memang sih bisa ditutup dengan make up, tapi lebi baik menghilangkannya langsung, kan?

Nggak perlu panik dulu deh, ada beragam cara menghilangkan kantung mata hitam ala rumahan yang bisa kamu coba dengan biaya terjangkau kok.

2 dari 3 halaman

Penyebab Kantung Mata Bengkak

Penyebab Kantung Mata Bengkak

Menangis semalam bsia jadi penyebab kantung mata kamu mebengkak dan wajah jadi bengep. Eh, selain itu juga ada penyebab lainnya lho.

Penuaan

Kayak yang udah Diadona jelasin di bagian awal artikel ini nih kalau penuaan adalah salah satu yang utama sebagai penyebab kantung mata membengkak. Melansir All About Vision, seiring bertambahnya usia, kita mengalami kehilangan lapisan lemak dan kolagen, komponen utama jaringan ikat di kulit, otot, dan bagian tubuh lainnya.

Tingkat kolegan yang lebih rendah membuat kulit dan otot tubuh jadi kehilangan kekencangannya. Sama halnya kayak keriput kali ya!

Nah, area di bawah mata ini rentan banget kehilangan kekencangan dan elastisitasnya karena kulitnya yang sangat tipis.

Makan Terlalu Banyak Garam

dikutip dari Healthline, ternyata makan terlalu banyak garam bisa jadi penyebab kantung mata lho?

Garam yang berlebihan bakalan membuat tubuh jadi menahan air. Nah, kelebihan air ini menyebabkan bengkak di wajah, terutama mata, dan juga pada tubuh. Ini biasa terjadi di pagi hari

Alergi

Ternyata alergi bisa menyebabkan cairan menumpuk di sinus atau disekitar mata. Akhirnya, terjadi pembengkakan di sekitar mata. Reaksi alergi juga bisa membuat mata jadi merah, gatal, dan berair.

Kebanyakan Tidur

Sebaliknya, kebanyakan tidur juga malah bisa jadi penyebab kantung mata membengkak lho. Karena gini, pada siang hari, tubuh yang terjaga akan mengedipkan mata dan memproduksi air mata untuk membuat mata sehat dan bersih.

Tapi saat tidur, mata tidak mengedepi sementara air mata terus diproduksi. Artinya, lapisan air mata tetap ada di mata tanpa mengalir ke saluran air mata.

Terkadang, kelebihan cairna air mata ini kemudian diserap kemabli ke jaringan di sekitar mata yang akhirnya jadi penyebab kantung mata.

Merokok

Nikotin dalam rokok akan mengganggu pola tidur kamu trus menyebabkan cairan terkumpul di bagian bawah mata. Selain itu, rokok juga menghasilkan zat yang meusak elastisitas kulit dan kolagen.

Nggak Menghapus Make Up Sebelum Tidur

Nggak cuman bikin jerawatan, kemalasan kamu ini bsia juga jadi penyebab kantung mata membengkak. Make up yang terbawa sampai tidur bisa mengiritasi jaringan di bawah mata, membuatnya jadi bengkak.

3 dari 3 halaman

Penyebab Kantung Mata Kendur

Penyebab Kantung Mata

Secara umum nih, kantung mata yang bengkak juga memperlihatkan otot mata yang mengendur. Lagi-lagi ini terjadi karena penuaan dan banyak hal lainnya kayak yang udah Diadona jelasin di atas.

Ada banyak banget cara menghilangkan atau cuman menyamarkannya kok. Tapi yang lebih penting dan ampuh banget ya tentu dengan menghindari apa aja penyebab kantung mata bengkak dan hitam itu.

Beri Komentar