17 Cara Mengencangkan Kulit Wajah di Bawah Mata pada Pria secara Alami

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Kamis, 9 Januari 2020 19:38
17 Cara Mengencangkan Kulit Wajah di Bawah Mata pada Pria secara Alami
Kulit keriput bisa karena tanda penuaan. Sebaliknya, kulit yang kencang dan kenyal membuat kamu terlihat beberapa tahun lebih muda.

Mengapa sih kulit jadi kendur? Jadi, begini ceritanya. Kolagen merupakan protein yang paling banyak ditemukan dalam tubuh. Dalam kulit, strukturnya akan membentuk jaringan sendi antara otot dan tulang kamu.

Secara alami, kolagen diproduksi oleh tubuh. Tapi jumlahnya akan menurun seiring dengan pertambahan usia. Akibatnyam kulit menjadi kurang elastis dan kerutan akan mulai muncul. Nah, kadar kolagen yang menurun diserai dengan penurunan jumlah lemak alami yang ada di lapisan kulit yang lebih dalam. Akibatnya, ada ruang kosong di kulit kamu yang membuat tampilannya jadi terkulai dan kendur. Nah, ini nih yang bikin kulit jadi kendur.

Kulit yang kendur membuat orang tersebut jadi terlihat lebih tua. Makanya, banyak produk kecantikan mewarkan berbagai klaim dapat sebagai cara mengencangkan kulit wajah. Apa saja?

1 dari 4 halaman

Cara Alami Mengencangkan Kulit Wajah

minyak zaitun

Selain usia, ada beberapa factor yang menyebabkan peningkatan kendurnya kulit kamu, seperi merokok terkena sinar matahari, penurunan atau peningkatan berat badan yang ekstrim serta konsumsi makanan olahan. Wajah yang keriput dan kencur bisa diatasi dengan berbagai perawata, namun siapa tahu kamu ingin mencoba cara mengencangkan kulit wajah secara alami seperti berikut:

Minyak Zaitun

Orang mesir kuno menggunakan minyak zaitun untuk pembersih, pelembab dan antibakteri serta membuat kulit bercahaya. Nah, minyak zaitun juga bisa banget kok sebagai cara mengencangkan kulit wajah karena vitamin dan antioksidan di dalamnya.

Setelah mandi, pijatkan minyak zaitun ke wajah, leher dan dada dan pijat selama beberapa saat. Namun saat tubuh kamu memberikan reaksi berupa jerawat, misalnya, sepertinya kamu harus menghindari penggunaan minyak ini karena nggak cocok untuk jenis kulit kamu.

Mentimun

Timur adalah toner terbaik alami yang dapat sebagai cara mengencangkan kulit wajah  tanpa resiko dan alergi. Kamu bisa menggunakannya untuk masker wajah yang akan memberikan efek segar dan dingin di kulit.

Lemon

Vitamin C pada lemon dapat meningkatkan produksi kolagen dan salah satu yang terbaik dalam cara mengencangkan kulit wajah. Ditambah, lemon punya sifat astringen yang bekerja sebagai penghilang kerut.

2 dari 4 halaman

Cara Mengencangkan Kulit Wajah Pria

Perawatan Wajah Pria

Masalah pada kulit sebenarnya bukan hanya dialami oleh wanita, namun juga pria. Produk perawatannya memang banyak dikhususkan oleh wanita. Tapi, bukan berarti nggak ada cara untuk memberikan perawatan pada pria. Ini nih cara mengencangkan kulit wajah yang bisa para pria coba.

Vitamin C

Vitamin C sudah dikenal luas  untuk memberikan perlindungan yang signifikan pada efek penuaan. Langkah kerjanya sebagai cara mengencangkan kulit wajah dimulai dari peran vitamin C dalam melawan dan memperbaiki stress oksidatif kulit akibat matahari dan polutan yang merusak kulit. Selain itu, stress oksidatif juga terjadi sebagai akibat ketidak seimbangan antara radikal bebas dan antioksidan dalam jaringan tubuh.

Konsumsi vitamin C pada makanan akan sangat membantu, meski penyerapannya juga bergantung pada kondisi tubuh dan makanan lain yang kamu konsumsi. Selain itu, aplikasi vitamin C bisa kamu lakukan dalam bentuk krim perawatan kecantikan maupun suplemen

Suplemen Kolagen

Sudah tahu kan kalau kolagen sangat penting untuk sebagai cara mengencangkan kulit wajah? Nah, suplemen kolagen yang dikonsumsi langsung bisa menjadi alternatif kamu. Tripeptida kolagen, khususnya, sudah diteliti untuk digunakan sebagai penangkal penuaan ini. Namun penggunaannya akan lebih bersifat sebagai pencegahan daripada pengobatan.

Tabir Surya

Penggunaan tabir surya sangat penting untuk meminimalkan penuaan dini dan keriput yang disebabkan oleh sinar matahari. Aplikasikan sunscreen yang mengandung SPF 16 dalam rutinitas perawatan kulit kamu. Di akhir hari, jangan lupa untuk membersihkan sisa sunscreen agar tidak jadi jerawat ya!

Tidak Merokok

Asap rokok dan zat yang terkandung pada rokok bisa menghasilkan radikal bebas yang tidak baik untuk kulit. Produksi kolagen terhambat, nutrisi kulit tidak terbentuk, mengakibatkan kulit lebih cepat mengalami penuaan dini. Makanya, untuk kamu yang ingin mencari cara mengencangkan kulit wajah, maka berhentilah merokok.

Peeling

Peeling kimia untuk pengelupasan kulit bisa sangat efektif untuk menghilangkan kerutan dengan cara menghilangkan lapisan terluar kulit, dan menggantinya dengan lapisan kulit baru yang lebih halus. Meskipun punya fungsi yang sama yakni untuk mengelupasan, jangan gunakan peeling fisik untuk cara mengencangkan kulit wajah di bawah mata ya? Karena peeling fisik dengan scrub sangat rentan menyebabkan iritasi pada kulit.

 Salah satu aspek penting yang harus diingat dalam cara mengencangkan kulit adalah konsistensi. Jadi apa pun perawatan yang kamu lakukan, hasil optimal tergantung pada gimana keteraturan kamu.

3 dari 4 halaman

Cara Mengencangkan Kulit Wajah di Bawah Mata

Ilustrasi Perawatan Wajah

Area bawah mata cenderung mudah mengalami pengenduran, namun harus hati-hati untuk memilih cara mengencangkan kulit wajah karena area ini memiliki lapisan kulit yang sangat tipis dan sensitif.

Laser Wajah

Cara mengencangkan kulit wajah dengan laser bekerja dengan memanaskan jaringan kulit di bawahnya untuk menginduksi produksi kolagen. Laser memang akan menghasilkan iritasi ringan, namun hanya cukup sebatas memicu proses penyembuhan alami kulit dengan melibatkan pertumbuhan sel kulit baru.

Laser memberikan menjadi pilihan dalam cara mengencangkan kulit wajah  yang aman dan efektif dengan risiko minimal dan efek negatif jangka panjang, selama prosedur dilakukan dengan benar.

Terapi Frekuensi Radio

Seperti halnya perawatan laser, cara mengencangkan kulit wajah dengan frekuensi ini melibatkan penggunaan panas untuk mendorong produksi lebih banyak kolagen, membuat kolagen yang sudah terbentuk menjadi berkontraksi sehingga kulit akan lebih kencang.

Pada awal kemunculannya, prosedur ini membuat pasien merasakan sakit saat arus gelombang ditransmisikan ke jaringan bawah kulit. Namun seiring dengan teknologi telah ditemukan cara untuk mengurangi rasa sakit yang dirasakan pasien.

Terapi Ultrasonografi

Kalau perawatan gelombang radio menggunakan energi gelombang suara, maka terapi ini menggantinya dengan gelombang elektromagnetik. Dengan gelombang ini, cara mengencangkan kulit wajah dianggap lebih efektif karena memungkinkan untuk pengencangan kulit pada lapisan yang lebih dalam.

Botox

Cara mengencangkan kulit wajah yang keriput dengan injeksi botox ini  dikenal ampuh untuk keriput dan kulit kendur di bawah mata. Seringkali, penggunaan botox dan filler adalah cara yang ideal untuk memperhalus penampilan di seluruh area mata kamu.

Microneedling

Microneedling menggunakan jarum kecil untuk membuat tusukan mikroskopis pada kulit kamu dan merangsang pembentukan kolagen. Hasilnya, kulit akan lebih halus dan kencang. Selain sebagai cara mengencangkan kulit wajah, microneedling ini juga bisa digunakan untuk mengobati bekas luka, keriput, dan pori-pori besar.

Filler

Untuk cara mengencangkan kulit wajah di bawah mata, mungkin nggak ada salahnya untuk mencoba perawatan dengan filler. Filler dengan bahan berupa asama hialuronat, akan mengisi lubang di bawah mata dan menyamarkan garis-garis halus. Bahan filler dibuat dari gel asam hialuronat yang secara alami sudah ada di dalam tubuh dan diformulasikan dengan konsistensi yang berbeda. Untuk konsentrasi rendah, filler bisa menghilangkan garis-garius halus. Sementara konsentrasi tinggi akan secara signifikan mengisi dan mengangkat kendur di bawah mata, sehingga sebagai cara mengencangkan kulit wajah yang banyak dilakukan orang.

4 dari 4 halaman

Cara Mengencangkan Kulit Wajah Berminyak

 

Ilustrasi Masker Wajah

Wajah berminyak disebabkan karena produksi sebum secara berlebihan. Sebum memang baik untuk membuat kulit tetap terhidrasi, tapi saat jumlahnya berlebih, menyebabkan kulit berminyak, pori-pori terseumbat dan berjerawat. Cara mengencangkan kulit wajah berminyak dapat kamu coba melalui langkah berikut:

Asam Hyaluronic (HA)

Kamu pasti sering mendengar nama zat ini kan? Yes! Sejak munculnya banyak produk perawatan, nama bahan ini mencuat sebagai salah satu komponen penting dalam cara mengencangkan kulit wajah. Padahal, Asam hialuronat ini juga diproduksi secara alami oleh tubuh dan ditemukan di kulit, mata, sendiri, dan jaringan ikat. Fungsinya, untuk menjaga jaringan tetap terhidrasi.

Sayangnya, produksi HA akan menurun seiring dengan pertambahan usia. Akibatnya kulit jadi kering dan keriput. Nah, untuk itu ditambahkan krim yang mebgandung HA ini dalam produk kecantikan. Aplikasi krim yang mengandung 0.1 persen HA selama dua kali sehari sebagai cara mengencangkan kulit wajah dapat meningkatkan tekstur, elastisitas dan penampilan kulit pada wanita berumur 30 sampai 60 tahun.

Retinoid

Bahan ini merupakan turunan vitamin A yang sudah umum ditambahkan dalam produk perawatan wajah untuk meminumkan tanda penuaan dini, hiperpigmentasi, dan cara mengencangkan kulit wajah. Cara kerjanya sebagai exfoliant, yakni mengelupas lapisan atas kulit dan merangsang sel-sel kulit baru. Retinol juga merangsang produksi kolagen dan menstimulasi pembentukan pembuluh darah baru, sehingga memberikan penampilan kulit yang lebih sehat. 

Masker Putih Telur dan Madu

Kedua bahan ini dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan hingga kecantikan, salah satunya sebagai cara mengencangkan kulit wajah Putih telur, misalnya, kaya akan protein albumin yang berfungsi meningkatkan elastisitas kulit dan memberikan cahaya alami pada kulit. Sedangkan madu adalah antioksidan kuat yang dapat menghilangkan racun pada wajah kamu. Jika dikombinasikan, keduanya memberikan manfaat yang mendalam dalam cara mengencangkan kulit wajah.

Jadi, biar tetap terlihat awet muda, kamu pengen menggunakan cara mengencangkan kulit wajah yang mana nih?

Beri Komentar