17 Cara Merawat Kuku Panjang dan Rusak pada Tangan serta Kaki secara Alami

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 28 Januari 2020 14:47
17 Cara Merawat Kuku Panjang dan Rusak pada Tangan serta Kaki secara Alami
Praktek kecantikan kuku semakin marak dan berkembang. Tapi, harus diimbangi dengan cara merawatnya biar sehat dan berkilau.


Nggak cuman buat alasan biar terlihat cantik, cara merawat kuku penting kamu ketahui karena berkaitan dengan kesehatan kamu. Ini karena perawatan kuku yang baik dapat mencegah infeksi jamur pada kuku, terjadinya kuku dan kuku jari kaki yang tumbuh ke dalam yang menyakitkan, dan infeksi pada kulit di tangan dan kaki. Terlebih bagi penderita diabetes, cara merawat kaki sangat penting karena rentan dengan terjadinya infeksi kaki.

Kuku yang sehat ditandai dengan lapisannya yang berwarna putih kemerahan, ada kutikula, lalu ada bagian putih berbentuk setengah bulan yang menonjol di bagian dasar kuku. Ada banyak cara merawat kuku mulai dari perawatan jutaan rupiah, hingga perawatan murah ala rumahan. Nah, untuk memulai dari langkah yang kecil dan dasar dalam cara merawat kuku, yuk baca dulu artikel berikut.

1 dari 4 halaman

Cara Merawat Kuku Panjang

Ilustrasi Tangan

Kuku tangan biasanya dibiarkan panjang untuk memberikan kesan cantik dan lentik di jari-jari kamu. Meski begitu, jangan lupa untuk tetap merawatnya. 

Bersihkan dengan Lembut

Mungkin kamu pernah membersihkan kotoran yang ada di kuku kamu dengan benda yang tajam? Jangan diulangi ya! Karena hal ini dapat menyebabkan lempeng kuku terpisah dari kulit atau yang disebut dengan onikolisis.

Jangan Mengerik Cat Kuku

Bisa saja suatu ketika kamu ingin menghapus cat kuku kamu lalu menyadari kamu nggak punya cairan pembersih. Wah, pakai apa nih? Lalu terbersit pikiran untuk mengikisnya biar lapisan cat terkelupas. Duh, jangan deh!

Mengeruk permukaan kuku bisa bikin kuku jadi rusak dan jelek. Sebagai cara merawat kuku, selalu gunakan pemberih cat saat ingin menghapus warna-warna di kuku kamu.

Hindari Manicure Berbasis Air

Saat kamu melakukan manicure berbasis air, maka kuku kamu akan mengembang, lalu kamu menerapkan cat kuku. Nah, menerapkan cat kuku dalam kondisi tersbeut sangat nggak dianjurkan karena setelah mengering, kuku akan kemnbali ke ukuran semula, sehingga membuat lapisan cat jadi retak dan mudah terkikis.

 

2 dari 4 halaman

Cara Merawat Kuku Tangan

Ilustrasi Tangan

Kalau sebelumnya kamu hanya berfokus pada warna apa yang cocok untuk kuku kamu, sudahkah kamu berpikir bagaiman cara merawat kuku agar tetap sehat dan berkilau? 

Coba deh ikuti saran di bawah ini untuk cara merawat kuku kamu. 

Gunting Kuku secara Teratur

Cara merawat kuku ini sama prinsipnya dengan perawatan rambut, di mana kamu harus sering mengguntingnya. Sisihkan waktu untuk memotong kuku setiap dua minggu, tapi sesuaikan juga tergantung pada kondisi kuku kamu.

Selalu Bawa Kikir Kuku Kemanapun

Kalau kamu suka berolahraga, ada saatnya kuku kamu jadi aus di bagian ujungnya. Nah, kamu perlu tuh membawa gunting kuku kemanapun untuk mengatasi aus sebagai cara merawat kuku. Gimana cara melakukannya? kikir kuku kamu dengan gerakan searah untuk kuku yang lebih halus.

Rawat Gunting Kuku

Nggak cuman itu, memperhatianj kebersihan gunting kuku jadi cara merawat kuku lho. Sebisa mungkin disinfektan gunting kuku kamu tersebut secara teratur, misalnya mencucinya dengan sabun dan air, atau menyemprotkan alkohol. Memangnya kenapa sih? Itu karena gunmting kuku kamu bsia saja terkontaminasi bakteri, yang akan berpindah ke kuku kamu saat menggunakannya.

Jangan Lupakan Base Coat

Menerapkan base coat sangat bermanfaat sebagai cara merawat kuku karena merupakan pelindung terbaik bagi kuku yang tidak merepotkan dan tidak merusak penampilan kuku. Nggak cuman melindungi, base coat ini juga bisa bikin kuku terlihat lebih putih, mengkilat, serta bersih.

Sebagai cara merawat kuku, terapkan juga base coat ini diantara lapisan kuku dan cat kuku kamu, sekaligus untuk menambahkan tampilan kilau ekstra.

Gunakan Pelembab Kuku

Eits, yang dimaksud bukan untuk melembabakan kuku yah, tetapi melembabkan kulit yang ada di sekitar kuku. Hal ini termasuk dalam cara merawat kuku lho, karena kalau kulit di sekitarnya kering dan mengelupas, hal tersebut bisa memicu kerusakan pada kuku.

Sebagai cara merawat kuku, pelembab yang dimaksud yakni minyak/cream khusus kutikula yang bisa membantu menjaga kutikula kuku tetap sehat dan bersih.

Perhatikan Cat Kuku Kamu

Sama seperti dengan makeup dan perawatan kulit, nggak semua merek cat kuku diciptakan sama. Jadi sebagai cara merawat kuku, pastikan untuk membeli atau menggunakan produk yang bagus. Usahakan untuk menghindari keberadaan bahan kimia seperti dibutyl phthalate, formaldehyde, dan toluene, karena racun ini dapat berkontribusi terhadap rapuh dan pecahnya kuku kamu.

3 dari 4 halaman

Cara Merawat Kuku Kaki yang Rusak

Ilustrasi Kaki

Kuku kaki yang rusak sangat mungkin terjadi ketika sebagian kuku kamu kamu terkoyak, terkelupas, pecah, atau patah. Penyebabnyaa sangat mungkin karena tersangkut pada sesuatu. Selain sakit, kuku yang patah dan rusak juga bikin nggak nyaman.

Lem Kuku

Pada beberapa kasus, mau bisa menggunakan lem kuku sebagai cara merawat kuku dan menempelkan bagiannya yang rusak.

Kamu bisa mengikuti langkah berikut:

  • Cuci kuku dengan air bersih, lalu keringkan.
  • Rendam kuku dalam air hangat ssmpai melembut.
  • Peras sedikit lem kuku ke area di mana kuku putus, dan sebarkan lem sehingga membentuk lapisan tipis.
  • Tekan potongan kuku yang patah dengan lembut tetapi dengan kuat ke area di mana ia patah selama 30 hingga 60 detik sampai tetap melekat.
  • Buang lem ekstra dengan cottonbud atau bola kapas.
  • Oleskan lapisan tipis lapisan pelindung (seperti lapisan cat kuku bening) setelah lem mengering.

Kantong Teh

Kuku yang rusak masih bisa kamu selamatkan dengan kantong teh. Seperti apa cara merawat kuku tersebut?

  • Cuci kuku dengan air bersih dan hangat dan keringkan dengan handuk bersih.
  • Gunting sepotong kecil kantong teh bersih yang cukup besar untuk menutupi bagian kuku yang rusak.
  • Letakkan lapisan tipis lem kuku atau lem super di bagian kuku yang rusak.
  • Dengan menggunakan pinset, letakkan bahan kantong teh hingga rata di kuku kamu dan lipat sebagian di bawah ujung kuku.
  • Letakkan lapisan lem lain di atas bahan kantong teh.
  • Setelah lem mengering, gosok kuku sampai terlihat alami dan beri lapisan pelindung.

Kuku yang patah sangat mungkin bisa menyebabkan cedera pada dasar kuku kamu. Jangan disepelekan, karena cidera pada kuku jauh lebih serius daripada cedera kuku biasa. Ini karena mereka dapat membahayakan matriks kuku dari mana kuku tumbuh. Jika tidak dirawat dengan benar, kuku dapat berhenti tumbuh kembali dari matriks kuku.

Hal pertama yang harus kamu lakukan dalam cara merawat kuku yakni dengan mencari pertolongan medis sesegera mungkin.

4 dari 4 halaman

Cara Merawat Kuku secara Alami

Ilustrasi Tangan

Ada banyak langkah sederhana untuk kamu sebagai cara merawat kuku. Apa saja?

Banyak Makan Protein

Karena kuku kamu mengandung keratin, maka cara merawat kuku yakni dengan memberi makan tubuh kamu dengan banyak protein juga. Kamu bisa memperbaiki kuku kamu perlahan dengan mengubah pola makan. Dan kalau perlu, tambahkan vitamin dan suplemen seperti biotin, Vitamin E, dan minyak ikan dalam diet kamu.

Bersihkan Kuku

Penting untuk memastikan kuku kamu dan kulit di sekitarnya benar-benar bebas dari kotoran. Kalau kamu ingin menghapus kuteks di kuku kamu, bersihkan dengan cairan yang tidak mengandung aseton, karena bisa membaut kuku kamu menjadi kering.

Untuk membersihkan sebagai cara merawat kuku, disarankan untuk menggunakan sabun pada sikat gigi, lalu dengan lembut menggosok kuku dan kulit kamu. cara merawat kuku ini akan menghilangkan kotoran dan mengelupas kulit mati tanpa membutuhkan bahan kimia yang keras dan kering atau scrub yang mahal.

Jaga Agar Kuku Selalu Kering

Dengan menjaga kuku tetap kering, maka bisa sebagai cara merawat kuku. Mengapa itu penting? Karena masalah yang muncul pada kuku biasanya bermula dari kondisinya yang basah.

Jangan Menggigit Kuku

Beberapa orang mungkin punya kebiasaan jelek berupa menggigit kuku tangannya. Padahal, hal tersebut dilarang banget dalam cara merawat kuku. Saat kuku kamu kotor lalu kamu menggigitnya, maka itu adalah jalan masuk bagi bakteri ke tubuh kamu.
Terlebih kalau ada luka kecil di samping kuku kamu, wah, bisa-bisa kamu terkena infeksi pencernaan lho. Selain itu, menggigit juga bisa merusak alas kuku kamu.

Pakai Sarung Tangan di Beberapa Kegiatan

Iya deh, cara merawat kuku yang satu ini memang ribet. Tapi tahu nggak sih kalau bersentuhan dengan sabun cuci piring yang panas dapat dapat melemahkan kuku. Saat kamu berkebun, misalnya, maka gunakan sarung tangan sebagia cara merawat kuku karena kuku yang sangat kotor akan sangat sulit dibersihkan.

Jangan Terlalu Sering Pakai Cat Kuku

Kalau kamu hobi pakai cat kuku, maka sebagai cara merawat kuku sih usahakan untuk memberi jeda di beberapa waktu. Biarkan kuku beristirahat biar mereka bisa memperbaiki diri dan menciptakan kemilau kuku yang alami. Beralih dari satu warna cat yang kuat ke warna lainnya tanpa membuat kuku istirahat, akan dapat mengeringkan kuku, membuatnya berwarna kuning, dan seiring waktu akan melemahkan struktur kuku.

Kalau kamu sendiri sudah rutin melakukan perawatan kuku yang mana nih?

Beri Komentar