Apa sih Bedanya Eau de Cologne, Eau de Toilette, Eau de Perfume, dan Parfum? Jangan Salah Lagi, ya

Reporter : Devi Puspitasari
Jumat, 29 Mei 2020 07:30
Apa sih Bedanya Eau de Cologne, Eau de Toilette, Eau de Perfume, dan Parfum? Jangan Salah Lagi, ya
Jangan salah sebut parfum lagi, ya.

Memiliki aroma tubuh yang wangi dan segar tak jarang bisa meningkatkan rasa percaya diri kita. Karena itu, parfum jadi salah satu 'senjata' yang biasanya kita gunakan.

Tapi, nggak jarang juga nih kita dibuat bingung dengan berbagai pilihan "parfum" di pasaran. Bila kamu perhatikan, sebenarnya banyak jenis wewangian yang ada di pasaran dan parfum jadi salah satunya.

Sayangnya, nggak jarang juga nih kita menyebut semuanya sebagai parfum. Lalu, apa sih bedanya parfum, eau de toilette, cologne dan eau de perfume? Daripada penasaran, yuk langsung saja kita simak ulasannya yang dilansir dari berbagai sumber berikut ini.

1 dari 4 halaman

Eau de Cologne

Eau de Cologne

Eau de Cologne bisa dikatakan sebagai jenis wewangian yang mengandung paling sedikit konsentrat yakni hanya sekitar 5%. Tapi memiliki kadar alkohol dan air yang lebih tinggi dibanding wewangian lainnya.

Bila dipasaran, eau de cologne sering juga dikenal sebagai Body Spray, Body Splash, atau Body Mist. Cukup sering kita temui ya nama-nama itu.

Jenis wewangian ini biasanya punya aroma yang menyegarkan. Sayangnya, aroma eau de cologne cepat menguap dan hanya mampu bertahan sekitar 2-3 jam. Karena itulah, eau de cologne perlu diaplikasikan berulang kali.

2 dari 4 halaman

Eau de Toilette

Eau de Toilette

Hampir sama dengan eau de cologne, eau de toilette ini juga punya aroma yang segar dan ringan. Bedanya, jenis wewangian ini punya kadar konsentrat yang sedikit lebih tinggi dari eau de cologne yakni sekitar 10%.

Aromanya sendiri juga bertahan sedikit lama dari jenis wewangian sebelumnya. Biasanya, aroma eau de toilette mampu bertahan sekitar 3-4 jam. Pas nih buat kamu yang hanya melakukan sedikit aktivitas di luar.

3 dari 4 halaman

Eau de Perfume

Eau de Perfume

Sedikit di atas eau de toilette, ada eau de perfume nih. Jenis satu ini punya kadar konsentrat sekitar 15%, kadang ada juga yang sampai 20%. Wanginya sendiri juga bertahan cukup lama yakni sekitar 4-6 jam.

Meski begitu, aromanya nggak kalah memikat lho dengan parfum. Apalagi harganya juga cukup terjangkau. Tapi, hati-hati ya jika kamu mengaplikasinya pada baju berbahan halus seperti sutra karena bisa meninggalkan bekas noda.

4 dari 4 halaman

Parfum

Ilustrasi Parfum

Terakhir, jenis yang paling mahal sekaligus paling wangi dibanding lainnya apalagi jika bukan parfum. Kandungan konsentrat atau essential oil pada parfum ini cukup tinggi lho yakni sebesar 40%.

Nggak heran ya bila aromanya bisa bertahan sampai seharian dan harganya yang dibanderol cukup tinggi. Cukup dengan sedikit olesan di titik tertentu seperti belakang telinga atau pergelangan tangan, aroma parfum ini bisa bertahan sampai delapan jam.

Jadi, itulah bedanya berbagai jenis wewangian yang nggak jarang kita sebut semua sebagai parfum. Kalau kamu, biasanya suka jenis wewangian yang apa nih?

Beri Komentar