Apakah Air Cucian Beras Bisa Mencerahkan Wajah? Cari Tahu Manfaat, Efek Samping, dan Cara Pemakaiannya

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Rabu, 12 Juni 2024 10:12
Apakah Air Cucian Beras Bisa Mencerahkan Wajah? Cari Tahu Manfaat, Efek Samping, dan Cara Pemakaiannya
Sering mendapatkan pernyataan air cucian beras bisa memutihkan wajah, tapi kamu nggak tahu hal tersebut benar atau salah? Yuk, simak informasinya di bawah ini.

Mencerahkan wajah seringkali menjadi hal yang diinginkan banyak wanita. Banyak yang percaya bahwa air cucian beras dapat membantu memutihkan dan mencerahkan kulit wajah secara alami.

Air cucian beras telah lama digunakan dalam berbagai tradisi kecantikan, terutama di negara-negara Asia seperti Jepang, Korea, dan Indonesia. Namun, masih banyak yang belum mengetahui bahwa air beras memiliki manfaat yang bagus bagi wajah tak terkecuali untuk memutihkan wajah.

Buat kamu yang penasaran, simak artikelnya sampai selesai ya.

1 dari 4 halaman

Manfaat Air Cucian Beras

Apakah Air Cucian Beras Bisa Mencerahkan Wajah© shutterstock.com

Tak hanya untuk mencerahkan wajah saja loh, kamu bisa mendapatkan manfaat lainnya dengan mencuci wajah menggunakan air cucian beras.

1. Mencerahkan Kulit

Kandungan asam ferulat dan vitamin B dalam air beras berperan dalam menghambat produksi melanin sehingga dapat membuat kulit jadi lebih cerah dan merata. Selain itu, kandungan asam ferulat akan melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

2. Mengurangi Peradangan dan Kemerahan

Air cucian beras juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi kemerahan dan peradangan pada kulit. Hal ini sangat bermanfaat bagi mereka yang memiliki kulit sensitif atau berjerawat.

3. Meningkatkan Elastisitas Kulit

Kandungan inositol dalam air cucian beras dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit sehingga kulit tampak lebih kencang dan muda. Selain itu, air beras juga dapat merangsang produksi kolagen yang akan menjaga kulit tetap elastis dan kenyal.

4. Mencegah Tanda Penuaan Dini 

Mencuci wajah dengan air beras secara rutin bisa membantu mencegah tanda-tanda penuaan diri, seperti kerutan dan garis wajah. Kandungan vitamin E di dalamnya berperan dalam menghambat proses penuaan dini secara efektif. 

5. Menghaluskan Kulit Wajah

Sifat anti-inflamasi dalam air beras juga bermanfaat mengatasi kulit kering sehingga air ini mampu menghidrasi serta melembapkan kulit wajah. Selain itu, air beras ini juga bisa memperbaiki tekstur kulit menjadi lebih halus.

2 dari 4 halaman

Cara Menggunakan Air Cucian Beras untuk Wajah

Apakah Air Cucian Beras Bisa Mencerahkan Wajah© shutterstock.com

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari air cucian beras, kamu bisa lakukan caranya di bawah ini.

  1. Ambil satu cangkir beras dan bilas dengan air bersih untuk menghilangkan kotoran. Kemudian, rendam beras dengan air bersih selama 15-30 menit sambil mengaduk perlahan.

  2. Setelah didiamkan, saring beras dan ambil airnya. Kamu dapat menyimpannya dalam botol bersih untuk pemakaian selanjutnya. 

  3. Cuci wajah dengan air beras dan pijat lembut selama 5 menit. Kamu juga dapat menggunakan kapas untuk mengaplikasikan air cucian beras ke seluruh wajah dan diamkan selama 10-15 menit.

  4. Setelah selesai mengaplikasikan air cucian beras, bilas wajah dengan air bersih. 

Cara tersebut dapat kamu lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3 dari 4 halaman

Efek Samping Penggunaan Air Cucian Beras

Apakah Air Cucian Beras Bisa Mencerahkan Wajah© shutterstock.com

Meskipun banyak yang merasakan manfaat positif dari air cucian beras, penting untuk dicatat bahwa reaksi kulit setiap orang bisa berbeda. Buat kamu yang memiliki kulit yang sangat kering, sensitif, dan hipoalergenik, pastikan melakukan uji coba terlebih dahulu di area kecil kulit.

Air beras yang tidak cocok di kulit justru akan menimbulkan iritasi kulit, memicu ruam, gatal-gatal, dan kemerahan. Pastikan kamu memperhatikan kehigienisan dalam penyimpanan air beras dan hindari menyimpan air beras dengan waktu yang lama dalam botol untuk mencegah iritasi dan gatal pada wajah.

4 dari 4 halaman

Nah, sekarang kamu udah tahu kan kalau air cucian beras bisa mencerahkan wajah, tapi bukan memutihkan ya. Kamu juga bisa mendapatkan manfaat baik lainnya dengan penggunaan air beras.

Sebelum menggunakannya, kamu harus memperhatikan kondisi kulit dan proses pembuatan ya, Diazens, agar kamu dapat terhindar dari efek samping yang bahaya untuk kulit wajah kamu.

 

Penulis: Eunike Jeannette Siregar

Beri Komentar