15 Inspirasi Baju Akad Nikah Sederhana di KUA

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Rabu, 26 Juni 2024 11:54
15 Inspirasi Baju Akad Nikah Sederhana di KUA
Ada kebaya encim yang bikin kamu terlihat anggun, scuba dress yang simple namun bikin penampilan kamu elegan, hingga tunik yang unik untuk baju akad nikah sederhana di KUA.

Mimin Diadona membayangkan nih, kamu yang lagi nyari referensi baju akad nikah sederhana di KUA adalah pribadi-pribadi yang simple, serta nggak mau repot. Sebab, melangsungkan akad nikah secara sederhana di KUA adalah hal yang berbeda dengan kebiasaan umum.

Akad nikah di KUA identik dengan kesederhanaan. Makanya, kamu pasti akan memilih baju yang simple, namun tetap mampu menunjukkan karakter kamu dan bikin momen tersebut istimewa.

Diadona bakalan bantu kamu ngumpulin daftar inspirasi baju akad nikah sederhaan di KUA, mulai dari kebaya, gaun hingga tunik yang dijamin bakalan bikin kamu makin cantik!

1 dari 14 halaman

Baju Akad Nikah di KUA - Kebaya Linen© 2024 instagram.com/_labuan/

Kebaya Linen untuk Akad Nikah Sederhana di KUA

Linen adalah bahan yang ngasih kesan sederhana tapi tetap elegan. Kain linen punya tekstur alami yang ngasih tampilan rustik dan autentik.

Seperti pada referensi di atas, di mana kebaya tersebut punya potongan yang unik, anggun tanpa terlihat berlebihan. Kebaya linen cocok untuk akad nikah sederhana di KUA karena lebih intim dan personal.

Kebaya linen adalah kebaya yag nnyaman dan adem, jadi cocok banget dipakai untuk acara yang berlangsung lama. Kamu bisa mingle dengan para tamu tanpa terasa gerah dan ribet.

2 dari 14 halaman

Baju Akad Nikah di KUA - Kebaya Tunik© 2024 instagram.com/mao.wear/

Kebaya Tunik untuk Akad Nikah di KUA

Kebaya tunik untuk akad nikah di KUA adalah pilihan yang bagus banget buat kamu yang menginginkan sesuatu yang berbeda dari kebaya tradisional namun tetap ingin mempertahankan sentuhan budaya.

Kebaya tunik punya potongan yang longgar, jadi lebih nyaman dipakai. Gayanya juga minimalis dan timeless dengan potongan yang sederhana namun tetap menghadirkan kesan elegan.

Buat akad nikah sederhana di KUA, padukan kebaya tunik dengan kain batik sesuai dengan preferensi pribadi kamu.

3 dari 14 halaman

Baju Akad Nikah Sederhana di KUA - Kebaya Encim© 2024 shopee.co.id/Pusat Kebaya Brukat Termurah

Kebaya Encim untuk Akad Nikah

Kebaya encim merupakan perpaduan sentuhan tradisional dengan nuansa yang anggun dan feminin. Kebaya encim memiliki akar budaya yang kaya, khususnya dari komunitas Peranakan di Indonesia.

Kebaya encim dikenal dengan desainnya yang anggun dan detail bordir yang halus. Potongan kebaya encim biasanya mengikuti lekuk tubuh pemakainya, memberikan kesan elegan dan feminim. Buat akad nikah sederhana di KUA, padukan kebaya encim dengan kain batik yang elegan, lalu tanbahkan dengan bros, kalung dan juga anting.

4 dari 14 halaman

Baju Akad Nikah Sederhana di KUA - Baju Kurung Malaysia© 2024 instagram.com/baju.kurung.modern

Baju Kurung Melayu

Buat tampilan yang anggun, sopan dan tradisional, menjatuhkan pilihan pada baju kurung Melayu adalah keputusan yang tepat. Kebaya kurung Malaysia punya desain yang panjang dan longgar, jadi cocok untuk momen sakral seperti akad nikah.

Untuk akad nikah, warna putih, ivory, atau pastel lembut sangat ideal karena melambangkan kesucian dan kemurnian. Tambahan bordir halus, manik-manik atau renda akan menambah sentuhan elegan tanpa terlihat berlebihan.

Nah kayak baju kurung dengan model di atas nih yang membuat pemakainya tampil mewah namun tetap sederhana.

Baju Akad Nikah Sederhana di KUA - Baju Kurung Malaysia© 2024 instagram.com/camelliaempire

Bagian bawah baju kurung Melayu yang didesain dengan potongan flare membuat pakaian ini nampak seperti dress yang anggun. Model baju akad nikah di KUA ini pas untuk kamu yang ingin membawa desain baju kurung, namun dalam tampilan gaun ala dress pengantin Eropa.

 

5 dari 14 halaman

Baju Akad Nikah Sederhana di KUA - Dress Putih Sederhana© 2024 shopee.co.id/bygiagioofficial

Dress Putih Sederhana

6 dari 14 halaman

Baku Akad Nikah Sederhana di KUA - Long Tail Dress© 2024 shopee.co.id/bygiagioofficial

Long Tail Dress

Pakai long tail wedding dress untuk akad nikah sederhana di KUA juga oke banget, kok! Untuk tampilan yang minimalis, pilih gaun dengan potongan yang sederhana dan bersih. Hindari gaun dengan terlalu banyak detail seperti ruffle, beads, atau bordir yang berlebihan.

Trus pastikan tail gaun nggak terlalu panjang biar nggak berkesan berlebihan dan bikin kamu repot saat acara nanti.

7 dari 14 halaman

Baju Akad Nikah Sederhana di KUA - Scuba Dress© 2024 chiobushop

Scuba Dress

Bahan scuba dress terkenal elastis dan nyaman dipakai, sehingga bikin kamu bebas bergerak selama acara. Wedding dress dari kain scuba punya kesan modern dan sleek karena sifatnya yang tebal dan kokoh, bonus tahan kusut. Yang pasti, pilih desain yang tepat untuk menciptakan baju akad nikah sederhana yang tetap elegan dan menarik.

8 dari 14 halaman

Baju Akad Nikah Sederhana di KUA - Kebaya Brokat Putih© 2024 shopee.co.id/ moedaberkebaya

Kebaya Brokat Putih

Apakah kebaya brokat tanpa payet bikin tampilan jadi terlalu sederhana dan apa adanya? Nggak juga kok! Biar baju akad nikah sederhana kamu tetap memancarkan aura pengantin, pilih brokat tanpa payet seperti berikut ini :

  • Pilih kebaya dengan potongan yang sederhana dan klasik contohnya kebaya encim, kebaya kutubaru, atau kebaya modern dengan potongan A-line.
  • Fokus pada detail potongan dan jahitan yang rapi. Kalau perlu, tambahkan bordir halus atau renda yang dijahit di tepi kebaya untuk menambah sentuhan elegan tanpa berlebihan.
  • Padukan kebaya brokat dengan kain batik atau songket dengan warna dan motif yang harmonis.
  • Tambahkan aksesori yang minimalis dan nggak mencolok, misalnya kalung tipis, anting kecil atau cincin sederhana.
  • Terakhir, tambahkan veil! Tapi pilih yang tipis dengan sedikit detail renda di bagian tepi.

9 dari 14 halaman

Baju Akad Nikah Sederhana di KUA - Kebaya Tunik© 2024 shopee.co.id/ moedaberkebaya

Kebaya Tunik

Buat kamu yang ingin tampilan nyaman, sederhana tapi tetap memukau, maka pilih saja kebaya tunik. Untuk menambah tampilan agar terlihat lebih sakral dan penuh makna, kamu bisa fokus pada penggunaan bahan kebaya yang lembut dan ringan serta ada brokat halus dan nggak terlalu tebal.

Padukan dengan riasan natural dan tatanan rambut yang elegan namun sederhana.

10 dari 14 halaman

Baju Akad Nikah Sederhana di KUA - Kebaya Klasik Bunga© 2024 shopee.co.id/delta.id

Kebaya Klasik Bunga

Kebaya klasik punya keindahan yang timeless dan penuh makna budaya, menjadikannya sempurna untuk momen sakral seperti akad nikah. Pilih desain yang autentik dengan detail tradisional.

Yang nggak kalah penting, gunakan brokat atau lace yang ngasih tekstur dan tampilan mewah. Pastikan bahan yang digunakan berkualitas tinggi biar nyaman saat dikenakan.

11 dari 14 halaman

Baju Akad Nikah Sederhana di KUA - Dress Korea Malaysia© 2024 shopee.co.id/ apparelclothes.id

Dress Korea Melayu

Mimin Diadona menamakannya sebagai dress korea Melayu karena punya potongan A line atau loose yang longgar mirip hanbok Korea. Biar kesan Koreanya makin kental, kamu bisa menerapkan garis pinggang yang tinggi.

Seperti pada hanbok, dress dress akad nikah ini menggunakan kain yang ringan dan flowy seperti chiffon, satin, atau sutra untuk memberikan tampilan yang anggun dan berkelas. Jadi kamu akan tetap terlihat seperti mengenakan gaun penating yang mengembang namun tetap ringan dan simple! Desain lengan yang bertumpuk atau berbentuk lonceng menambah kesan dramatis dan feminin.

Padukan dengan aksesoris sederhaya yah!

12 dari 14 halaman

Baju Akad Nikah Sederhana di KUA - Dress Satin© 2024 shopee.co.id/ HeeraFashion

Dress Satin

Buat gaun pernikahan sederhana, dress satin merupakan pilihan yang elegan dan klasik. Satin punya kilau yang indah dan ngasih tampilan mewah tanpa terlihat berlebihan.

Untuk baju akad nikah, kamu memang bebas banget memilih model yang sesuai dengan kepribadian kamu. Namun untuk tampilan elegan tapi tetap sederhana, pilih gaun seperti berikut ini :

  • Pilih dress dengan potongan yang sederhana seperti A-line, sheath, atau empire waist. Hindari potongan yang terlalu kompleks atau berlapis-lapis.
  • Fokus pada detail yang halus. Hindari pakai hiasan yang terlalu ramai kayak ruffle atau payet yang berlebihan.

13 dari 14 halaman

Baju Akad Nikah Sederhana di KUA - Kaftan Satin© 2024 shopee.co.id/Sélim Label

Kaftan Satin

Kaftan satin dapat memberikan tampilan yang anggun dan mewah dengan sentuhan kesederhanaan. Yang penting, pilih bahan satin berkualitas tinggi untuk memastikan kamu tampil mewah dan elegan. Satin yang bagus bakalan memancarkan kilau yang indah dan kesan jatuh yang lembut.

Buat baju akad nikah sederhana di KUA, pilih kaftan dengan potongan yang menalir dengan baik, nggak terlalu ketat tapi juga nggak longgar banget. Ini agar kamu tetap terlihat punya siluet yang anggun.

14 dari 14 halaman

Baju Akad Nikah Sederhana di KUA - Kebaya Panjang© 2024 instagram.com/naireweddingproject/

Kebaya Panjang untuk Akad Nikah

Yang terakhir dan tak boleh ketinggalan adalah kebaya putih panjang untuk akad nikah. Kebaya panjang semata kaki bikin kamu tampil anggun dan elegan, menciptakan siluet yang indah dan mempesona. Selain itu, kebaya panjang cocok untuk berbagai bentuk tubuh, lho!

Tampilannya mewah tapi juga sederhana. Kuncinya ada pada pemilihan bahan dan juga detail yang tepat.

Baju akad nikah sederhana di KUA harus bikin kamu nyaman, percaya diri dan tampil cantik di momen sakral ini. Setuju?

Beri Komentar