Ketahui Penyebab dan Cara Memutihkan Ketiak Pakai Bahan-Bahan Alami, Bye-Bye Kulit Gelap!

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Rabu, 15 Mei 2024 13:15
Ketahui Penyebab dan Cara Memutihkan Ketiak Pakai Bahan-Bahan Alami, Bye-Bye Kulit Gelap!
Nggak pede dengan ketiak yang hitam? Yuk, cari tahu tips dan cara memutihkannya.

Tampil percaya diri dengan kulit yang cerah dan sehat menjadi impian banyak orang, termasuk bagian tubuh yang sering terlupakan, seperti ketiak. Ketiak yang gelap dapat menjadi masalah yang mengganggu penampilan dan kepercayaan diri seseorang. Namun, jangan khawatir, ada beberapa cara alami dan mudah untuk memutihkan ketiak dan mendapatkan kulit yang lebih cerah dan sehat.

Sebelum mengetahui caranya, kamu perlu tahu penyebab apa saja yang bisa membuat ketiak kamu menjadi gelap. Hal ini perlu kamu ketahui agar kamu bisa mengatasinya dengan cara yang tepat dan aman untuk kulit kamu. Yuk, simak artikel ini sampai selesai ya, Diazens.

1 dari 4 halaman

Penyebab Ketiak Menjadi Gelap 

Penyebab Ketiak Menjadi Gelap© shutterstock.com

Sebelum kita membahas cara memutihkan ketiak, penting untuk memahami penyebabnya. Ketiak yang gelap dapat disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk:

1. Cukur atau mencabut bulu ketiak

Metode ini dapat menyebabkan iritasi kulit dan menyebabkan warna kulit di area tersebut menjadi lebih gelap. Buat kamu yang terlalu sering mencukur daerah ketiak, kamu bisa mencoba mengurangi hal tersebut ya. 

2. Penggunaan Deodoran

Beberapa deodoran atau antiperspiran mengandung bahan kimia yang dapat menyebabkan reaksi alergi pada kulit dan menyebabkan ketiak menjadi gelap. Sebaiknya, kamu perlu memastikan berbagai kandungan bahan di dalamnya sebelum kamu memakai deodorant tersebut.

3. Terlalu Sering Berkeringat

Ketiak yang lembap dan berkeringat sepanjang waktu dapat menyebabkan kulit menggelap. Sebagai solusinya, kamu bisa memilih deodorant yang dapat menahan keringat berlebih atau menggunakan dry deodorant.

4. Faktor genetik

Selain ketiga faktor di atas, beberapa orang memiliki kecenderungan genetik untuk memiliki ketiak yang gelap. Hal ini bisa kamu atasi dengan cara memutihkan ketiak dengan bahan-bahan alami ataupun melakukan perawatan untuk ketiak, seperti terapi laser, peeling, atau penggunaan krim. 

2 dari 4 halaman

Cara Memutihkan Ketiak dengan Bahan Alami

Untuk mengatasi ketiak yang gelap, kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami di bawah ini.

1. Cara Memutihkan Ketiak dengan Bahan Alami - Minyak Zaitun

Cara Memutihkan Ketiak dengan Bahan Alami - Minyak Zaitun© Kompas.com

Kandungan antioksidan di dalam minyak zaitun ini dapat membantu kamu dalam memutihkan ketiak yang gelap. Untuk cara pemakaiannya, kamu dalam mengoleskan minyak zaitun pada ketiak dan memijatnya secara perlahan selama 10-15 menit. Kemudian, kamu dapat membilasnya dengan air hangat. Pastikan kamu melakukannya secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal. 

2. Cara Memutihkan Ketiak dengan Bahan Alami - Lemon 

Cara Memutihkan Ketiak dengan Bahan Alami - Lemon© Popmama

Lemon merupakan salah satu bahan yang cukup efektif dalam mencerahkan kulit. Selain itu, kandungan antiseptik di dalamnya juga bisa membantu menghilangkan bau badan pada ketiak. Kamu dapat mencampurkan lemon dengan beberapa kandungan lainnya, seperti bubuk kunyit, plain yogurt, madu, atau gula untuk membantu memutihkan kulit

3. Cara Memutihkan Ketiak dengan Bahan Alami - Minyak Kelapa

Cara Memutihkan Ketiak dengan Bahan Alami - Minyak Kelapa© shutterstock.com

Minyak kelapa memiliki kandungan asam laurat yang bisa membantu mencerahkan ketiak dan memberikan banyak manfaat untuk kulit. Walaupun membutuhkan waktu yang lama, namun kamu dapat menggunakannya secara rutin setiap hari untuk mendapatkan hasilnya. Oleskan minyak kelapa pada ketiak setiap malam sebelum tidur dan memijatnya selama 10-15 menit.

4. Cara Memutihkan Ketiak dengan Bahan Alami - Kentang

Cara Memutihkan Ketiak dengan Bahan Alami - Kentang© shutterstock.com

Kentang mengandung katalase, yaitu enzim pemutih alami yang dapat membantu mencerahkan kulit dan juga tidak menyebabkan iritasi pada kulit. Untuk cara pemakaiannya, kamu bisa mengiris tipis kentang atau menghaluskannya dan kemudian gosokkan irisan tersebut pada ketiak kamu.

3 dari 4 halaman

5. Cara Memutihkan Ketiak dengan Bahan Alami - Timun

Cara Memutihkan Ketiak dengan Bahan Alami - Timun© KlikDokter

Dengan kandungan antioksidan di dalamnya, timun tak hanya membantu mencerahkan kulit ketiak, tetapi juga bisa bantu menghilangkan bau badan pada ketiak. Kamu dapat mengiris timun dan menggosokkannya di ketiak selama kurang lebih 10 menit. Cuci bersih dan lakukan hal tersebut minimal dua kali dalam sehari untuk mendapatkan hasilnya.

6. Cara Memutihkan Ketiak dengan Bahan Alami - Kunyit

Cara Memutihkan Ketiak dengan Bahan Alami - Kunyit© shutterstock.com

Selain membantu mencerahkan ketiak, kunyit juga bisa memperlambat pertumbuhan bulu ketiak. Gunakan bubuk kunyit sebagai scrub, gosokkan pada ketiak dan diamkan selama 10-15 menit, kemudian bilas bersih. Kamu juga bisa mencampurkan bahan lainnya, seperti yogurt untuk membantu mencerahkan kulit ketiak dan melembapkan. 

7. Cara Memutihkan Ketiak dengan Bahan Alami - Cuka Apel

Cara Memutihkan Ketiak dengan Bahan Alami - Cuka Apel© shutterstock.com

Kandungan asam dalam cuka apel ini bisa mengangkat sel kulit mati, sehingga bisa membantu mencerahkan kulit ketiak kamu. Selain itu, cuka apel juga memiliki kandungan antibakteri untuk mengatasi bau badan. Untuk cara pemakaiannya, kamu bisa mencampurkan cuka apel dengan baking soda dan mengoleskannya hingga kering. Bilas dengan bersih dan lakukan cara pemakaiannya tiga kali dalam seminggu.

8. Cara Memutihkan Ketiak dengan Bahan Alami - Susu, Air Mawar, dan Kulit Jeruk

Cara Memutihkan Ketiak dengan Bahan Alami - Susu, Air Mawar, dan Kulit Jeruk© Halodoc

Campuran ketiga bahan ini bisa mengatasi kulit ketiak yang gelap dengan efektif. Selain itu, campuran bahan ini juga bisa melembapkan kulit ketiak kamu. Cara pemakaiannya, kamu perlu mencampurkan bubuk kulit jeruk dengan air mawar dan susu hingga kental, kemudian gosok dan diamkan selama 15 menit. Lakukan cara tersebut dua sampai tiga kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang optimal.

4 dari 4 halaman

Nah, itulah beberapa cara memutihkan ketiak dengan bahan-bahan yang alami dan mudah didapatkan. Pastikan kamu melakukannya secara rutin dan yang terpenting kamu perlu menghindari mencukur ketiak terlalu sering serta melihat kandungan di dalam deodorant kamu. Selain dengan cara di atas, jika diperlukan kamu bisa melakukan berbagai perawatan medis untuk menghilangkan ketiak gelap kamu. 

Mudah bangat kan, caranya? Yuk, say no sama ketiak hitam Diazens~

 

Penulis: Eunike Jeannette Siregar

Beri Komentar