10 Cara Mencerahkan Bibir secara Alami, Sekaligus Bikin Lembut dan Lembap

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Rabu, 22 Mei 2024 19:22
10 Cara Mencerahkan Bibir secara Alami, Sekaligus Bikin Lembut dan Lembap
Punya bibir kurang cerah dan kering? Sini Diadona kasih tau caranya buat mencerahkan sekaligus melembapkan secara alami.

Memiliki bibir yang cerah dan sehat adalah dambaan banyak orang. Bibir yang tampak kusam atau gelap ini terkadang dapat mengganggu penampilan bahkan bisa menurunkan kepercayaan diri. 

Bibir hitam atau gelap ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti paparan sinar matahari, kebiasaan merokok, dehidrasi, atau penggunaan produk kosmetik yang tidak cocok. Untuk mengatasinya, kamu bisa lakukuin cara di bawah ini untuk memerahkan bibir secara alami.

Berikut cara yang bisa kamu lakukan di rumah untuk membuat bibir cerah dan lembap.

1 dari 4 halaman

Cara Mencerahkan Bibir Secara Alami - Melakukan Eksfoliasi Bibir

Cara Mencerahkan Bibir Secara Alami - Melakukan Eksfoliasi Bibir© shutterstock.com

Eksfoliasi menjadi langkah penting untuk mengangkat sel kulit mati yang bisa membuat bibir tampak kusam. Campurkan satu sendok teh gula dengan satu sendok teh madu. Gosok lembut campuran ini ke bibir selama beberapa menit, kemudian bilas dengan air hangat. Gula akan membantu mengelupas sel kulit mati, sementara madu memberikan kelembapan alami​

Cara Mencerahkan Bibir Secara Alami - Penggunaan Lemon dan Madu

Cara Mencerahkan Bibir Secara Alami - Penggunaan Lemon dan Madu© shutterstock.com

Lemon memiliki sifat pemutih alami yang bisa membantu mencerahkan bibir. Campurkan beberapa tetes lemon dengan satu sendok teh madu. Oleskan campuran ini ke bibir kamu sebelum tidur dan bilas di pagi hari. Penggunaan rutin dapat mengurangi pigmentasi gelap pada bibir​.

Cara Mencerahkan Bibir Secara Alami - Menggunakan Minyak Almond

Cara Mencerahkan Bibir Secara Alami - Menggunakan Minyak Almond© Klik Dokter

Minyak almond kaya akan vitamin E yang bisa membantu mencerahkan dan melembutkan bibir. Oleskan beberapa tetes minyak almond ke bibir kamu setiap malam sebelum tidur. Pijat lembut selama beberapa menit agar minyak meresap dengan baik.

2 dari 4 halaman

Cara Mencerahkan Bibir Secara Alami - Memanfaatkan Gel Lidah Buaya

Cara Mencerahkan Bibir Secara Alami - Memanfaatkan Gel Lidah Buaya© tokopedia.net

Gel lidah buaya mengandung flavonoid yang dapat bantu mencerahkan bibir. Selain itu, lidah buaya juga dapat melembapkan dengan baik untuk kesehatan bibir. Oleskan sedikit gel lidah buaya segar ke bibir kamu dan biarkan mengering. Lakukan ini setiap hari untuk hasil yang maksimal​.

Cara Mencerahkan Bibir Secara Alami - Oleskan Minyak Kelapa

Cara Mencerahkan Bibir Secara Alami - Oleskan Minyak Kelapa© Halodoc

Minyak kelapa merupakan pelembap alami yang dapat membantu mencerahkan bibir yang gelap. Oleskan minyak kelapa dan pijat bibir kamu setiap hari untuk menjaga kelembapan dan kecerahan. 

Cara Mencerahkan Bibir Secara Alami - Pakai Kunyit dan Susu

Cara Mencerahkan Bibir Secara Alami - Pakai Kunyit dan Susu© grid.id

Walaupun kunyit berwarna kuning namun kunyit memiliki sifat pencerah kulit alami. Campurkan bubuk kunyit dengan susu hingga kental seperti pasta. Oleskan pada bibir dan biarkan selama 10-15 menit dan bilas menggunakan air hangat. Lakukan ini secara rutin untuk hasil terbaik.

3 dari 4 halaman

Cara Mencerahkan Bibir Secara Alami - Gunakan Teh Hijau 

Cara Mencerahkan Bibir Secara Alami - Gunakan Teh Hijau© Liputan6.com

Teh hijau mengandung antioksidan yang baik untuk kulit, termasuk bibir. Celupkan kantong teh hijau dalam air hangat, lalu tempelkan ke bibir kamu selama beberapa menit. Teh hijau bisa membantu mengurangi pigmentasi gelap dan membuat bibir tampak lebih cerah.

Cara Mencerahkan Bibir Secara Alami - Pakai Mentimun 

Cara Mencerahkan Bibir Secara Alami - Pakai Mentimun© Halodoc

Timun menjadi salah satu jenis sayuran yang memiliki manfaat untuk mencerahkan bibir. Iris timun dengan tipis yang sudah dicuci bersih dan tempelkan ke bibir kamu selama beberapa menit. Kamu juga bisa meminum jus mentimun untuk mempercepat proses pencerahan. 

Cara Mencerahkan Bibir Secara Alami - Gunakan Beetroot

Cara Mencerahkan Bibir Secara Alami - Gunakan Beetroot© Alodokter

Buah bit dapat memberikan warna alami pada bibir dengan warna pigmen merah alami yang kuat. Oleskan potongan buah bit ke bibir kamu dan biarkan selama 15-20 menit sebelum tidur. Warna alami dari bit akan membuat bibir tampak lebih cerah dan lembut​.

Cara Mencerahkan Bibir Secara Alami - Minum Air Putih yang Cukup

Cara Mencerahkan Bibir Secara Alami - Minum Air Putih yang Cukup© Kompas.com

Untuk membuat bibir sehat dan terawat, kamu perlu minum banyak air putih agar tidak kering dan pecah-pecah. Pastikan kamu minum cukup air setidaknya 2 liter setiap hari untuk menjaga tubuh dan bibir tetap terhidrasi dengan baik​. 

4 dari 4 halaman

Dengan melakukan perawatan rutin menggunakan bahan-bahan alami ini, kamu bisa mendapatkan bibir yang cerah, lembut, dan lembap tanpa perlu menggunakan produk kimia yang berpotensi merusak. Cara-cara di atas bisa kamu lakukan di rumah dengan mudah dan yang pasti ramah di kantong. 

Yuk, buat bibir kamu cerah, lembut, dan lembap secara alami. Selamat mencoba!

 

Penulis: Eunike Jeannette Siregar

Beri Komentar