Cara Menghilangkan Bau Badan Pakai Bahan-Bahan Alami, Dijamin Ampuh dan Efektif!

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Rabu, 15 Mei 2024 15:15
Cara Menghilangkan Bau Badan Pakai Bahan-Bahan Alami, Dijamin Ampuh dan Efektif!
Kamu punya masalah bau badan yang mengganggu aktivitas? Yuk, atasi dengan bahan-bahan alami di bawah ini.

Bau badan merupakan masalah umum yang dapat mengganggu kepercayaan diri seseorang. Bau badan ini biasanya disebabkan oleh cuaca panas, stres, pola makan yang buruk, dan perubahan hormon. Namun, kondisi kesehatan tertentu dan genetik juga bisa menjadi penyebab kamu bau badan. 

Untuk mengatasi masalah bau badan, kamu perlu mengatur pola makan, mengganti pakaian secara teratur, mandi setiap hari, dan konsumsi banyak air. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan bahan-bahan alami untuk mengatasi masalah bau badan tanpa harus menggunakan produk kimia berbahaya.

Berikut adalah beberapa bahan-bahan alami yang bisa menghilangkan bau badan secara alami:

1 dari 4 halaman

1. Cara Menghilangkan Bau Badan - Pakai Tawas

Cara Menghilangkan Bau Badan - Pakai Tawas© Halodoc

Tawas menjadi salah satu bahan alami yang efektif dalam mengatasi bau badan dan mengurangi keringat berlebih. Bahan alami ini memiliki efek astringen dan antiseptik yang bisa mengatasi peradangan dan mencegah infeksi kuman.

Kamu dapat mengoleskan sedikit tawas yang sudah dihaluskan pada area ketiak setelah kamu selesai mandi. Gunakan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal. 

2. Cara Menghilangkan Bau Badan - Pakai Cuka Apel

Cara Menghilangkan Bau Badan - Pakai Cuka Apel© shutterstock.com

Kemampuannya membunuh dan mencegah pembentukan bakteri, cuka apel bisa menjadi pilihan kamu untuk menghilangkan bau badan. Tuang sedikit cuka apel ke kapas dan oleskan pada bagian ketiak dengan lembut dan merata. Hindari menggunakan cuka apel setelah bercukur agar kulit kamu tidak iritasi. Gunakan setiap hari hingga bau badan tidak lagi muncul. 

3. Cara Menghilangkan Bau Badan - Pakai Minyak Kelapa

Cara Menghilangkan Bau Badan - Pakai Minyak Kelapa© shutterstock.com

Kandungan asam laurat dalam minyak kelapa yang bersifat antimikroba ini dapat membantu menghilangkan bakteri penyebab bau badan. Gosokkan minyak kepala pada bagian yang sering mengeluarkan keringat, misalnya ketiak dan kemudian bilas dengan air hingga bersih. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, gunakan minyak kelapa setiap hari hingga masalah bau badan kamu telah teratasi. 

4. Cara Menghilangkan Bau Badan - Pakai Teh Hijau

Cara Menghilangkan Bau Badan - Pakai Teh Hijau© shutterstock.com

Kandungan antioksidan dan asam tanat di dalam teh hijau ini dapat membantu menghilangkan bau badan secara alami. Kamu bisa minum teh hijau yang telah diseduh setiap hari hingga bau badan menghilang. Selain itu, kamu bisa menggunakan ampas dari teh hijau tersebut untuk dioleskan ke area badan yang sering mengeluarkan keringat ataupun bau yang kurang sedap. 

2 dari 4 halaman

5. Cara Menghilangkan Bau Badan - Pakai Daun Sirih

Cara Menghilangkan Bau Badan - Pakai Daun Sirih© shutterstock.com

Daun sirih mengandung tiamin, niacin, riboflavin, antioksidan yang tinggi, dan vitamin C yang bisa membantu menghilangkan bau badan. Sifatnya yang antibakteri dan antijamur ini mampu menghambat pertumbuhan bakteri di bagian tubuh yang mengeluarkan bau tidak sedap. 

Kamu dapat menggunakan rebusan daun sirih sebanyak dua gelas air dan campurkan ke dalam bak mandi untuk kamu gunakan saat mandi. Lakukan hal tersebut dengan rutin untuk menghilangkan bau badan dan bau yang kurang sedap lainnya. 

6. Cara Menghilangkan Bau Badan - Pakai Minyak Lavender

Cara Menghilangkan Bau Badan - Pakai Minyak Lavender© Alodokter

Dengan sifat antibakterinya, minyak lavender dapat menghambat pertumbuhan bakteri sehingga bisa membantu mengurangi bau badan. Selain itu, minyak lavender memiliki aroma yang menenangkan sehingga bisa memberikan keharuman pada badan kamu. 

Oleskan tetesan minyak lavender pada bagian ketiak dengan lembut dan merata. Kamu bisa mencampurkan minyak lavender dengan bahan lainnya, seperti maizena dan soda kue yang nantinya dapat menjadi bubuk deodoran alami.  

7. Cara Menghilangkan Bau Badan - Pakai Garam Epsom

Cara Menghilangkan Bau Badan - Pakai Garam Epsom© Alodokter

Sifat antioksidan dalam garam epsom ini dapat mendetoksifikasi tubuh, menghilangkan stres, mengurangi produksi keringat, dan menghilangkan bau badan. Untuk cara pemakaiannya, kamu bisa siapkan air hangat dan tuangkan 2-3 cangkir garam epsom ke dalamnya yang nantinya akan kamu pakai berendam. Lakukan hal tersebut secara rutin sampai bau badan kamu menghilang. 

3 dari 4 halaman

8. Cara Menghilangkan Bau Badan - Pakai Baking Soda dan Lemon

Cara Menghilangkan Bau Badan - Pakai Baking Soda dan Lemon© Kawaii Beauty

Kombinasi antara baking soda dan lemon ini bisa membantu menghilangkan bau badan karena sifat basa dari baking soda ini akan menetralkan keasaman keringat, sementara lemon yang kaya akan vitamin C dan antioksidan ini bisa mencegah bakteri penyebab bau badan sekaligus mencerahkan.

Kamu dapat menggunakan menggunakan air lemon dan campurkan baking soda, kemudian oleskan pada area ketiak. Selain cara tersebut, kamu dapat memotong lemon menjadi dua bagian dan gosokkan dengan baking soda sebagai scrub. Cuci bersih dengan air hangat setelah kamu mengoleskannya. 

9. Cara Menghilangkan Bau Badan - Pakai Minyak Peppermint

Cara Menghilangkan Bau Badan - Pakai Minyak Peppermint© Lifestyle Kompas

Minyak peppermint memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu membunuh bakteri sehingga dapat membantu menghilangkan bau badan. Gunakan tetesan minyak peppermint pada bagian ketiak atau campur dengan air dan semprotkan pada bagian yang memiliki bau kurang sedap. Selain itu, kamu dapat mencampurkan minyak peppermint dengan bahan-bahan lainnya, seperti soda kue, maizena, dan minyak kelapa untuk menjadi alternatif deodoran alami. 

10. Cara Menghilangkan Bau Badan - Pakai Tomat

Cara Menghilangkan Bau Badan - Pakai Tomat© Ciputra Hospital

Dengan sifat asam dan astrigennya, tomat bisa membantu membunuh bakteri dan mengurangi produksi keringat yang menjadi pemicu bau badan. Kamu dapat menggunakan jus tomat untuk dioleskan pada bagian tubuh yang berbau kurang sedap dengan kain. Selain itu, kamu juga bisa berendam dengan jus tomat selama 20-30 menit sebelum mandi.

11. Cara Menghilangkan Bau Badan - Pakai Minyak Pohon Teh

Cara Menghilangkan Bau Badan - Pakai Minyak Pohon Teh© Yesdok

Sifat antibakteri dan antiseptik di dalam minyak pohon teh ini dapat membantu membunuh bakteri dan jamur penyebab bau tidak sedap di tubuh kamu. Campurkan beberapa tetes minyak pohon teh dengan air dan oleskan pada bagian ketiak atau area lain yang mengeluarkan bau kurang sedap. Gunakan dengan rutin untuk menghilangkan bau badan. 

4 dari 4 halaman

Dengan menggunakan bahan-bahan alami di atas, kamu bisa mengurangi bahkan menghilangkan bau badan secara efektif. Kamu juga perlu memperhatikan pola makan dan produk deodoran untuk mengatasi masalah bau badan. Jika bau badan kamu tak kunjung hilang, periksakan hal tersebut dengan ahlinya untuk mengetahui penyebab dan cara mengatasinya.

Yuk, atasi masalah bau badan biar kamu nyaman dan percaya diri sepanjang hari.

 

Penulis: Eunike Jeannette Siregar

Beri Komentar