9 Bahan Alami untuk Mengatasi Ketombe dengan Mudah, Murah, dan Efektif, Udah Pernah Coba?

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Rabu, 15 Mei 2024 14:15
9 Bahan Alami untuk Mengatasi Ketombe dengan Mudah, Murah, dan Efektif, Udah Pernah Coba?
Buat kamu yang punya masalah ketombe yang tak kunjung hilang, simak artikel ini untuk cari tahu caranya.

Ketombe merupakan kondisi kulit kepala yang ditandai oleh kulit mati yang mengelupas dan terlihat seperti serpihan putih. Ketombe disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk kulit kepala yang kering, kulit kepala yang berminyak berlebihan, iritasi kulit kepala, jamur Malassezia, dan reaksi alergi terhadap produk perawatan rambut.

Menghilangkan ketombe menjadi masalah umum yang sering dialami oleh banyak orang. Ketombe dapat menjadi sumber ketidaknyamanan dan bahkan menurunkan rasa percaya diri seseorang.

Namun, kamu tak perlu bingung dan khawatir, ada berbagai cara untuk mengatasi masalah ini dengan menggunakan bahan alami dan perawatan yang tepat. Berikut beberapa cara menghilangkan ketombe dengan bahan-bahan alami yang murah dan efektif.

1 dari 4 halaman

1. Cara Menghilangkan Ketombe - Pakai Cuka Apel

Cara Menghilangkan Ketombe - Pakai Cuka Apel© shutterstock.com

Cuka apel mengandung sifat antibakteri dan antijamur yang dapat membantu mengurangi pertumbuhan jamur Malassezia penyebab ketombe. Campurkan cuka apel dengan air dalam botol semprot dan semprotkan campuran tersebut ke kulit kepala kamu. Biarkan selama beberapa menit sebelum kamu mencuci rambut.

2.Cara Menghilangkan Ketombe - Pakai Minyak Kelapa

Cara Menghilangkan Ketombe - Pakai Minyak Kelapa© shutterstock.com

Minyak kelapa adalah pelembap alami yang dapat membantu mengatasi ketombe dan menghidrasi kulit kepala. Selain itu, minyak kelapa juga bisa melembapkan dan merawat rambut kamu dengan efektif. Oleskan minyak kelapa ke kulit kepala kamu dan pijat dengan lembut selama beberapa menit sebelum kamu mencuci rambut. 

3. Cara Menghilangkan Ketombe - Pakai Lidah Buaya

Cara Menghilangkan Ketombe - Pakai Lidah Buaya© Popbela

Gel lidah buaya memiliki sifat antiinflamasi dan mengandung enzim yang dapat membantu mengurangi iritasi kulit kepala. Selain itu, lidah buaya tak hanya mengatasi masalah ketombe, lidah buaya juga bisa mengatasi gatal pada rambut. Kamu dapat mengoleskan gel lidah buaya ke kulit kepala kamu dan biarkan selama 15-20 menit sebelum kamu mencuci rambut.

2 dari 4 halaman

4. Cara Menghilangkan Ketombe - Pakai Teh Hijau

Cara Menghilangkan Ketombe - Pakai Teh Hijau.jpg© All Things Hair

Teh hijau mengandung antioksidan dan sifat antijamur yang dapat membantu mengatasi ketombe, mencegah kerontokan, dan mendorong pertumbuhan rambut. Untuk cara pemakaiannya, kamu dapat menyeduh teh hijau dalam air panas dan biarkan hingga dingin. Gunakan sebagai bilasan terakhir setelah kamu mencuci rambut.

5. Cara Menghilangkan Ketombe - Pakai Tea Tree Oil

Cara Menghilangkan Ketombe - Pakai Tea Tree Oil© Tresemme

Minyak tea tree mengandung sifat antibakteri dan antiinflamasi yang dapat membantu menghilangkan ketombe dan mengatasi dermatitis di kulit kepala. Campurkan beberapa tetes minyak tea tree dengan minyak kelapa atau minyak almond dan oleskan ke kulit kepala kamu. Biarkan semalam sebelum kamu mencuci rambut untuk besok harinya.

6. Cara Menghilangkan Ketombe - Pakai Jeruk Nipis 

Cara Menghilangkan Ketombe - Pakai Jeruk Nipis© shutterstock.com

Kandungan vitamin dan mineral dalam jeruk nipis, seperti vitamin B1, B2, B3, B4, C, fosfor, kalsium dapat menutrisi rambut kamu dan efektif dalam menghilangkan ketombe. Kamu dapat menggunakan perasan jeruk nipis dan kemudian oleskan pada rambut secara merata. Diamkan selama 15 menit dan bilas rambut dengan bersih. 

3 dari 4 halaman

7. Cara Menghilangkan Ketombe - Pakai Minyak Kemiri

Cara Menghilangkan Ketombe - Pakai Minyak Kemiri© shutterstock.com

Minyak kemiri memiliki kandungan yang efektif dalam mengatasi masalah ketombe pada rambut. Selain itu, minyak kemiri juga bisa mengatasi rambut rontok, menambah kilau rambut, melembapkan, dan memperbaiki rambut rusak. Cara pemakaiannya, gunakan minyak kemiri 30 menit sebelum kamu keramas, oleskan secara merata, dan pijat dengan lembut. 

8. Cara Menghilangkan Ketombe - Pakai Masker Pisang

Cara Menghilangkan Ketombe - Pakai Masker Pisang© KlikDokter

Selain untuk membantu menghilangkan ketombe, pisang memiliki kandungan potassium, vitamin C, dan vitamin A yang bisa menguatkan dan memperbaiki kerusakan rambut. Kamu dapat menggunakan satu buah pisang yang sudah dilembutkan dan aplikasikan secara merata pada kulit kepala. Diamkan selama 30-60 menit, lalu bilas dengan air hangat. 

9. Cara Menghilangkan Ketombe - Pakai Bawang Putih

Cara Menghilangkan Ketombe - Pakai Bawang Putih© astronauts.id

Bawang putih memiliki kandungan yang bersifat antijamur yang bisa membantu menghilangkan ketombe secara alami. Cara pemakaiannya, kamu dapat menghaluskan bawang putih dan mencampurnya dengan air dan madu untuk mengurangi aroma yang menyengat. Oleskan dan diamkan selama beberapa menit, kemudian bilas dengan bersih agar bau bawang putih tidak menempel di kulit kepala. 

4 dari 4 halaman

Bahan-bahan alami di atas bisa membantu masalah ketombe kamu yang tak kunjung hilang walaupun sudah memakai berbagai produk. Selain mengikuti cara di atas, kamu bisa menghindari beberapa produk rambut yang mengandung bahan kimia, mencuci rambut secara teratur dengan shampo yang cocok dengan jenis kulit kepala, dan hindari mencuci rambut dengan air panas. 

Gimana, mudah kan menghilangkan ketombe?

 

Penulis: Eunike Jeannette Siregar

Beri Komentar