Cara Merajut Tas Cantik yang Mudah Diikutin Buat Pemula, Cobain yuk!

Reporter : Wicha Mashita
Jumat, 24 Juli 2020 12:35
Cara Merajut Tas Cantik yang Mudah Diikutin Buat Pemula, Cobain yuk!
Para pemula yang ingin tahu cara merajut, sini rapatkan barisan!

Tenang aja guys, cara merajut itu nggak sesusah yang kamu bayangkan kok. Merajut sendiri merupakan salah satu teknik seni yang bisa digunakan untuk membuat baju, syal, atau bahkan tas. Biasanya sih, merajut ini pakai benang yang warna-warni gitu.

Eits.. jangan salah guys, merajut beda loh sama teknik tenun dan menjahit. Jarum yang digunakan untuk merajut pun berbeda. Teknik merajut ini sendiri sudah ada dari zaman kerajaan Majapahit.

1 dari 5 halaman

aliexpress

Ada dua cara merajut yang berbeda, yaitu knitting dan crochet. Letak perbedaannya ada pada penggunaan jarumnya guys. Kalau crochet cukup menggunakan satu jarum, sedangkan knitting membutuhkan dua jarum rajut.

Nama jarum ini juga berbeda loh! Buat jarum tunggal di teknik chorchet disebut hook atau hakpen. Sedangkan untuk jarum ganda di knitting disebut knitting needle atau jarum knit. Terus buat benang yang dipakai merajut ada jenis benang wol kenari, nylon, benang panda, benang polyester, benang katun orchid dan masih banyak lagi.

Terus ada beberapa hal mendasar yang perlu kamu tahu nih dalam dunia merajut. Ada istilah Lp (loop) untuk lingkaran benang pada hekpen, Turn, Mc untuk main color, Ws untuk tampak belakang, Kalau Rs tampak depan, Sp yang artinya spasi, St untuk stich dan Magic ring.

2 dari 5 halaman

Cara Merajut Tas

Cara Merajut Tas


Nah, buat cara merajut tas kita sudah merangkum metode sederhana yang cocok buat pemula. Tapi sebelum memulai merajut tas, kita harus menyiapkan beberapa alat dan bahan ya!

1. Benang nylon
2. Hekpen berukuran 1/0
3. Gunting

Langkah-langkah Cara Merajut Tas untuk Pemula


Setelah semua bahan dan alat kamu siapkan, ikuti step by step di bawah ini untuk membuat tas rajut ya!

1. Pertama kita perlu buat simpul awal di cara merajut tas seperti ini.
- Lingkarkan benang pada hekpen dan sisakan benang. Terus sisa benang tadi diletakkan di tengah lingkaran.

- Lalu kamu masikkan hekpen dari bawah ke tengah lingkaran. Terus tarik deh benang yang panjang.

- Kaitkan hekpen pada benang dan tarik benang sampai keluar dari hekpen. Ulangi cara ini sampai mendapatkan panjang sesuai seleramu ya.

3 dari 5 halaman

Cara Merajut

2. Nah, kalau sudah membuat simpul awal, cara merajut tas setelahnya adalah membuat simpul rantai.

- Buat tusuk rantai terlebih dulu sebanyak 4 buah.

- Terus kaitkan hekpen pada benang dan masukkan pada lubang kelima. Kemudian, kaitkan hekpen pada benang dan tarik benangnya sampai keluar dari lubang kelima.

- Hekpen yang sudah dikaitkan ini ditarik sampai melewati satu lubang yang ada dan ulangi sampai melewati lubang lainnya.

- Jika sudah dilewati semua lubang oleh hekpen dengan terus memutari, putar sisi sebaliknya dan buat sampai tiga baris.

4 dari 5 halaman

Cara Merajut

3. Kemudian, kita lanjutkan dengan membuat simpul keriting guys.

- Kalau cara merajut tas di simpul keriting ini membuat tusuk rantai sebanyak tujuh. Caranya masukkan hekpen pada lubang ketiga lalu dikaitkan apda dan tarik sampai melewati lubang.

- Kaitkan lagi benang lalu tarik sampai melewati dua lubang.

-Lakukan secara berulang sampai ujung dan putar sampai keduanya terkait. Buat simpul ini sampai dua baris ya!

5 dari 5 halaman

4. Cara merajut tas selanjutnya dengan mengulang membuat simpul rantai.

5. Terus ulangi membuat simpul keriting.

6. Ulangi terus ya guys teknik merajut tas tersebut sampai bentuk tas jadi sesuai dengan yang kamu mau. Oh iya, kamu juga bisa buat pegangan tas pakai teknik tusuk rantai loh!

Jadi begitu cara merajut tas untuk kamu yang pemula. Terlihat rumit, tapi kalau kamu tekun melakukannya jadi mudah kok guys. Cobain yuk, bikin tas rajut sendiri. Selain lebih hemat, kamu bisa membuatnya dengan bentuk dan warna sesuai selera.

Beri Komentar