12 Kandungan Skincare untuk Cegah Penuaan Dini, Jangan Mix Sembarangan ya!

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Rabu, 29 Mei 2024 16:29
12 Kandungan Skincare untuk Cegah Penuaan Dini, Jangan Mix Sembarangan ya!
Buat kamu yang sudah berusia di atas 25 tahun, kamu bisa mulai pakai skincare untuk mencegah penuaan dini.

Memiliki kulit awet muda menjadi impian banyak orang, khususnya wanita yang sudah memiliki usia di atas 25 tahun. Untuk mencapai hal ini, memilih produk skincare dengan kandungan yang tepat sangatlah penting. 

Berbagai bahan aktif dalam skincare telah terbukti efektif dalam menjaga kulit tetap sehat, kencang, dan bercahaya. Buat kamu yang ingin mencegah penuaan dini, kandungan skincare di bawah ini perlu ada dalam rangkaian perawatan kulitmu.

Berikut beberapa kandungan utama dalam produk skincare yang dapat membantu menjaga kulit awet muda.

1 dari 5 halaman

1. Kandungan Skincare Untuk Awet Muda - Retinol

Kandungan Skincare Untuk Awet Muda - Retinol© Byrdie

Retinol menjadi salah satu bahan anti-penuaan paling terkenal. Retinol bekerja dengan merangsang produksi kolagen dan mempercepat pergantian sel kulit. Ini membantu mengurangi munculnya kerutan, memudarkan bintik hitam dan garis halus serta memperbaiki tekstur kulit.

2. Kandungan Skincare Untuk Awet Muda - Vitamin C

Kandungan Skincare Untuk Awet Muda - Vitamin C© shutterstock.com

Vitamin C adalah antioksidan kuat yang melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, vitamin C juga dapat membantu mencerahkan kulit, mengurangi hiperpigmentasi, dan merangsang produksi kolagen. Manfaat ini semuanya berkontribusi pada kulit untuk jadi lebih muda dan bercahaya.

3. Kandungan Skincare Untuk Awet Muda - Asam Hialuronat

Kandungan Skincare Untuk Awet Muda - Asam Hialuronat© iStock

Asam hialuronat merupakan humektan alami yang mampu menahan air hingga 1000 kali beratnya sendiri. Ini membantu menjaga kulit tetap terhidrasi, membuatnya tampak lebih penuh dan elastis, yang mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan.

4. Kandungan Skincare Untuk Awet Muda - Asam Ferulic

Bahan aktif satu dapat membantu menetralisir radikal bebas dan mencegah stres oksidatif. Campurkan kandungan asam ferulic dengan antioksidan lain, seperti vitamin C dan E untuk mencegah kerusakan kolagen, mengurangi hiperpigmentasi, dan tanda penuaan lainnya. 

2 dari 5 halaman

5. Kandungan Skincare Untuk Awet Muda - Ceramide

Kandungan Skincare Untuk Awet Muda - Ceramide© shutterstock.com

Ceramide merupakan bagian dari lipid kompleks yang dapat menjaga skin barrier dari radikal bebas dan masalah pada kulit. Bahan ini perlu masuk dalam rangkaian skincare kamu untuk membuat kulit lebih kencang, terhidrasi, dan tampak muda. 

6. Kandungan Skincare Untuk Awet Muda - Niacinamide

Kandungan Skincare Untuk Awet Muda - Niacinamide© kompas.com

Niacinamide yang dikenal sebagai vitamin B3 ini memiliki berbagai manfaat untuk kulit. Ini termasuk meningkatkan elastisitas kulit, memperbaiki fungsi penghalang kulit, meratakan warna kulit, dan mengurangi munculnya garis halus dan kerutan.

7. Kandungan Skincare Untuk Awet Muda - Asam Alfa-Hidroksi (AHA)

Asam alfa-hidroksi seperti asam glikolat dan asam laktat adalah eksfolian kimia yang membantu menghilangkan sel kulit mati, memperbaiki tekstur kulit, dan merangsang regenerasi sel kulit baru. Penggunaan rutin AHA dapat membuat kulit tampak lebih cerah dan halus.

8. Kandungan Skincare Untuk Awet Muda - Antioksidan

Antioksidan seperti vitamin E, resveratrol, dan teh hijau membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan sinar UV. Mereka juga memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat memperbaiki tanda-tanda penuaan.

3 dari 5 halaman

9. Kandungan Skincare Untuk Awet Muda - Peptida

Kandungan Skincare Untuk Awet Muda - Peptida© shefinds.com

Peptida merupakan bahan pembentuk protein yang banyak ditemukan pada produk skincare. Penggunaan peptida dalam skincare dapat membantu merangsang produksi kolagen baru, memperbaiki kulit yang rusak, dan meningkatkan kekencangan dan elastisitas kulit.

10. Kandungan Skincare Untuk Awet Muda - Centella Asiatica

Kandungan Skincare Untuk Awet Muda - Centella Asiatica© Wolipop

Tanaman herbal ini memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan kulit. Kandungan flavonoid dan asam amino yang tinggi mampu menghambat pemecahan kolagen, melawan radikal bebas, melembapkan, dan mencegah tanda-tanda penuaan dini.

11. Kandungan Skincare Untuk Awet Muda - Squalane

Bahan aktif ini cocok untuk membantu memperlambat munculnya tanda-tanda penuaan, seperti garis halus dan kerutan. Selain itu, kandungan squalane dalam skincare juga dapat melindungi kulit dari sinar UV dan radikal bebas, menghidrasi, dan mencerahkan wajah.

12. Kandungan Skincare Untuk Awet Muda - Koenzim Q10

Bahan ini adalah antioksidan yang berperan penting dalam membuat kulit tampak awet muda dengan memproduksi kolagen dan elastin. Bahan ini cocok berada di dalam skincare kamu untuk melawan radikal bebas, melindungi sel dari kerusakan, dan memperbaiki tekstur wajah. 

4 dari 5 halaman

Do's and Don'ts 

Kandungan Skincare Untuk Awet Muda© shutterstock.com

Setelah mengetahui berbagai kandungan skincare yang bisa mencegah penuaan dini, kamu juga perlu mengetahui cara pemakaian yang tepat. Ada sejumlah ingredients yang sebaiknya tidak dipakai bersaan, karena bisa menyebabkan efek samping pada kulit. Berikut ulasan singkat yang perlu kamu pahami.

  1. Hindari memakai vitamin C dengan bahan Alpha Hydroxy Acids (AHA) karena keduanya memiliki tingkat keasaman yang tinggi sehingga dapat mengganggu keseimbangan pH kulit wajah.

  2. Campurkan vitamin C dengan bahan ferulic acid yang sangat cocok untuk membantu mencegah tanda-tanda penuaan dini. Ketika kedua bahan ini dicampurkan, kamu dapat memudarkan garis-garis halus dan kerutan di wajah.

  3. Hindari mencampur Niacinamide dengan Alpha Hydroxy Acids (AHA) karena kedua bekerja pada tingkat pH kulit yang berbeda sehingga nantinya jika dicampurkan tidak akan maksimal di kulit wajah. 

  4. Retinol dengan Hyaluronic Acid bisa kamu pakai bersamaan untuk mencegah penuaan dini sekaligus menghidrasi dan melembapkan kulit wajah. 

  5. Hindari mencampurkan Retinol dengan Vitamin C karena kedua bahan ini jika disatukan justru akan membuat wajah kamu iritasi, apalagi untuk kulit sensitif.

  6. Vitamin C dan vitamin E sangat cocok dipakai bersamaan untuk merawat kulit wajah karena keduanya memiliki antioksidan yang dapat melindungi kulit dari radikal bebas dan tanda-tanda penuaan.

5 dari 5 halaman

Memilih produk skincare dengan kandungan yang tepat menjadi kunci untuk menjaga kulit tetap awet muda dan sehat. Bahan-bahan di atas memiliki manfaat yang sangat baik dalam melawan tanda-tanda penuaan dan meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan.

Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan kandungan yang boleh dan tidak boleh dicampurkan agar kulit dapat menerima kandungan skincare dengan maksimal.

 

Penulis: Eunike Jeannette Siregar

Beri Komentar