6 Penyebab Kulit Wajah Masih Kusam Walau Rutin Pakai Skincare

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Senin, 2 September 2024 09:00
6 Penyebab Kulit Wajah Masih Kusam Walau Rutin Pakai Skincare
Skinacre mahal tapi tetap bikin wajha kusam? Mungkin karena kulit kamu kurang terhidrasi, gaya hidup yang tidak sehat, lupa memakai sunscreen hingga ketidak seimbangan hormon.

Sudah pakai beragam jenis skincare dari brand lokal hingga internasional, dari harga termurah hingga termahal, namun mengapa kulit wajah masih terlihat kusam? Hal ini pasti membuat kalian merasa frustasi karena effort yang dikeluarkan tak sepadan dengan hasil yang didapatkan.

Jangan menyerah dulu! Mungkin ada beberapa kesalahan dalam menggunakan skincare sehingga hasilnya tak optimal atau terdapat step perawatan wajah penting yang justru tidak kamu lakukan.

 

1 dari 6 halaman

Kulit Wajah Masih Kusam Walau Rutin Pakai Skincare© 2024 shutterstock.com/New Africa

Pemilihan Produk yang Tidak Tepat

Kalau suatu produk skincare justru membuat kondisi kulitmu memburuk, mungkin produk yang kalian gunakan tidak sesuai dengan kondisi serta kebutuhan kulit. Misalnya, penggunaan produk pelembab yang terlalu berat pada kulit berminyak justru akan menyumbat pori-pori serta dapat menyebabkan kulit terlihat lebih kusam.

Sebaliknya, kulit kering tanpa kelembaban yang cukup akan tampak lebih kusam. Lalu, kulit yang sensitif mungkin bereaksi negatif terhadap produk yang mengandung bahan kimia keras atau wewangian.

2 dari 6 halaman

Kulit Wajah Masih Kusam Walau Rutin Pakai Skincare© 2024 shutterstock.com/Makistock

Kurang Eksfoliasi

Sudah pakai serum untuk jerawat dan mencerahkan, namun wajah tetap terlihat kusam? Wait.. mungkin kamu melewatkan step eksfoliasi kulit kamu. Padahal, eksfoliasi kulit penting banget untuk regenerasi sel kulit.

Dilansir dari Dermalogica, kulit kita biasanya mengalami siklus 28 hari, dari sel-sel baru yang lahir di bagian bawah epidermis hingga mengelupas di permukaan. Nah, eksfoliasi ini akan mengelupas sel kulit mati yang kusam di permukaan kulit, sehingga sel sehat akan 'naik' menggantikan si sel kulit mati.

Penumpukan sel kulit mati juga bisa menghambat penyerapan bahan skincare sehingga produk-produk yang kalian gunakan tidak bekerja secara optimal. Apalagi seiring dengan pertambahan usia, percepatan regenerasi kulit kamu akan melambat sehingga membutuhkan bantuan lebih untuk mempercepat regenerasi kulit. Nah, salah satunya dengan rutin melakukan eksfoliasi.

Ahli dermatologi merekomendasikan eksfoliasi paling tidak dua kali seminggu sebagai bagian dari rutinitas perawatan kulit mingguan. Dengan rutinitas ini, kulit kering kamu tidak akan kehilangan minyak alami yang diperlukan buat bikin wajah bercahaya, namun udah cukup membantu menghilangkan sel kulit mati yang menumpuk di permukaan.

3 dari 6 halaman

Kulit Wajah Masih Kusam Walau Rutin Pakai Skincare© 2024 shutterstock.com

Kulit Kurang Terhidrasi

Salah satu cara agar kulit tetap terlihat sehat, lembut, dan bercahaya yaitu dengan mencukupi hidrasi pada kulit. Kurangnya hidrasi yang tepat akan membuat wajah tetap terlihat kusam meskipun sudah rutin menggunakan skincare. Kulit yang kurang terhidrasi akan cenderung lebih rentan dengan keriput, garis halus, serta tanda-tanda penuaan dini. 

Hidrasi pada kulit dipengaruhi oleh pemberian pelembab pada kulit kamu dan juga asupan cairan dari dalam tubuh. Jadi meskipun kamu sudah menggunakan pelembab terbaik untuk kulit kamu, jangan lupa cukupi kebutuhan cairan tubuh, ya!

4 dari 6 halaman

Kulit Wajah Masih Kusam Walau Rutin Pakai Skincare© 2024 shutterstock.com/New Africa

Kurangnya Perlindungan Kulit pada Polusi dan Paparan Sinar Matahari

Walaupun kamu udah menggunakan berbagai produk skincare, semua hal tersebut nyaris tak ada gunanya kalau kamu nggak memberikan perlindungan pada kulit dari polusi dan sinar matahari. Gini ceritanya :

Sinar UV yang terdiri dari UVA dan UVB, keduanya dapat merusak kulit. Sinar UVA menembus jauh ke dalam kulit dan berkontribusi pada penuaan dini, seperti kerutan dan bintik hitam. Sementara itu sinar UVB bisa bikin kulit kamu tampak kemerahan terbakar dan dapat merusak DNA sel kulit.

Nggak hanya itu nih, beragam produk skincare seperti yang mengandung retinol, vitamin C, atau AHA/BHA, membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar UV. Tanpa perlindungan sunscreen, paparan sinar matahari dapat mengurangi efektivitas produk-produk tersebut bahkan membuat kondisi kulit kamu memburuk.

5 dari 6 halaman

Kulit Wajah Masih Kusam Walau Rutin Pakai Skincare© 2024 shutterstock.com/Dragon Images

Gaya Hidup Tidak Sehat

Pola makan, kualitas tidur, stress serta kualitas buruk seperti merokok atau meminum alkohol berlebihan bisa membuat kulit kalian terlihat kusam. Kok bisa? Kulit adalah organ terbesar tubuh dan sangat sensitif terhadap perubahan dalam tubuh serta gaya hidup seseorang. 

Contohnya nih saat tubuh kekurangan vitamin C dan E, yang merupakan antioksidan penting, bisa membuat kulit lebih rentan terhadap kerusakan oleh radikal bebas. Lalu kurang cukup hidrasi tubuh juga bikin kulit jadi kering, kusam, dan kurang bercahaya.

Perhatikan juga pola tidur kamu. Sebab saat tidur, tubuh memperbaiki sel-sel yang rusak, termasuk sel kulit. Kurang tidur dapat menyebabkan lingkaran hitam di bawah mata, kulit kusam, dan mempercepat penuaan kulit.

Stres kronis juga bikin kulit jadi nggak sehat, lho! Saat stres, produksi hormon kortisol dalam tubuh meningkatkan, bisa menyebabkan kulit berminyak, jerawat, dan kondisi kulit lain seperti eksim dan psoriasis. Stres juga bisa memperlambat proses penyembuhan kulit dan memperburuk kondisi kulit yang sudah ada.

6 dari 6 halaman

Kulit Wajah Masih Kusam Walau Rutin Pakai Skincare© 2024 shutterstock.com/Look Studio

Ketidakseimbangan Hormon

Ketidakseimbangan Hormon menjadi salah satu penyebab mengapa wajah tetap terlihat kusam padahal kalian telah menggunakan skincare dengan rutin. Sebab, hormon kalian sangat penting dalam mengatur berbagai macam fungsi tubuh termasuk kesehatan kulit.

Saat terjadi ketidak seimbangan hormon, maka jerawat akan muncul, produksi minyak meningkat, yang kemudian memunculkan jerawat.

Mulai dari menggunakan produk yang salah, gaya hidup tidak sehat sampai ketidakseimbangan hormon adalah penyebab kulit kamu tetap kusam walau pakai skincare. Jangan sampai skincare mahalmu sia-sia, ya!

Penulis : Alviani Putri Susmawati

Beri Komentar