© L'Oréal Paris
L'Oréal Paris, brand kecantikan #1 dunia, yang sejak tahun 1997 dipercaya sebagai Official Makeup Partner kembali hadir di Festival Film Cannes. Tahun ini, masih bersama dua ikon lokal perfilman Indonesia: Cinta Laura dan Putri Marino yang akan menghadiri red carpet Cannes Film Festival 2024 pada tanggal 14-16 Mei 2024.
Kehadiran L’Oréal Paris di Cannes Film Festival 2024 semakin mengukuhkan komitmen L’Oréal Paris dalam mendukung inklusivitas dan pemberdayaan perempuan, termasuk dalam industri perfilman.
Data mengungkapkan bahwa sineas perempuan masih kurang terwakili di industri perfilman global, baik yang bekerja di depan maupun di belakang layar. Saat ini tercatat hanya 17% perempuan yang berhasil menjadi sutradara film terkemuka, dan hanya 25% perempuan yang berkesempatan berkarya di belakang layar.
Industri perfilman Indonesia juga menghadapi tantangan serupa terkait kurangnya representasi sineas perempuan. Kurangnya representasi ini meluas ke berbagai aspek pembuatan film, termasuk penyutradaraan, produksi, dan penulisan skenario.
Meskipun seiring berjalannya waktu mulai bermunculan sutradara perempuan bertalenta yang mendapat pengakuan, namun masih tetap minoritas dibandingkan dengan sutradara laki-laki. Oleh karena itu, penting untuk terus menyuarakan dukungan terhadap perempuan sebagai respon dari ketidakseimbangan representasi di industri film ini, baik secara global maupun di Indonesia.
© L'Oréal Paris
Rillyana Amanda, Sr Community & Brand Experience Manager L'Oréal Paris, mengatakan jika pihaknya memiliki visi sebagaimana tertuang dalam semangat ‘Because You're Worth It’, L'Oréal Paris ingin menginspirasi setiap perempuan untuk merasakan nilai diri yang sebenarnya dan mendorong mereka untuk lebih percaya diri dalam mengekspresikan feminitas versi mereka sendiri.
" Inisiatif untuk kembali menghadirkan Cinta Laura dan Putri Marino di Cannes Film Festival 2024 merupakan kelanjutan dari komitmen kuat kami dalam mendukung inklusivitas dan pemberdayaan perempuan, khususnya mereka yang berkarya di dunia perfilman. Kami berharap kehadiran Cinta Laura dan Putri Marino dapat menjadi representasi yang kuat, baik dalam hal kecantikan, keberagaman maupun talenta perempuan Indonesia, di mata dunia." ujar Rillyana Amanda.
© L'Oréal Paris
Dalam kesempatan ini, Cinta Laura, Brand Ambassador & Spokesperson of L'Oréal Paris, mengatakan jika dirinya merasa sangat terhormat dapat kembali ke Cannes Film Festival bersama dengan L’Oréal Paris. Kesempatan seperti ini sangat penting untuk terus menyuarakan dukungan terhadap bakat perempuan, baik di perfilman maupun industri lainnya.
" Saya berharap kehadiran kami tahun ini dapat menginspirasi perempuan Indonesia untuk lebih berani dan percaya diri dalam menunjukkan pesona dan keunikan diri, sehingga akan ada lebih banyak perempuan yang berdaya untuk menjalankan peran sebagai sineas, seniman, maupun peran lain yang mereka inginkan." ujar Cinta Laura.
Di kesempatan yang sama, Putri Marino, selaku L'Oréal Paris Worth It Squad, juga mngatakan jika dirinya sebagai perempuan yang berkecimpung di industri perfilman, saya sangat mengapresiasi konsistensi L’Oréal Paris dalam mendukung setiap perempuan untuk merasakan betapa berharganya mereka. Dukungan nyata L’Oréal Paris tidak hanya terlihat dalam industri kecantikan, tetapi juga merambah ke industri perfilman dan sektor lainnya.
" Mereka tidak hanya berbicara tentang kesetaraan gender, tetapi juga bertindak untuk mewujudkannya. Inisiatif ini memberikan dorongan yang sangat dibutuhkan bagi perempuan di seluruh dunia untuk mengambil peran yang lebih besar dalam masyarakat," tutur Putri Marino.
Penampilan Cinta Laura dan Putri Marino di red carpet Cannes Film Festival 2024, dipersiapkan melalui kolaborasi antara L’Oréal Paris dengan talenta terbaik Indonesia di bidang fashion dan beauty, seperti Makeup Artist Selebriti Bubah Alfian dan Aditya Vagueskin, serta desainer terkemuka seperti Monica Ivena dan Stella Rissa.
© L'Oréal Paris
Pada Festival Film Cannes 2024, L'Oréal Paris mempersembahkan tampilan makeup yang dirancang untuk memancarkan rasa percaya diri dan ketegasan, memungkinkan setiap wanita merasa dihargai dan bersemangat di panggung global, dengan produk-produk unggulan sebagai berikut:
Foundation for Radiance and Protection: Riasan dimulai dengan dasar yang berkilau, menggabungkan L'Oréal Paris Glyco Bright Serum yang diformulasikan untuk meningkatkan kecerahan dan kejernihan kulit. Selain itu, L'Oréal Paris UV Defender Sun Serum tak lupa diaplikasikan untuk memberikan perlindungan SPF tinggi sambil menjaga kelembapan kulit.
Eyes That Speak Volumes: Untuk mempercantik tampilan mata, L'Oréal Paris Panorama Mascara menjadi andalan untuk menciptakan tampilan mata yang voluminous dan terbuka lebar.
Lips That Last: Untuk melengkapi tampilan, dipilihlah Lipstik Infallible Le Matte Resistance dari L'Oréal Paris yang memiliki pigmen kaya dan daya tahan yang lama.
Busana red carpet yang akan dikenakan oleh Cinta Laura dan Putri Marino mengambil inspirasi dari berbagai referensi kekayaan Nusantara, khususnya flora dan fauna. Monica Ivena, desainer dari gaun Cinta Laura mengusung tema “ The Exotic Songbird of Paradise” yang diinterpretasikan dalam sebuah gaun megah berwarna putih dan biru.
Sedangkan Stella Rissa, desainer dari gaun Putri Marino mengusung tema “ Puspa Pesona” yang diwujudkan dalam gaun bludru merah yang elegan. L'Oréal Paris juga menggandeng Glenn Prasetya, seorang Beauty Commercial Photographer dari Studio 47, untuk mendokumentasikan perjalanan selama Cannes Film Festival.
Terakhir nih Diazens, dapatkan berita eksklusif L'Oréal Paris saat berada di Cannes Film Festival 2024 dengan live streaming di akun TikTok L'Oréal Paris Indonesia sebagai media sosial dan platform e-commerce resmi L'Oréal Paris.