Kenali 15 Macam Brush dan Masing-Masing Kegunaannya untuk Bikin Tampilan Makeup Kian Sempurna

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Rabu, 5 Juni 2024 14:50
Kenali 15 Macam Brush dan Masing-Masing Kegunaannya untuk Bikin Tampilan Makeup Kian Sempurna
Kamu udah tahu macam-macam brush untuk makeup? Kalau belum, yuk simak artikelnya sampai selesai.

Brush atau kuas makeup menjadi alat penting bagi siapa saja yang ingin mendapatkan hasil riasan yang sempurna. Setiap brush memiliki fungsi khusus dan dapat membantu mengaplikasikan produk dengan lebih tepat dan rata. 

Buat kamu yang belum tahu dan penasaran dengan macam-macam brush untuk makeup, kamu bisa simak artikel ini. Yuk, kenali perbedaan jenis brush dan fungsinya di bawah ini agar makeup-mu bisa terpulas sempurna di wajah!

1 dari 5 halaman

1. Macam-Macam Brush Untuk Makeup - Foundation Brush

Macam-Macam Brush Untuk Makeup - Foundation Brush© JakartaNotebook

Foundation brush digunakan untuk mengaplikasikan foundation. Terdapat beberapa jenis foundation brush, seperti flat brush untuk aplikasi yang lebih penuh dan buffing brush untuk hasil yang lebih alami dan halus.

2. Macam-Macam Brush Untuk Makeup - Concealer Brush

Macam-Macam Brush Untuk Makeup - Concealer Brush© soco.id

Concealer brush biasanya lebih kecil dan padat. Brush ini digunakan untuk mengaplikasikan concealer pada area tertentu seperti bawah mata, sekitar hidung, atau untuk menutupi noda dan bekas jerawat.

3. Macam-Macam Brush Untuk Makeup - Powder Brush

Macam-Macam Brush Untuk Makeup - Powder Brush© soco.id

Powder brush memiliki bulu yang lembut dan besar, cocok untuk mengaplikasikan bedak tabur atau padat ke seluruh wajah untuk hasil akhir yang rata dan alami. Selain untuk bedak, brush ini juga bisa digunakan untuk aplikasi blush on dan bronzer

4. Macam-Macam Brush Untuk Makeup - Blush Brush

Macam-Macam Brush Untuk Makeup - Blush Brush© JakartaNotebook

Blush brush digunakan untuk mengaplikasikan blush on di pipi. Bentuknya yang bulat dan lembut memungkinkan aplikasi yang merata dan blend yang sempurna. Kamu dapat menggunakan angled brush untuk mengikuti kontur wajah atau round brush untuk hasil yang lebih menyebar dan natural.

2 dari 5 halaman

5. Macam-Macam Brush Untuk Makeup - Fan Brush

Macam-Macam Brush Untuk Makeup - Fan Brush© manicare.com.au

Fan brush memiliki bentuk kipas yang lebar, digunakan untuk mengaplikasikan highlighter atau untuk membersihkan fallout dari eyeshadow. Brush ini juga bisa digunakan untuk aplikasi bedak yang sangat ringan.

6. Macam-Macam Brush Untuk Makeup - Angled Contour Brush

Macam-Macam Brush Untuk Makeup - Angled Contour Brush© Cala Product

Contour brush memiliki bentuk miring dan lebih padat mirip seperti blush brush. Brush ini digunakan untuk mengaplikasikan produk contour dan bronzer di area tulang pipi, dahi, dan rahang untuk memberikan definisi pada wajah.

7. Macam-Macam Brush Untuk Makeup - Highlighter Brush

Macam-Macam Brush Untuk Makeup - Highlighter Brush© beautytocare.com

Highlighter brush biasanya memiliki bulu yang lebih lembut dan kecil. Brush ini biasanya digunakan untuk mengaplikasikan highlighter di area, seperti tulang pipi, batang hidung, dan cupid’s bow.

8. Macam-Macam Brush Untuk Makeup - Eyeshadow Brush

Macam-Macam Brush Untuk Makeup - Eyeshadow Brush© JakartaNotebook

Eyeshadow brush hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran. Brush ini digunakan untuk mengaplikasikan eyeshadow pada kelopak mata. Ada flat eyeshadow brush untuk aplikasi warna, blending brush untuk membaurkan warna, dan crease brush untuk aplikasi di lipatan mata.

3 dari 5 halaman

9. Macam-Macam Brush Untuk Makeup - Kabuki Brush

Macam-Macam Brush Untuk Makeup - Kabuki Brush© elfcosmetics.com

Kabuki brush memiliki bulu yang padat dan pendek serta berbentuk bulat. Brush ini biasanya digunakan untuk aplikasi bedak atau bronzer di area yang lebih luas dengan hasil yang rata dan alami.

10. Macam-Macam Brush Untuk Makeup - Lip Brush

Macam-Macam Brush Untuk Makeup - Lip Brush© beautytocare.com

Lip brush digunakan untuk mengaplikasikan lipstik dengan lebih presisi. Brush ini memiliki ujung lancip dengan bulu yang sedikit kasar atau keras. Brush ini akan membantu membentuk garis bibir dengan lebih rapi dan mengisi warna dengan merata.

11. Macam-Macam Brush Untuk Makeup - Eyeliner Brush

Macam-Macam Brush Untuk Makeup - Eyeliner Brush© JakartaNotebook

Eyeliner brush biasanya memiliki ujung yang padat dan kaku, digunakan untuk mengaplikasikan eyeliner gel atau cair dengan presisi tinggi. Ada juga angled eyeliner brush untuk menciptakan garis yang lebih tebal atau sayap eyeliner.

12. Macam-Macam Brush Untuk Makeup - Angled Brow Brush

Macam-Macam Brush Untuk Makeup - Angled Brow Brush© JakartaNotebook

Brow brush seringkali memiliki dua ujung, yaitu satu ujung spoolie untuk menyisir alis dan satu ujung angled untuk mengaplikasikan produk alis, seperti gel atau powder. Brush ini memiliki bulu yang lebih halus daripada eyeliner brush

4 dari 5 halaman

13. Macam-Macam Brush Untuk Makeup - Mascara Wand atau Spoolie

Macam-Macam Brush Untuk Makeup - Mascara Wand atau Spoolie© Beautorium

Brush mascara ini biasanya digunakan untuk menyisir bulu mata agar terpisah-pisah sebelum menggunakan mascara. Selain itu, brush ini juga bisa digunakan setelah penggunaan mascara agar tidak menggumpal di bulu mata. 

14. Macam-Macam Brush Untuk Makeup - Sponge Applicator

Macam-Macam Brush Untuk Makeup - Sponge Applicator© Wowkeren

Kuas berbentuk spons ini biasanya digunakan untuk mengaplikasikan eyeshadow di kelopak mata. Agar tidak tercampur warna yang lain, kamu dapat membersihkannya terlebih dahulu sebelum menggunakannya. 

15. Macam-Macam Brush Untuk Makeup - Lash Brow Brush

Macam-Macam Brush Untuk Makeup - Lash Brow Brush© manicare.com.au

Brush ini memiliki dua sisi yang berbentuk sisir mini yang digunakan untuk merapikan bulu mata sebelum mengaplikasikan maskara, sedangkan sisi yang berbentuk sikat digunakan untuk menyisir alis agar terlihat rapi atau sebelum menggambar alis.

5 dari 5 halaman

Berbagai macam brush di atas dapat membantu kamu mengaplikasikan makeup dengan lebih mudah dan mendapatkan hasil yang lebih sempurna. Pilihlah brush yang berkualitas untuk penggunaan jangka panjang. Pastikan untuk merawat brush kamu dengan membersihkannya secara rutin agar tetap bersih dan berfungsi dengan baik.

 

Penulis: Eunike Jeannette Siregar

Beri Komentar