Makin Sering Terjadi, Ini 4 Penyebab Helai Rambut Tiba-Tiba Jadi Keriting

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Selasa, 22 Februari 2022 18:15
Makin Sering Terjadi, Ini 4 Penyebab Helai Rambut Tiba-Tiba Jadi Keriting
Dari lurus tiba-tiba keriting, ternyata ini penyebabnya.

Memiliki rambut keriting yang sehat biasanya jadi impian banyak perempuan. Tapi apa jadinya jika rambut yang sebenarnya lurus lantas berubah jadi keriting dengan sendirinya?

Helai rambut yang tiba-tiba menjadi keriting biasanya terjadi karena dehidrasi. Melansir dari The Singapore Women's Weekly, perubahan helai rambut secara tiba-tiba ini berkaitan dengan pemutihan kimia, paparan sinar matahari, heat styling, bahkan dampak dari diet.

1 dari 6 halaman

Dehidrasi membuat lapisan kutikula luar yang kasar pada helai rambut menjadi mengembang. Ketika hal ini terjadi, uap air dari udara akan menembus kutikula dan menyebabkan helai rambut seolah mengalami pembengkakan.

Perubahan yang tiba-tiba pada helai rambut ini tentunya bisa merusak tatanan rambut secara keseluruhan. Berikut merupakan penjelasan bagaimana kebiasaan sepele bisa mengubah helai rambut dan menimbulkan kerusakan.

2 dari 6 halaman

1. Heat styling

Ilustrasi Pemakaian Heat Styling

Heat styling berperan banyak terhadap kondisi helai rambut dan kesehatannya. Pasalnya, heat styling sering kali langsung bersentuhan dengan batang rambut dengan pengaturan panas yang kadang cukup tinggi.

Selain itu, saat menggunakan heat styling kita cenderung melakukan pengulangan di beberapa bagian rambut yang sama. Tanpa disadari, hal itu membuat kondisi rambut jadi lebih lemah dan rentan mengalami kerusakan.

3 dari 6 halaman

2. Terlalu banyak perawatan

Styling pada rambut memang membantu kita memperindah penampilan. Kadang, sering mengubah gaya rambut lewat styling memang bisa membuat penampilan kita terus fresh.

Tapi sadar nggak sih, perawatan kimia secara terus menerus seperti bleaching, coloring, pengeritingan, serta pelurusan sebenarnya memberi efek dramatis pada kualitas protein rambut. Ujung-ujungnya hanya akan menimbulkan kerusakan dan membuat helai rambut jadi keriting.

4 dari 6 halaman

3. Penanganan yang kasar

Ilustrasi menyisir rambut

Mungkin kamu jarang melakukan heat styling atau perawatan di salon, tapi bukan berarti rambut aman dari segala jenis kerusakan. Pasalnya, penanganan yang kasar juga bisa membuat kondisi rambut melemah.

Menyisir rambut basah atau kering secara agresif bisa membuat mudah rontok. Sedangkan menguncir terlalu kuat bisa menyebabkan helai rambut mudah patah dan keriting.

5 dari 6 halaman

4. Kelembapan tinggi

Kondisi yang satu ini seringkali tidak terpikirkan dan memang agak sulit dihindari. Cuaca ternyata juga memainkan peran besar pada kondisi rambut kita.

Perlu disadari, hujan dan kelembapan tinggi bisa membuat rambut jadi kusut. Begitu juga paparan angin dan sinar matahari menyumbangkan kerusakan tak terduga pada helai rambut.

Beri Komentar