Manfaat Masker Putih Telur untuk Setiap Jenis Kulit, Cantik Tak Harus Mahal!

Reporter : Wuri Anggarini
Minggu, 9 Februari 2020 18:00
Manfaat Masker Putih Telur untuk Setiap Jenis Kulit, Cantik Tak Harus Mahal!
Tambahkan bahan-bahan lainnya yang dapat meningkatkan manfaat masker putih telur untuk merawat kulitmu.

Demi menjaga kulit tetap sehat dan cantik, tidak sedikit yang rela mengeluarkan dana lebih untuk membeli produk perawatan kulit atau rutin mengunjungi klinik kecantikan. Buat yang punya gaya hidup ngirit, bukan berarti harus pasrah dengan kondisi kulit wajah yang bermasalah. Ada berbagai bahan alami yang bisa digunakan untuk merawat kulit, salah satunya putih telur.

Manfaat telur sendiri dikenal sebagai sumber nutrisi dan telah digunakan dalam perawatan kecantikan selama berabad-abad. Dalam satu putih telur terdapat 4 gram protein, kalsium, magnesium, dan folat yang bermanfaat untuk semua jenis kulit.

Ada berbagai manfaat putih telur untuk merawat apa pun jenis kulitmu. Seperti untuk kulit yang menua, putih telur dapat membantu mengencangkan kulit untuk tampilan yang awet muda, berkat kandungan vitamin A dan protein di dalamnya. Bagi yang bermasalah dengan pori-pori besar atau kulit yang berjerawat, putih telur membantu menutup pori-pori dan menghilangkan tumpukan kotoran di dalamnya. Sedangkan untuk kulit cenderung berminyak, putih telur dapat membersihkan pori-pori dan menyerap minyak berlebih dari kulit.

Memanfaatkan putih telur dalam rutinitas perawatan kulit tidak terlalu sulit, kok. Ada manfaat masker putih telur yang tepat untuk setiap jenis kulitmu. Satu putih telur biasanya cukup untuk membuat masker wajah. Tambahkan bahan-bahan lainnya yang dapat meningkatkan manfaat masker putih telur untuk merawat kulitmu.

1 dari 7 halaman

Manfaat Masker Putih Telur untuk Kulit Lebih Kencang

(c) Shutterstock

Memasuki usia tertentu, kulit akan mulai kehilangan elastisitasnya. Apalagi kalau memiliki gaya hidup yang kurang sehat dan cuek pada perawatan kulit, penuaan dini bisa terjadi. Sebelum menginvestasikan dana untuk membeli berbagai produk anti-aging, coba jajal manfaat masker putih telur ini.

Pertama, siapkan 1 putih telur, 1 sendok teh sari jeruk lemon dan 1 sendok teh madu. Campur bahan-bahan tersebut dan aplikasikan pada wajah. Biarkan kering selama 15 hingga 20 menit lalu bilas dengan air hangat.

Masih dengan bahan yang sama, ada alternatif lain untuk membuat masker putih telur. dalam mangkuk, kocok putih telur dan sari jeruk lemon hingga berbusa. Tambahkan madu lalu aduk rata. Dengan menggunakan sapuan tangan atau kapas, oleskan campuran tersebut ke wajah yang sudah dibersihkan. Hindari area sensitif di sekitar muut dan mata dan tunggu hingga masker putih telur tersebut mengering selama 10 hingga 15 menit.

Untuk membersihkannya, gosok perlahan menggunakan air hangat dengan gerakan memutar, lalu keringkan dengan handuk. Putih telur membantu mengencangkan kulit, sedangkan lemon dapat mencerahkan flek hitam serta madu berfungsi sebagai antibakteri, pelembap, dan memiliki kemampuan mencerahkan kulit.

2 dari 7 halaman

Masker Putih Telur yang Menutrisi

(c) Shutterstock

Kulit yang kering dan kusam bisa terjadi jika kekurangan nutrisi yang penting. Selain menggunakan produk perawatan kulit yang disesuaikan dengan jenis kulit, tidak ada salahnya menjajal manfaat masker putih telur ini.

Pertama, campurkan anggur dan putih telur dalam blender dan haluskan. Gunakan kuas wajah untuk mengoleskan masker ke wajah dan leher. Biarkan selama 15 menit lalu bilas hingga bersih dan lanjutkan dengan mengaplikasikan pelembap.

3 dari 7 halaman

Manfaat Masker Putih Telur untuk Kulit Sensitif

Hanya butuh tiga bahan untuk merawat kulit yang sensitif yaitu, putih telur, gel lidah buaya, dan teh chamomile. Campurkan ketiga bahan tersebut dalam mangkuk kecil dan aduk rata. Oleskan di atas kulit wajah yang sudah bersih dan biarkan mengering selama 20 menit sebelum dibilas dengan air dingin. Gel lidah buaya dan teh chamomile menenangkan peradangan dan kemerahan yang sering dialami oleh kulit sensitif.

4 dari 7 halaman

Masker Mata

(c) Shutterstock

Bukan hanya untuk seluruh area kulit, manfaat masker putih telur juga dapat digunakan untuk merawat kecantikan kulit sekitar mata yang dikenal sensitif. Cegah tanda-tanda penuaan seperti garis halus dan kantong mata dengan membuat campuran putih telur, wortel yang diparut halus, dan lidah buaya. Kocok hingga berbusa sekitar 1 menit lalu dengan tangan atau kuas yang bersih, oleskan masker putih telur tersebut di bawah mata.

Ada juga masker putih telur yang dapat dimanfaatkan untuk mengurangi bengkak di sekitar mata yang bikin tampilan terlihat jauh dari segar. Cukup campurkan putih telur dan bubuk kopi dalam mangkuk kecil. Kocok hingga berbusa lalu oleskan di sekitar mata. Hindari area kelopak mata dan jika perlu aplikasikan juga ke seluruh wajah untuk menyegarkan kulit.

Biarkan masker mengering selama 10 menit dan rasakan bagaimana masker terasa menarik kulit. Untuk menghilangkannya, gunakan handuk basah untuk membersihkan masker dengan lembut. Akhiri dengan pelembap untuk mencegah kulit terasa kering dan kusam.

5 dari 7 halaman

Manfaat Masker Putih Telur untuk Eksfoliasi

Putih telur, madu, dan oat jadi tiga bahan utama untuk membuat masker yang ditujukann untuk kulit berminyak. Untuk mendapatkan manfaat masker putih telur ini, kocok putih telur dan madu hingga tercampur rata dan sedikit berbusa. Tambahkan oat dan aduk hingga membentuk pasta lalu oleskan ke wajah. Pijatkan dengan lembut ke kulit dan biarkan selama 10 menit sebelum membilasnya dengan air hangat.

Jika tidak memiliki oat dan madu, ganti dengan gula pasir dan tepung jagung yang akan mengangkat kotoran dalam pori-pori dan sel-sel kulit mati. Caranya, cukup dengan mencampurkan putih telur yang kaya nutrisi dengan gula dan tepung jagung lalu aplikasikan ke wajah. Biarkan kering selama 15 hingga 20 menit lalu lepaskan masker dengan sangat lambat. Bilas dengan air hangat untuk mendapatkan kulit wajah yang bersih dan kencang.

6 dari 7 halaman

Masker Putih Telur yang Melembapkan

(c) Shutterstock

Ini adalah masker putih telur yang sempurna untuk kulit yang mulai tampak menua. Selain membantu menghilangkan kerutan dan membuat kulit tampak awet muda, tapi juga melembapkan kulit dengan optimal. Mengandung bahan-bahan bernutrisi, seperti putih telur dan alpukat yang kaya vitamin dan lemak sehat, masker wajah ini sempurna untuk menjadikan kulit jadi lembap, kenyal, lembut dan halus.

Dengan menggunakan garpu, haluskan alpukat dan tambahkan putih telur dan yogurt ke dalamnya. Aduk rata lalu oleskan ke wajah dengan jari bersih, tunggu selama sekitar 15 menit. Bersihkan masker dengan air hangat lalu tepuk-tepuk dengan handuk kering dan bersih. Tipsnya, gunakan alpukat yang sudah matang agar lebih mudah dihaluskan dan gunakan plain yogurt untuk mendapatkan manfaat masker putih telur dengan optimal.

7 dari 7 halaman

Manfaat Masker Putih Telur untuk Mencerahkan Kulit

(c) Shutterstock

Kulit yang tampak cerah bukan hanya tampak segar, tapi juga bikin penampilan jadi terlihat lebih awet muda. Resep masker putih telur yang satu ini menggunakan kunyit yang berkhasiat mencerahkan kulit dari bekas jerawat maupun warna kulit yang berbeda akibat paparan sinar matahari.

Aduk putih telur dan sari jeruk dalam mangkuk kecil dan aduk hingga berbusa. Tambahkan bubuk kunyit dan aduk rata, pastikan campurannya tidak terlalu encer. Oleskan campuran ini ke wajah dan pijat dengan gerakan memutar agar nutrisinya terserap ke dalam kulit. Biarkan selama 15 menit lalu gosok perlahan masker yang telah kering dari kulit wajah dan oleskan pelembap alami seperti gel lidah buaya atau minyak zaitun.

Ada berbagai manfaat masker putih telur yang dapat menjaga kecantikan kulit wajah. Dengan bahan-bahan yang murah dan mudah didapatkan, yuk jajal perawatan kulit ini di rumah. (eth)

Beri Komentar