15 Pelembab untuk Usia 40 Tahun ke Atas, Lawan Penuaan dan Bikin Kulit Terhidrasi

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Jumat, 12 Juli 2024 08:40
15 Pelembab untuk Usia 40 Tahun ke Atas, Lawan Penuaan dan Bikin Kulit Terhidrasi
Pelembab untuk usia 40 tahun ke atas mengandung senyawa anti aging mulai dari retinol, niacinamide hingga komponen pelembab level tinggi yang ngasih tampilan kulit lebih muda

Di usia 40 tahun, kulit perempuan biasanya mengalami perubahan mulai dari penurunan produksi kolagen, elastisitas yang berkurang, serta penurunan kemampuan kulit untuk mempertahankan kelembapan. Makanya nih, memilih pelembap untuk perempuan usia 40 tahun juga harus mempertimbangkan kandungan dan karakteristiknya.

Pelembab yang tepat mampu membuat kulit jadi terlihat beberapa tahun lebih muda. Kandungan dalam pelembab tersebut tak hanya harus mampu menjaga kelembaban kulit, tapi membuat kulit jadi lebih kenyal, bercahaya dan mengurangi tanda-tanda penuaan. Untuk itu, pelembab tersebut harus memiliki kandungan bahan-bahan berikut ini

Pelembap yang dibutuhkan untuk perempuan pada usia ini sebaiknya memiliki beberapa karakteristik anti aging, melembabkan, dan kandungan yang mendukung kesehatan kulit. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan:

1 dari 9 halaman

Pelembab untuk Usia 40 Tahun ke Atas - ilustrasi© 2024 shutterstock.com/Ground Picture

Retinol (Vitamin A)

Retinol merupakan salah satu bahan aktif paling trekenal dalam perawatan kulit anti-aging dan wajib banget ada dalam produk perawatab kulit perempuan di atas umur 40 tahun.

Fungsi retinol dalam konteks anti-aging meliputi beberapa aspek berikut:

  • merangsang produksi kolagen
  • mempercepat pergantian sel dengan mendorong regenerasi sel-sel baru
  • mengurangi hiperpigmentasi dengan mempercepat pergantian sel dan
  • mengurangi produksi melanin berlebih
  • menyamarkan kerutan dan garis halus dengan pemakaian teratur. Ini karena ketika berada di lapisan tengah kulit, retinol membasmi radikal bebas, sehingga membantu terbentuknya elastin dan juga kolegan. Kedua senyawa ini menghasilkan efek plumping pada kulit sehingga tampilan garis halus dan kerutan jadi tersamarkan.

Peptida

Peptida tersusun dari asam amino. Ketika asam amino digabungkan dalam bentuk tertentu, terbentuklah peptida spesifik. Ketika peptida terbentuk dengan cara tertentu, terbentuklah protein spesifik.

Nah, protein, seperti kolagen dan elastin, adalah bahan dasar pembentuk kulit. Tanpa adanya peptida dan protein, kulit akan jadi kendur, munculnya kerutan, perubahan tekstur, dan kulit yang tidak kembali seperti semula.

Vitamin C

Vitamin C adalahsalah satu bahan dalam produk anti-aging terbaik. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa vitamin C dapat mengurangi munculnya kerutan jika digunakan secara teratur selama paling tidak 12 minggu.

2 dari 9 halaman

Pelembab untuk Usia 40 Tahun ke Atas - ilustrasi© 2024 shutterstock.com/DUANGJAN J

Hyaluronic Acid

Asam hialuronat dikenal sebagai salah satu bahan perawatan kulitpaling menghidrasi di dunia. Bukan klaim yang berlebihan, sebab hyaluronic acid ini punya kemampuan yang unik dalam mengikat dan menahan air di dalam kulit.

Hal ini membuat hyaluronic acid sangat efektif dalam mengatasi tanda-tanda penuaan karena memberikan kelembapan langsung ke lapisan permukaan dermis, mengencangkan dan menghaluskan tampilan garis halus, kerutan, dan warna kulit secara keseluruhan.

Glycerin

Gliserin sebaiknya ada dalam pelembab usia 40 tahun ke atas karena kemampuannya menarik air ke lapisan luar kulit dan membantu menjaga kelembapan. Dalam konteks pelembab untuk 40 tahun ke atas, glyserin membuat kulit jadi terhidrasi. Nah ini adalah kunci paling mudah untuk mendapatkan kulit yang tampak lebih muda.

Ceramides

Jadi bayangkan kalau sel kulit kita adalah bata-bata yang tersusun membentuk dinding. Nah, ceramide bisa dibilang merupakan perekat antar bata.

Ceramide membantu menyatukan kulit dengan membentuk lapisan pelindung. Lapisan ini bakalan jadi barikade yang mencegah hilangnya kelembaban sekaligus melindungi kulit dari kerusakan.

 

3 dari 9 halaman

Pelembab untuk Usia 40 Tahun ke Atas - ilustrasi© 2024 shutterstock.com/Sarayut Sridee

Vitamin E:

Vitamin E adalah antioksidan yang melindungi kulit dari efek buruk stres oksidatif termasuk photoaging. Nah, photoaging sendiri adalah kondisi saat kulit mengalami penuaan dini akibat sering terpapar sinar matahari,

Niacinamide (Vitamin B3)

Selama ini kita mengenal niacinamide sebagai bahan dalam skincare yang ampuh untuk mencerahkan kulit. Tapi ternyata, niacinamide penting dalam pelembab untuk 40 tahun ke ats karenan mampu meningkatkan produksi kolagen pada kulit, lho!

Pelindung Matahari

Sangat penting untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV. Gunakan pelembap yang mengandung SPF atau tambahkan tabir surya ke rutinitas harian.

4 dari 9 halaman

Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini daftar pelembab untuk usia 40 tahun dengan kandungan bahan di atas.

Pelembab untuk Usia 40 Tahun ke Atas - SKINTIFIC Gentle A Retinol Renewal Moisturizer© 2024 karousell.com

SKINTIFIC Gentle A Retinol Renewal Moisturizer

SKINTIFIC Gentle A Retinol Renewal Moisturizer adalah retinol moisturizer dengan kandungan encapsulated retinol yang lembutm jadi aman untuk pemula. Produk ini menggunakan Time-released Technology sehingga mampu bekerja dengan cepat, tapi nggak bikin iritasi.

Selain retinol, SKINTIFIC Gentle A Retinol Renewal Moisturizer juga dilengkapi dengan ceramide dan kolagen.

Harga Rp149.000

Pelembab untuk Usia 40 Tahun ke Atas - Olay Regenerist Retinol Night Mouisturizer© 2024 instagram.com/olayindonesia

Olay Regenerist Retinol Night Moisturizer

Kayaknya produk Olay ini udah dikenal banget sebagai skincare anti-aging, bukan? Untuk urusan pelembab bagi usia 40 tahun ke atas, serahkan saja pada Olay Regenerist Retinol Night Mouisturizer.

Selian mengandung retinol, pelembab ini juga dilengkapi dengan peptide untuk mendukung fungsinya bikin kulit jadi tampak lebih awet muda.

Olay Regenerist Retinol Night Mouisturizer diklaim mampu mmeberikan hidrasi 24 jam dan mengubah tampilan kulit jadi lebih muda dan bercahaya dalam dalam pemakaian 4 minggu saja.

Harag Rp335.000

5 dari 9 halaman

 Pelembab untuk Usia 40 Tahun ke Atas - Ponds Age Miracle Youtful Glow Day Cream Moisturizer© 2024 ponds.in

Pond's Age Miracle Youtful Glow Day Cream Moisturizer  

Melalui laman websitenya, Ponds menyebut produk ini bikin kulit tampak lebih mdua bercahaya dalam 7 hari saja. Wah, cocok banget sebagai pelembab untuk usia 40 tahun ke atas, bukan?

Memperkenalkan Hexyl-RetinolTM yang merupakan hasil kerja keras dari 100 scientis di Pon's Institute, Hexyl Retinol mencakup formulasi yang dihasilkan dari perpaduan Hexyl-Resorcinol, Niacinamide, dan Retinol-C.

Seberapa hebat sih? Hexyl Retinol dapat dilihat dari formulasi patennya yang mampu bekerja pada 10 jenis kolagen.

Harga Rp172.200

Pelembab untuk Usia 40 Tahun ke Atas - The Originote Ceratinol Moisturizer© 2024 instagram.com/theoriginote

The Originote Ceratinol Moisturizer

The Originote Ceratinol Moisturizer diformulasikan dengan 3 jenis Vitamin A yakni Encapsulated Retinol, Retinal, dan HPR trus 5 jenis Ceramide dan superfood blend yaitu Tomato, Rice Brand dan Watercress. Produk ini sempat viral di TikTok beberapa waktu yang lalu karena punya ulasan baik namun harganya ramah di kantong.

6 dari 9 halaman

Pelembab untuk Usia 40 Tahun ke Atas - DEAR ME BEAUTY Moisturizer Overnight Water Cream© 2024 instagram.com/dearmebeauty

DEAR ME BEAUTY Moisturizer Overnight Water Cream

Pelembap ini memiliki kandungan utama 2% AC HPR RetinoateⓇ (Hydroxypinacolone Retinoate) dan Peptide Complex dengan klaim The next level of your moisturizer!

DEAR ME BEAUTY Moisturizer Overnight Water Cream bisa digunakan setiap hari nggak cuman untuk perempuan umur 40 tahun aja nih, tapi juga mereka yang mash berumur 12 tahun.

Harga : Rp149.000

Pelembab untuk Usia 40 Tahun ke Atas - Biokos Botu - Like Anti Wrinkle Protective Day Treatment© 2024 instagram.com/biokos_mt

Biokos Botu: Like Anti-Wrinkle Protective Day Treatment

Tahukah kamu kalau Martha Tilaar punya produk pelembab yang cocok banget untuk 40 tahun ke atas? Yakni Biokos Botu: Like Anti-Wrinkle Protective Day Treatment. Diperkaya dengan SPF 15, anti-oksidan, and anti-pollutan sehinga bikin kulit terhindar dari pengaruh buruk sinar matahari.

Harga Rp190.608

7 dari 9 halaman

Pelembab untuk Usia 40 Tahun ke Atas - OLAY Total Effects 7in1 Day Cream Gentle SPF 15© 2024 gcentre.lk

OLAY Total Effects 7in1 Day Cream Gentle SPF 15

OLAY Total Effects 7in1 Day Cream Gentle SPF 15 kayaknya emang pas banget masuk dalam daftar pelembab untuk 40 tahun ke atas karena klaimnya sebagai pelawan tujuh tanda penuaan!

OLAY Total Effects 7in1 Day Cream Gentle SPF 15 mengandung vita niasin dan juga gliserin serta SPF 15.

Rp151.500

Pelembab untuk Usia 40 Tahun ke Atas - L oreal Paris Revitalift Hyaluronic Acid Plumping Day Cream© 2024 loreal-paris.co.id

L'oreal Paris Revitalift Hyaluronic Acid Plumping Day Cream

Pelembap ini mengandung micro hyaluron, yakni teknologi hyaluronic acid yang udah dipatenkan oleh L'Oréal Paris sendiri, yang disebut 50 kali lebih kecil dari hyaluron pada umumnya. Trus apa nih efeknya sebagai pelembab yang juga pelawan tanda penuaan?

Nah, micro hyaluron mampu menyerap lebih dalam ke lapisan kulit untuk melembapkan lebih lama, dan mampu bikin kulit tampak lebih halus dan lembab sejak pemakaian pertama.

Harga Rp91.800 untuk kemasan ukuran 15 ml

8 dari 9 halaman

Pelembab untuk Usia 40 Tahun ke Atas - Wardah Crystallure Supreme Activating Overnight Cream© 2024 Wardah

Wardah Crystallure Supreme Activating Overnight Cream

Mengandung Gold Peptide Crystals dan YouthGlow Active yanng membantu proses peremajaan kulit sehingga tampak lebih muda. Dilengkapi juga GrandActive Retinoid, turunan vitamin A yang udah terbukti menyamarkan hiperpigmentasi tanpa bikin kulit iritasi.

Harga Rp234.000

Wardah Crystallure Supreme Activating Overnight Cream mengandung

Pelembab untuk Usia 40 Tahun ke Atas - Este Lauder Revitalizing Supreme Moisturizer© 2024 Este Lauder

Este Lauder Revitalizing Supreme+ Moisturizer

Diformulasikan dari 99% Hibiscus Morning Bloom yang berasal dari alam dan Ekstrak Moringa eksklusif. Bunga Hibiscus sinensis ditemukan oleh para ilmuwan Estée Lauder memiiliki kekuatan untuk buat bikin kulit jadi awet muda dalam level tertinggi. Bunga-bunga tersebut dipetik di pagi hari untuk mendapatkan potensi puncaknyam trys diproses selama 83 hari untuk mendapatkan ekstrak terbaik.

Sementara itu, pohon 'moringa yang dikenal ajaib diproses melalui proses eksklusif yangs udah dipatenkan oleh Estée Lauder, dipercaya membantu kulit berjuang di banyak jalur dalam mencegah penuaan.

Harga : Rp1.200.000

Memilih pelembab untuk 40 tahun ke atas nggak perlu yang paling mahal, tapi sesuaikan dengan kebutuhan kulit masing-masing. Selamat glowing!

9 dari 9 halaman

Beri Komentar