9 Rekomendasi Serum Jerawat untuk Remaja Mulai Harga Rp 20 Ribuan

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 23 Juli 2024 16:00
9 Rekomendasi Serum Jerawat untuk Remaja Mulai Harga Rp 20 Ribuan
Selain mempertimbangkan harga yang ramah di kantong remaja, yang paling utama dalam memilih serum jerawat remaja adala kandungan bahan yang aman untuk kulit sensitif mereka.

Saat wajah remaja berjerawat, memakai facial wash doang ternyata nggak cukup lho! Kamu tetap perlu perawatan ekstra, salah satunya menggunakan serum untuk jerawat yang sesuai dengan kulit remajamu.

Tren perawatan kulit di media sosial bikin remaja semangat banget mencoba berbagai jenis produk untuk kecantikan kulitnya. Padahal, ada beberapa kandungan skincare yang sebaiknya tak boleh digunakan dulu di usia muda.

Mengapa sih memilih kandungan skincare untuk remaja tak boleh sembarang?

Kulit remaja adalah kulit yang sensitif dan rentan terpengaruh perubahan hormon. Menggunakan produk dengan kandungan yang kuat bisa menyebabkan kulit jadi iritasi. Kulit bisa meradang, muncul ruam merah hingga sensitif terhadap sinar matahari. Untuk kulit remaja yang sangat sensitif, kandungan parfum di dalam skincare bahkan bisa membuat jerawat muncul lebih banyak, lho!

 

 

1 dari 11 halaman

Kandungan pada Serum Jerawat untuk Remaja© 2024 shutterstock.com/PattPaulStudio

Berikut adalah kandungan yang perlu diperhatikan dalam pemilihan serum untuk remaja:

Niacinamide (Vitamin B3)

Kandungan Niacinamide atau Vitamin B3 dalam serum dapat mengurangi produksi minyak yang berlebih, mengatasi jerawat, menyamarkan pori-pori, mencerahkan kulit, meningkatkan kelembaban kulit. 

Niacinamide dapat mengatasi kemerahan karena bersifat menenangkan kulit. Niacinamide merupakan bahan yang sangat serbaguna dan dapat digunakan oleh semua jenis kulit. Sehingga hal ini dapat membantu para remaja  menyembuhkan kulit mereka yang sensitif dan rentan.

Salicylic Acid (BHA)

Salicylic Acid yang terdapat dalam serum dapat membantu mengelupas sel kulit mati, membersihkan pori-pori, dan mengurangi jerawat dan komedo. Jika digunakan secara rutin salicylic acid dapat membantu remaja mengatasi berbagai macam masalah kulit.

Salicylic Acid aman banget digunakan sebagai kandungan dalam serum jerawat untuk remaja, namun gunakan secukupnya dan ikuti petunjuk pada label produk, karena asam salisilat bisa bikin kulit kering dan teriritasi bila digunakan secara berlebihan.

Bila kamu menggunakan serum jerawat untuk remaja dengan kandungan BHA, maka pastikan kamu melembabkan kulit, tidak membebani kulit degan bahan aktif yang lain serta jangan lupa pakai sunscreen di pagi hari, ya!

Hyaluronic Acid

Serum dengan kandungan Hyaluronic Acid dapat membantu remaja melembabkan kulit, menenangkan kulit yang iritasi, dan mendukung fungsi barier kulit biar nggak gampang berjerawat. Dalam serum jerawat untuk remaja, Hyaluronic Acid juga memberikan kelembaban tanpa menyumbat pori-pori.

Centella Asiatica (Cica)

Kandungan Centella Asiatica (Cica) dalam serum dapat menenangkan kulit, mengurangi bekas jerawat, melindungi kulit, dan dapat mengurangi kemerahan atau iritasi. Kandungan ini  sangat cocok untuk para remaja yang sedang mengalami iritasi atau jerawat pada muka.

Tea Tree Oil

Bahan alami yang dimiliki oleh Tea Tree Oil sangat populer dalam perawatan kulit karena memiliki sifat antimikroba dan anti inflamasi. Tea Tree Oil dapat mengatasi jerawat, mengurangi peradangan, mengurangi bekas jerawat, serta dapat menenangkan kulit. Pusat Medis Universitas Maryland, tea tree oil sama efektifnya dengan benzil peroksida dalam mengobati jerawat, tapi dengan efek samping yang lebih sedikit.

Aloe Vera

Aloe Vera dikenal memiliki sifat menyembuhkan dan menenangkan, kandungan ini dapat menjadi pilihan untuk perawatan kulit bagi remaja. Aloe Vera dapat menenangkan kulit yang iritasi, menyembuhkan luka dan bekas jerawat, membantu mengatasi jerawat, serta dapat mendinginkan kulit.

Zinc

Zinc sendiri merupakan mineral yang memiliki banyak manfaat untuk perawatan kulit. Zinc dapat mengurangi peradangan, mendukung penyembuhan jerawat, meningkatkan Kesehatan kulit, serta memiliki sifat antimikroba.

Setelah menggunakan serum, aplikasikan pelembab ke kulit kamu untuk memberikan hidrasi dan memberikan perlindungan pada kulit. Untuk remaja dengan kulit berminyak,  pilih pelembap nonkomedogenik, yang tidak akan menyumbat pori-pori atau membuat kulit terasa berminyak. Misalnya nih pelembab dengan kandungan ceramide dan humektan seperti allantoin dan betaine memberikan nutrisi tanpa memperparah jerawat.

2 dari 11 halaman

Kandungan pada Serum Jerawat untuk Remaja© 2024 shutterstock.com/New Africa

Sementara itu, beberapa bahan dalam skincare ini sebaiknya nggak digunakan dulu dalam serum jerawat untuk remaja.

Vitamin C

Vitamin C merupakan bahan paling populer dan paling banyak digunakan untuk perawatan kulit terutama pada serum. Serum dengan kandungan Vitamin C dapat mencerahkan kulit, mengurangi kerusakan akibat radikal bebas, menyamarkan bekas jerawat, serta dapat melembabkan kulit.

Namun dalam perawatan kulit remaja,  vitamin C tidak diperlukan, lho!

Memang sih vitamin C nggak akan menimbulkan kerusakan serius bila disertakan dalam serum jerawat untuk remaja, namun ingat kalau penggunaan produk berlebihan dari yang kuitmu butuhkan berpotensi bikin kulit kamu jadi iritasi dan kemerahan.

Retinol 

Pada kulit orang dewasa, retinol membantu memperlambat proses penuaan dengan meningkatkan produksi kolagen di kulit, yang mengurangi garis-garis halus seiring berjalannya waktu. Bisa dibilang, retinol adalah holy grail produk anti-aging dan hampir selalu ada dalam serum untuk mengatasi penuaan. Tapi buat remaja yang masih belasan tahun,  kolagen belum mulai berkurang, sehingga retinol belum dibutuhkan.

Peptides

Kandungan peptides dalam serum dapat meningkatkan produksi kolagen, mempercepat proses penyembuhan kulit, meningkatkan tekstur kulit serta dapat mengurangi bekas jerawat. Hal ini dikarenakan peptides merupakan molekul kecil yang terdiri dari asam amino yang dapat membangun protein seperti kolagen.

Itu dia kandungan yang baik untuk serum pada remaja. Mengutip dari berbagai macam sumber berikut adalah rekomendasi serum yang cocok digunakan untuk remaja:

3 dari 11 halaman

Serum Jerawat untuk Remaja -  SKINTIFIC 2 Percent Salicylic Acid Anti Acne Serum© 2024 SKINTIFIC

Serum Jerawat untuk Remaja - SKINTIFIC 2 % Salicylic Acid Anti Acne Serum (Harga : Rp127.900)

Siapa yang tidak kenal dengan produk SKINTIFIC? Ternyata mereka memiliki serum yang cocok untuk para remaja yang memiliki masalah kulit berjerawat. Kandungan Salicylic Acid dalam serum ini dapat membantu untuk menyembuhkan jerawat.

Tenang aja, kandungan asam salisilatnya aman untuk kulit remajaku. Kuncinya adalah pada konsentrasi dan frekuensi penggunaan. Nah, serum jerawat dari Skintific ini mengandung asam salisilat dengan konsentrasi 2% yang secara umum dianggap aman untuk kulit remaja.

Tapi kalau kamu ragu, nggak ada salahnya mencoba produk dengan kandungan asam salisilat lebih rendah, lalu secara bertahap tingkatkan frekuensi penggunaannya. Jangan lupa gunakan tabir surya di siang hari, karena asam salisilat dapat membuat kulit lebih sensitif terhadap radiasi UV.

4 dari 11 halaman

Serum Jerawat untuk Remaja - Implora Acne Serum© 2024 Implora

Serum Jerawat untuk Remaja - Implora Acne Serum (Harga : Rp27.000)

Buat para remaja yang memiliki kulit berjerawat Implora Luminous Brightening Serum dapat menjadi pilihan yang murah dan mudah didapat. Gimana enggak, dalam satu kemasan ukuran 20 ml, kamu cuman perlu merogoh kocek sedalam Rp27 ribu saja.

Serum ini memiliki kandungan Salicylic Acid, Agaricon Jeju Centella Asiatica Aloe Vera Extract yang menenangkan kulit.

5 dari 11 halaman

Serum Jerawat untuk Remaja - Somethinc Bakuchiol Skinpair Oil Serum© 2024 somethinc.com

Serum Jerawat untuk Remaja - Somethinc Bakuchiol Skinpair Oil Serum (Harga : Rp87.000)

Somethinc Bakuchiol Skinpair Oil Serum mengandung bakuchiol yang bisa jadi alternatif retinol, jadi lebih aman untuk kulit remaja. Bakuchiol punya sifat anti peradangan, jadi bisa merawat kulit berjerawat. Kandungan lainnya adalah Salicylic Acid dan Tamanu Oil yang bersama-sama membantu mengatasi jerawat di kulit.

Asam salilisatnya bertugas jadi eksfoliator yang menngikis kulit mati dan bruntusan, jadi kulit remaja cerah dan nampak bersih. Selain itu kandungan tamanu oilnya akan mempercepat proses penyembuhan.

6 dari 11 halaman

Serum Jerawat untuk Remaja - The Originote Acne B5 Serum© 2024 instagram.com/theoriginote/

Serum Jerawat untuk Remaja - The Originote Acne B5 Serum

Diformulasikan dengan salicylic acid yang khusus buat mengatasu jerawat seklaigus mengecilkan pori-pori. Di dalamnya juga terdapat Panthenol yang akan menjaga kulit kamu tetap lembab serta Tamanu Oil mempercepat proses penyembuhan jerawat, mengurangi bekas jerawat dan anti inflammatory.

7 dari 11 halaman

Serum Jerawat untuk Remaja -  Some By Mi AHA BHA PHA 30 Days Miracle Serum© 2024 instagram.com/somebymi.official_id/

Serum Jerawat untuk Remaja - Some By Mi AHA BHA PHA 30 Days Miracle Serum Light (Harga : Rp425.000)

Serum ini adalah versi kandungan lebih ringan dari pada Some By Mi AHA BHA PHA 30 Days Miracle Serum. Kandungan bahan aktif di dalamnya merawat kulit berjerawat, trus membersihkan sel kulit mati juga produksi sebum berlebih yang bikin kulit jadi berjerawat dan berminyak.

Diperkaya dengan 89% kandungan yang baik untuk kulit berjerawat seperti Tea tree, Centella, Houttuynia Cordata, Mugwort, dan ekstrak titrasi dari Centella Asiatica. Jadi saat mengusir jerawat, serum ini nggak akan bikin kulit kering dan iritasi.

8 dari 11 halaman

Serum Jerawat untuk Remaja - The Ordinary Niacinamide 10 Persen dan Zinc 1 Persen© 2024 instagram.com/chris_aydko/

Serum Jerawat untuk Remaja - The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1%

Nah kayak yang Diadona sebutkan di awal artikel, niacinamide dan zinc bagus banget sebagai kandungan dalam serum jerawat untuk remaja karena mengurangi produksi minyak yang berlebih, mengatasi jerawat secara menenangkan. Bila digunakan secara teratur, The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1% menghasilkan kulit yang lebih bersih, lebih cerah, dan lebih halus sekaligus menyeimbangkan produksi sebum.

9 dari 11 halaman

Serum Jerawat untuk Remaja - Scarlett Whitening Acne Serum© 2024 instagram.com/scarlett_whitening/

Serum Jerawat untuk Remaja -  Scarlett Whitening Acne Serum (Harga : Rp59.000)

Siapa sih yag nggak kenal dengan produk perawatan kecantikan merk Scarlett?  Scarlett mengeluarkan serum yang dapat mengatasi masalah jerawat pada muka yang cocok banget digunakan untuk remaja. Scarlett Whitening Acne Serum memiliki kandungan Tea Tree Water, Salicylic Acid, Liquorice Extract, Centella Asiatica, serta Vitamin C.

10 dari 11 halaman

Serum Jerawat untuk Remaja - Cosrx Ac Collection Blemish Spot Clearing Serum© 2024 nfbeauty.com.a

Serum Jerawat untuk Remaja  - Cosrx Ac Collection Blemish Spot Clearing Serum (Rp. 290.750)

Serum jerawat untuk remaja selanjutnya datang dari merk Cosrx dengan kandungan Centella Asiatica, Propolis Extract dan Niacinamide. Selain itu serum ini mengklaim bahwa dapat mengurangi jerawat dan peradangan, serta mempercepat penyembuhan kulit yang meradang akibat jerawat.

11 dari 11 halaman

Serum Jerawat untuk Remaja - Emina Ms. Pimple Acne Solution Face Serum© 2024 instagram.com/eminacosmetics/

Serum Jerawat untuk Remaja - Emina Ms. Pimple Acne Solution Face Serum (Rp. 53.910)

Yang tak boleh ketinggalan dalam daftar serum jerawat untuk remaja ini adalah Emina Ms. Pimple Acne Solution Face Serum. Formulasinya dirancang khusus buat mengurangi minyak berlebih dan menenangkan kemerahan di wajah. Kulit juga akan terasa lebih lembab dan terasa segar. Nggak hanya itu, Emina serum membantu meratakan tekstur kulit wajah rusak karena jerawat.

Memilih serum jerawat untuk remaja harus dilakukan dengan hati-hati karena kulit mereka rentan dengan perubahan hormon. Bila salah memilih, kulit akan kusam dan justru akan tambah jerawat.

Jangan lupa gunakan pelembab yang sesuai dengan tipe kulit kamu, lalu aplikasikan tabir surya untuk melinungi kulit dari sengatan sinar matahari.

Penulis : Alviani Putri Susmawati

Beri Komentar