© Istimewa
Jakarta, 31 Maret 2022 - Menjelang Ramadan, tren belanja online masyarakat Indonesia mengalami perubahan yang cukup signifikan. Berdasarkan survei dari Survey Sensum, masyarakat Indonesia akan meningkatkan anggaran belanja hingga 10% dibandingkan tahun 2021 dan sebanyak 71% masyarakat akan mengalokasikan uangnya untuk membeli baju serta 75% mengaku akan melakukan traveling.
Pola belanja masyarakat yang meningkat sepanjang Ramadan menjadi kesempatan besar bagi brand, termasuk brand lokal untuk memasarkan produk andalannya. Seperti belasan brand lokal Indonesia dari berbagai kategori fesyen, kecantikan dan kesehatan, hingga kategori ibu dan anak yang berpartisipasi dalam 4.4 Ramadan Local Brand Sale yang dihadirkan oleh Hypefast pada 1-4 April 2022 secara eksklusif di platform e-Commerce Shopee.
Rusli Ikhwan, Brand Founder Roughneck 1991 sebagai perwakilan brand lokal mengatakan " Kami menyadari perubahan tren belanja tahun ini dikarenakan perubahan aktivitas masyarakat. Apalagi Ramadan tahun ini akan berbeda, dengan diizinkannya mudik dan membuka kesempatan masyarakat untuk berkumpul dengan keluarga besar di kampung halaman. Fenomena mudik ini, secara tidak langsung juga turut meningkatkan pola belanja masyarakat. Kesempatan ini lah yang kami manfaatkan, memberikan berbagai pilihan produk untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama Ramadan dan Lebaran, terutama untuk produk fesyen dan apparel."
Adi Rahardja, Head of Fashion & Lifestyle Shopee Indonesia menambahkan, " Shopee senang sekali dapat bekerjasama dengan Hypefast dalam menghadirkan 4.4 Ramadan Local Brand Sale. Inisiatif kolaborasi ini dihadirkan sebagai bentuk komitmen kami untuk memberikan akses yang mudah bagi para pengguna dalam memperoleh ragam pilihan produk fashion lokal yang berkualitas khususnya pada bulan Ramadan. Lebih daripada itu, melalui kerjasama ini kami berharap dapat terus mendukung potensi dan perkembangan brand lokal serta menjadi platform bagi para pelaku usaha lokal dalam menjangkau pasar penjualan yang lebih luas."
Pada 4.4 Ramadan Local Brand Sale yang dihadirkan oleh Hypefast, sebanyak 19 brand lokal akan memberikan promo menarik mulai dari potongan harga hingga 70%, voucher diskon hingga 40%, dan sale harga di bawah Rp 44.000. Adapun brand lokal yang berpartisipasi yaitu Agni, Bohopanna, Bonnels, Cessa Natural, Koze Indonesia, Luxcrime, Letter in Pine, Monomom, Nona Loose Fashion, Nona Rara Batik, Noore, Nyonya Nursing Wear, Nyonya Piyama, Owners, Reclays, Roughneck 1991, Sideline, TVF Footwear, dan Wearstatuquo.
Selain itu, brand lokal juga meluncurkan berbagai koleksi spesial untuk menemani aktivitas selama bulan Ramadan. Berikut adalah beberapa highlight koleksi dari brand lokal:
Nona Loose Fashion-Peace, Love, and Raya
Koleksi pakaian Ramadan akan menjadi hal utama yang dicari. Tahun ini, Nona Loose Fashion mengeluarkan koleksi Peace, Love, and Raya dengan konsep motif print simple dengan sentuhan warna yang fresh dan trending. Koleksi yang juga bagian dari perayaan ulang tahun Nona yang ke-5 ini, menggabungkan dua inspirasi dari meriahnya festival dan aliran seni psychedelics. Koleksi ini terdiri dari atasan, rok, celana, outerwear, hingga best seller dress yakni Lace Dress dan Abaya Dress. Peace, Love, and Raya juga menggunakan berbagai bahan, seperti katun, silk satin, brocade lace, dan juga rajut yang sangat nyaman untuk digunakan di berbagai aktivitas.
Sideline-Gemintang Lebaran
Bagi pecinta modest wear, salah satu koleksi Ramadan dari Sideline bisa menjadi pilihan. Koleksi Gemintang Lebaran menghadirkan motif dengan konsep festive dan elegan. Koleksi ini memiliki sembilan tampilan pakaian yang terdiri dari dress, outer, celana dan turtleneck yang dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan para pelanggan. Terbuat dari bahan yang premium dan modest, koleksi dari Sideline ini memberikan kesan mewah dan fancy walaupun tanpa aksesoris tambahan. Koleksi Gemintang Lebaran ini cocok untuk digunakan berbagai acara formal dan perhelatan besar.
Luxcrime-Ultra Creamy Lip Velvet
Berpuasa memang membuat tubuh kekurangan cairan dan terkadang membuat bibir kering atau pecah-pecah. Untuk mengatasi hal tersebut, Luxcrime menghadirkan Ultra Creamy Lip Velvet, lip cream dengan kandungan vitamin E, Jojoba Oil, serta Squalene yang akan membuat bibir Anda tetap sehat, tampak merah, lembab dan terhidrasi selama menjalani aktivitas puasa.
Agni-Raya Soiree
Koleksi twisted basic dari Agni juga bisa menjadi salah satu pilihan. Terinspirasi dari sayap kupu-kupu, koleksi Raya Soiree dari Agni hadir dengan palet warna-warni seperti pastel dan warna deep. Kombinasi warna ini digabungkan secara harmonis dengan detail dan cutting khas Agni. Koleksi ini menghadirkan nuansa ringan dan lapang, direpresentasikan dalam bahan katun poliester. Selain itu, ‘sejuk dan nyaman’ menjadi point of view Agni pada koleksi ini, cukup memberikan tampilan yang berbeda pada busana Lebaran yang biasa digunakan dan memberikan tampilan yang bergaya.
TVF Footwear-The Color of Summer
Sandal menjadi salah satu produk yang banyak dicari selama bulan Ramadan. Koleksi sandal dari TVF Footwear cocok untuk menemani segala aktivitas Anda di bulan Ramadan. The Color of Summer akan menampilkan berbagai koleksi sandal yang bermain dengan warna “ summer” yang sedang hype saat ini untuk pria maupun wanita. Produk ini dapat digunakan di segala aktivitas luar ruangan seperti pergi ke traveling atau daily wear seperti ke masjid.
Berbagai koleksi dari brand lokal tersebut bisa didapatkan secara eksklusif di platform e-commerce Shopee pada tanggal 2 April 2022 mendatang. Dapatkan berbagai informasi promo dan koleksi terkini di website atau Instagram masing-masing brand.