© 2021 Fauxels Dari Pexels
SWOT adalah singkatan dari Strengths, Weaknesses, Opportunities, and Threats atau bila diterjemahkan berarti Kekuatan, Kelemahan, Peluang dan Ancaman. Analisa SWOT adalah teknik sederhana namun sangat kuat dalam menilai keempat aspek tersebut dan membantu mengembangkan strategi bisnis. Untuk kamu yang pernah bekerja dilingkungan perusahaan pasti tidak asing dengan istilah ini.
Analisa SWOT adalah cara yang ampuh banget untuk mengevaluasi perusahaan atau suatu proyek,nggak perduli berapa banyak orang yang terlibat di dalamnya. Analisa ini dirancang untuk menfasilitasi pandangan yang realistis, berdasarkan fakta, data pada kekuatan dan kelemahan organisasi, inisiatif, atau dalam industrinya. Kenapa begitu? Karena organisasi perlu menjaga biar analisanya tetap akurat untuk menghindari keyakinan tentang bisnis mereka. Sebagai gantinya, mereka kudu berfokus pada konteks di kehidupan nyata. Singkatnya nih, analisa SWOT adalah sebagai panduan bagi bisnis untuk mencapai tujuannya..
Analisis SWOT umumnya digunakan untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki demi keuntungan terbaik bisnis. Trus juga bisa mengurangi kemungkinan gagal dengan memahami apa sih kekurangan dari bisnis kamu. Analisa ini juga bisa menghilangkan bahaya yang hadir tanpa disadari
Lebih lanjut mengenai analisa SWOT yuk simak dulu pembahasan Diadona berikut:
Analisis SWOT adalah kerangka kerja yang digunakan untuk mengevaluasi posisi kompetitif perusahaan dan untuk mengembangkan perencanaan strategis, dikutip dari Investopedia. Analisis SWOT menilai faktor internal dan eksternal, serta potensi saat ini dan masa depan.
Elemen dalam SWOT ini membahas hal-hal yang dilakukan perusahaan dengan baik dan membedakannya dengan kompetitor.Contohnya nih merek yang kuat, teknologi yang unik, ide inovatif dan lainnya.
Apa saja yang bisa menghambat bisnis? Misalnya kekurangan orang yang terampil atau keterbatasan anggaran.
Adalah faktor eksternal yang keberadannya bisa memberikan keunggulan kompetetif bagi organisasi. Contohnya nih dengan adanya pandemi membuka peluang lebih bagi jasa ekspedisi karena orang cenderung dituntut untuk berbelanja secara online.
Yakni sesuatu yang menimbulkan risiko bagi perusahaan atau kemungkinan keberhasilan atau pertumbuhannya
Cara melakukan analisa SWOT adalah dengan mengajukan serangkaian pertanyaan terkait dengan keempat elemen tersebut.
Contoh pertanyaan untuk membuat daftar elemen kekuatan, yakni :
pertanyaan-pertanyaan mengenai kekuatan tersebut juga bisa digunakan untuk menyusun pertanyaan mengenai kelemahan, contohnya:
Sementara itu, peluang-peluang yang dimiliki oleh perusahaan bisa dijawab dari pertanyaan berikut:
Sementara itu pertanyaan mengenai elemen ancaman bisa berupa:
Setelah analisa SWOT selesai, data tersebut kemudian harus segera diubah menjadi strategi nyata. Langkah pertama yakni dengan memaksimalkan kekuatan yang dimiliki untuk memanfaatkan peluang. Selanjutnya, lihat apakah kekuatan bisa emerangi ancaman bisnis. Analisa SWOT adalah suatu alat untuk menghasilkan daftar tindakan yang harus segera dilakukan.
SWOT adalah cara yang bagus banget untuk merumuskan strategi bisnis. Poin pentingnya terletak pada mendiskusikan kelemahan dan kekuatan perusahaan, menentukan peluang dan ancaman dan bertukar pikiran antar bagian dalam perusaahaan. Karena seringnya analisa SWOT mencermintan faktor-faktor yang sebelumnya tidak disadari dan dipikirkan.