Apa itu Analisa SWOT dan Bagaimana Manfaat serta Cara Menerapkannya?

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Rabu, 7 Juli 2021 17:28
Apa itu Analisa SWOT dan Bagaimana Manfaat serta Cara Menerapkannya?
Analisa SWOT adalah cara yang tepat dalam merumuskan strategi bisnis karena dalam penyusunannya akan ada banyak diskusi dan masukan dari setiap bagian perusahaan

SWOT adalah singkatan dari Strengths, Weaknesses, Opportunities, and Threats atau bila diterjemahkan berarti Kekuatan, Kelemahan, Peluang dan Ancaman. Analisa SWOT adalah teknik sederhana namun sangat kuat dalam menilai keempat aspek tersebut dan membantu mengembangkan strategi bisnis. Untuk kamu yang pernah bekerja dilingkungan perusahaan pasti tidak asing dengan istilah ini.

Analisa SWOT adalah cara yang ampuh banget untuk mengevaluasi perusahaan atau suatu proyek,nggak perduli berapa banyak orang yang terlibat di dalamnya. Analisa ini dirancang untuk menfasilitasi pandangan yang realistis, berdasarkan fakta, data pada kekuatan dan kelemahan organisasi, inisiatif, atau dalam industrinya. Kenapa begitu? Karena organisasi perlu menjaga biar analisanya tetap akurat untuk menghindari keyakinan tentang bisnis mereka. Sebagai gantinya, mereka kudu berfokus pada konteks di kehidupan nyata. Singkatnya nih, analisa SWOT adalah sebagai panduan bagi bisnis untuk mencapai tujuannya..

1 dari 5 halaman

SWOT adalah

Analisis SWOT umumnya digunakan untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki demi keuntungan terbaik bisnis. Trus juga bisa mengurangi kemungkinan gagal dengan memahami apa sih kekurangan dari bisnis kamu. Analisa ini juga bisa menghilangkan bahaya yang hadir tanpa disadari

Lebih lanjut mengenai analisa SWOT yuk simak dulu pembahasan Diadona berikut:

2 dari 5 halaman

Analisis SWOT

SWOT adalah

Analisis SWOT adalah kerangka kerja yang digunakan untuk mengevaluasi posisi kompetitif perusahaan dan untuk mengembangkan perencanaan strategis, dikutip dari Investopedia. Analisis SWOT menilai faktor internal dan eksternal, serta potensi saat ini dan masa depan.

Kekuatan

Elemen dalam SWOT ini membahas hal-hal yang dilakukan perusahaan dengan baik dan membedakannya dengan kompetitor.Contohnya nih merek yang kuat, teknologi yang unik, ide inovatif dan lainnya.

Kelemahan

Apa saja yang bisa menghambat bisnis? Misalnya kekurangan orang yang terampil atau keterbatasan anggaran.

Peluang

Adalah faktor eksternal yang keberadannya bisa memberikan keunggulan kompetetif bagi organisasi. Contohnya nih dengan adanya pandemi membuka peluang lebih bagi jasa ekspedisi karena orang cenderung dituntut untuk berbelanja secara online.

Ancaman

Yakni sesuatu yang menimbulkan risiko bagi perusahaan atau kemungkinan keberhasilan atau pertumbuhannya

3 dari 5 halaman

Cara Menggunakan Analisa SWOT

Cara melakukan analisa SWOT adalah dengan mengajukan serangkaian pertanyaan terkait dengan keempat elemen tersebut.

Contoh pertanyaan untuk membuat daftar elemen kekuatan, yakni :

  • Apa yang disukai oleh konsumen daari perushaan atau produk kita?
  • Apa potensi dari produk kita?
  • Apa yang dilakukan perusahaan dan lebih baik ketimbang kompetitor?
  • Sumber daya apa yang dimiliki oleh kita tapi tak dimiliki kompetitor?

pertanyaan-pertanyaan mengenai kekuatan tersebut juga bisa digunakan untuk menyusun pertanyaan mengenai kelemahan, contohnya:

  • Apa yang tidak disukai oleh konsumen kita?
  • Apa merk yang paling negatif penjualannya?
  • Sumber daya apa yang dimiliki kompetitor tapi tidak kita miliki?

4 dari 5 halaman

SWOT adalah

Sementara itu, peluang-peluang yang dimiliki oleh perusahaan bisa dijawab dari pertanyaan berikut:

  1. Apakah perusahaan sudah mengalokasikan sumber daya dnegan efektif?
  2. Iklan mana yang memebrikan imbal balik paling tinggi bagi perusahaan?
  3. Apakah ada anggaran, alat, atau sumber daya lain yang tidak kami manfaatkan secara maksimal?

Sementara itu pertanyaan mengenai elemen ancaman bisa berupa:

  1. Apakah ada pesaing potensial yang bisa memasukin pasar?
  2. Apakah pemasok selalu bisa memasok bahan baku yang dibutuhkan di harga yang dibutuhkan?
  3. Apakah perkembangan teknologi di masa depan merupakan ancaman?
  4. Apakah ada perubahan perilaku konsumen yang mengancam ekosistem bisnis?

5 dari 5 halaman

Setelah analisa SWOT selesai, data tersebut kemudian harus segera diubah menjadi strategi nyata. Langkah pertama yakni dengan memaksimalkan kekuatan yang dimiliki untuk memanfaatkan peluang. Selanjutnya, lihat apakah kekuatan bisa emerangi ancaman bisnis. Analisa SWOT adalah suatu alat untuk menghasilkan daftar tindakan yang harus segera dilakukan.

SWOT adalah cara yang bagus banget untuk merumuskan strategi bisnis. Poin pentingnya terletak pada mendiskusikan kelemahan dan kekuatan perusahaan, menentukan peluang dan ancaman dan bertukar pikiran antar bagian dalam perusaahaan. Karena seringnya analisa SWOT mencermintan faktor-faktor yang sebelumnya tidak disadari dan dipikirkan.

 

Beri Komentar