Freepik.com/faceslab
Surat lamaran kerja merupakan salah satu dokumen terpenting yang dibutuhkan dalam melamar suatu pekerjaan. Surat lamaran kerja ini seringkali juga disebut dengan application letter dan juga cover letter. Menurut LinovHR, dalam surat lamaran kerja, terdapat beberapa susunan atau format yang perlu dicantumkan. Beberapa diantaranya, yaitu:
Membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar dapat dimulai dengan hal yang terkecil, misalnya tata bahasa yang digunakan harus formal dan sesuai KBBI. Selain itu, jangan lupa memberikan data diri yang diminta atau yang diperlukan oleh perusahaan.
Sehingga, perusahaan yang akan kita lamar bisa mendapatkan informasi yang cukup tentang siapa diri kita. Berikut merupakan beberapa cara yang dapat kamu lakukan dalam membuat surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar.
Download surat dalam bentuk DOC di sini ya!
Pengalaman kerja dalam suatu bidang tertentu menjadi salah satu penentu perusahaan dalam menentukan siapa saja pekerja yang akan direkrut. Sehingga, salah satu poin penting dari sebuah lamaran kerja adalah pengalaman kerja.
Akan tetapi, bagi kamu yang belum memiliki pengalaman kerja tidak perlu khawatir tidak bisa melamar pekerjaan yang Kamu inginkan. Selagi Kamu dapat meyakinkan bahwa kamu mau dan tertarik untuk belajar, maka apa salahnya mencoba?
Contoh surat lamaran kerjanya bisa kamu lihat di bawah ini ya.
Bisa juga kamu download di sini ya!
Lalu, surat lamaran kerja yang dapat dilirik oleh HRD perusahaan tentunya harus memiliki daya tarik tersendiri dengan memberikan informasi diri dan juga impresi yang menarik di awal. Biasanya, surat lamaran kerja yang menarik berkaitan dengan desain Curriculum Vitae (CV) yang juga menarik.
Hal ini juga seringkali digunakan untuk melamar posisi yang berkaitan dengan pengerjaan kreatif, seperti graphic designer, videographer, dan yang lainnya. Namun, semua pun dapat membuat surat lamaran kerja yang menarik agar dilirik oleh HRD.
Surat lamaran kerja juga nggak melulu menggunakan bantuan dokumen Ms Word kok. Bisa juga kamu membuat surat tersebut dengan format tulis tangan.
Isi dari surat lamaran kerja tulis tangan kurang lebih seperti dengan surat lamaran biasa. Berikut ini adalah contoh yang bisa kamu tiru.
Surat lamaran kerja pada dasarnya hampir memiliki kesamaan secara menyeluruh. Yang membedakan hanyalah biodata dan beberapa detail yang dilampirkan oleh pengirim.
Nah, oleh sebab itu, kamu bisa menggunakan contoh surat lamaran kerja Word ini ya. Tapi kamu nanti harus tetap menyesuaikan beberapa isinya yang bisa kamu edit sendiri sesuai kebutuhan kamu.
Surat lamaran dalam bentuk PDF ini sepertinya cukup jarang dibutuhkan. Tapi kalau memang dibutuhkan kamu bisa membuatnya dengan mudah kok.
Caranya, kamu tetap membuat surat malaran kerja di Word saja. Kamu bisa lihat contohnya di pembahasan di atas. Nah, jika sudah membuat surat sesuai dengan kebutuhan kamu nanti kamu tinggal Save As PDF aja ketika hendak menyimpan dokumen.
Secara umum, penulisan surat lamaran kerja memiliki perbedaan dengan penulisan surat bisnis lainnya. Hal ini karena terdapat dua elemen penting yang harus disertakan oleh pelamar, yaitu surat lamaran kerja dan curiculum vitae.
Surat lamaran kerja mencantumkan niat pelamar untuk bergabung dengan perusahaan atau organisasi, sedangkan curiculum vitae berperan penting sebagai pelengkap yang berisi informasi terkait pendidikan dan keterampilan yang dimiliki oleh pelamar.
Berikut ini untuk struktur surat lamaran yang harus kamu perhatikan:
Nah itu dia berbagai cara membuat surat lamaran pekerjaan yang bisa sobat Diazens coba! Semoga bermanfaat.
Penulis: Ericha D.