© Shutterstock
Mungkin ungkapan di atas sama sepertinya kalimat, 'Jangan jadi orang terlalu baik,'. Saat kita baik kepada orang lain mungkin reaksi pertama mereka adalah mengucapkan terima kasih. Tapi, jangan heran kalau hal ini akan berubah seiring berjalannya waktu. Bisa saja nantinya mereka justru akan meremehkan dan menyepelekan kebaikanmu.
Bukan bermaksud mengajarimu untuk menjadi orang yang jahat dan emosional nih ya, tapi ada beberapa alasan kenapa kamu harus pertimbangkan untuk menjadi orang loyal di kantor.
Nyatanya gak semua orang itu baik. Makanya di zaman sekarang gak boleh jadi orang yang terlalu baik. Takutnya nih kamu bakal dimanfaatin sama banyak orang.
Inget ya, gak semua orang yang kita perlakukan dengan baik akan membalas dengan perbuatan yang baik juga. Sebagian hanya datang kalau butuh saja. Makanya, kamu benar-benar harus mewaspadai hal ini. Kalau enggak, bisa-bisa kebaikan yang sudah kamu perbuat malah bisa merugikan diri sendiri.
Waktu yang seharuskan bisa kamu pergunakan untuk hal lebih bermanfaat, malah kamu gunakan untuk ‘membantu’ urusan tugas orang lain. Selain rugi waktu, kamu juga bakal rugi tenaga. Tenaga yang seharusnya dihabiskan untuk mengerjakan tugasmu sendiri, akhirnya habis untuk mengerjakan tugas milik orang lain.
Sudah bekerja keras tapi merasa kurang dihargai? Perasaan itu wajar, tapi kalau sampai berlebihan sebaiknya kamu intropeksi diri deh.
Bisa jadi kamu terlalu loyal/baik sehingga kamu disepelekan oleh banyak orang, terutama rekan kerjamu sehingga membuatmu gak menghormati lagi. Tapi bukan berarti kamu jadi orang jahat yaa!
Banyak orang yang billang kalau mau jadi seorang pemimpin, kamu harus punya sifat yang seimbang antara baik dan juga tegas. Kalau cuma punya kebaikan tanpa punya ketegasan, tentu saja kamu gak bisa jadi seorang pemimpin.
Nah semoga dengan artikel ini kamu bisa mulai memahami kalau loyal/baik gak selamanya menguntungkan yaaa.