© Shutterstock.com/Dragon Images
Bisnis adalah suatu kegiatan dilakukan oleh perorangan atau kelompok yang melingkupi aktivitas jual-beli, untuk mendapatkan laba.
Kata “bisnis” sendiri berasal dari bahasa Inggris, yaitu “business” yang artinya kesibukan. Maksudnya adalah melakukan suatu aktivitas atau pekerjaan yang memberikan keuntungan pada seseorang.
Adapun pengertian bisnis menurut para ahli, yaitu:
Menurut L.R. Dickese, Bisnis adalah aktivitas yang memiliki tujuan utama untuk mendapatkan keuntungan bagi yang menjalankannya atau yang berkepentingan.
Sedangkan menurut Mc Naughton, Bisnis adalah pertukaran barang, uang, atau jasa untuk mendapatkan keuntungan bagi pihak-pihak yang terlibat.
Nah, untuk mengenal lebih jelas tentang bisnis, berikut pejelasannya yang dilansir dari berbagai sumber.
Dalam dunia bisnis, tentu ada hal penting yang sangat diperlukan untuk membantu mengelola serta menjalankannya, yaitu etika.
Etika bisnis adalah cara yang dilakukan seseorang untuk melakukan kegiatan bisnis yang mencakup seluruh aspek yang berkaitan dengan perusahaan, dan masyarakat.
Sementara itu, menurut Sonny Keraf (1998), ada empat prinsip yang bisa dijadikan sebagai pedoman dalam menjalankan etika bisnis adalah sebagai berikut:
1. Prinsip Kejujuran
Prinsip ini mengedepankan kepatuhan dalam melaksanakan komitmen serta perjanjian yang sudah disepakati.
2. Prinsip Otonomi
Prinsip ini menanamkan kesadaran dalam menjalankan bisnis memerlukan win-win solution, di mana setiap keputusan dan tindakan bisnis yang dilakukan harus diusahakan supaya semua pihak merasa diuntungkan.
3. Prinsip Keadilan
Dalam prinsip ini tertanam sikap untuk memperlakukan semua pihak dengan adil, yakni tidak membedakan siapa pun dari berbagai aspek.
4. Prinsip Integritas Moral
Prinsip ini dilandasi oleh kesadaran bahwa setiap orang harus dihormati, baik harkat dan martabatnya.
Jadi, etika bisnis adalah pengetahuan mengenai tata cara yang ideal terhadap pengelolaan dan pengaturan bisnis yang harus memperhatikan moralitas dan norma yang dikenali secara universal.
Namun, bukan hanya etika saja yang dibutuhkan dalam dunia bisnis, proses bisnis pun juga perlu kamu pahami.
Proses bisnis adalah serangkaian instrumen untuk mengorganisir suatu kegiatan dan untuk meningkatkan pemahaman atas keterkaitan suatu kegiatan.
Menurut Hammer dan Champy dalam Weske (2007), proses bisnis adalah sekumpulan kegiatan yang mengambil salah satu atau banyak masukan dan menciptakan sebuah keluaran yang berguna bagi pelanggan.
Selain itu, proses bisnis juga dipecah menjadi beberapa subproses yang masing-masing memiliki atribut sendiri tetapi juga berkontribusi untuk mencapai tujuan dari superprosesnya.
Sehingga dalam analisis proses bisnis adalah pada umumnya melibatkan pemetaan sebuah proses dan subproses di dalam sampai dengan tingkatan kegiatan atau aktivitas.
Untuk memulai sebuah bisnis tentu membutuhkan perencanaan yang matang. Oleh sebab itu kamu harus paham lebih dulu tentang bisnis plan atau rencana bisnis.
Rencana adalah strategi tertulis yang menjelaskan tentang bagaimana suatu kegiatan bisnis dilakukan supaya tujuan yang telah ditetapkan dapat dicapai.
Sehingga, dalam menyusun bisnis plan, kamu harus menetapkan target yang realistis dan terukur, dengan begitu bisnis yang kamu bangun dapat dijalankan dengan baik.
Adapun dasar-dasar yang perlu kamu lakukan dalam membuat rencana bisnis adalah sebagai berikut:
- Ringkasan Singkat
- Latar Belakang Bisnis
- Analisis Produksi Bisnis
- Analisis Tenaga Kerja
- Analisis Pemasaran dan Distribusi
- Analisis Keuangan dan Pengembalian Modal
- Rencana Ekspansi dan Pengembangan Bisnis
- Analisis Risiko Bisnis
Pengertian komunikasi bisnis adalah pertukaran ide, pesan, dan konsep yang berhubungan sehingga didapatkan pemahaman yang mencapai target perusahaan.
Pentingnya komunikasi bisnis adalah terletak pada penyajian perencanaan dan proposal bisnis, membuat keputusan, pencapaian kesepakatan, pengiriman dan pemenuhan pesanan dalam berbisnis hingga kesuksesan penjualan.
Menurut Philip Philip Kolter, komunikasi bisnis adalah suatu kegiatan manusia yang ditujukan untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan melalui peroses pertukaran.
Adapun tiga tujuan utama dilakukannya komunikasi di dalam bisnis adalah, Informasi (Informing), Persuasi (Persuading), dan Melakukan Kolaborasi (Collaborating) dengan pelanggan.
Sedangkan, komunikasi bisnis umumnya dilakukan dengan dua cara, yaitu secara verbal dan non verbal.
Intinya, bisnis adalah kegiatan yang dilakukan oleh seseorang atau kelompok yang melibatkan proses jual-beli, atau pertukaran barang dengan tujuan untuk menghasilkan keuntungan.