Pengertian Kinerja Karyawan Menurut Para Ahli

Reporter : Novi Hardita Larasati
Sabtu, 6 Juni 2020 10:14
Pengertian Kinerja Karyawan Menurut Para Ahli
Pengertian kinerja adalah hasil kerja yang dicapai seseorang dalam menyelesaikan tanggung jawabnya.

Pengertian Kinerja adalah tingkat keberhasilan seseorang secara keseluruhan selama menjalankan tugas di periode tertentu.

Setiap organisasi atau perusahaan, tentu sangat memperhatikan kinerja para SDM untuk menentukan penilaian dalam suatu target yang telah ditentukan.

Sebab, pada saat yang bersamaan para karyawan pun juga memerlukan umpan balik atas hasil kerja mereka di masa yang akan datang.

Nah, agar kamu lebih memahami pengertian kinerja, langsung saja merujuk pada pendapat para ahli berikut ini yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

1 dari 5 halaman

Pengertian Kinerja Menurut Para Ahli

Pengertian Kinerja

Secara umum, pengertian kinerja ialah suatu prestasi kerja seseorang berdasarkan kuantitas dan kualitas yang telah disepakati bersama.

Adapun beberapa pengertian menurut para ahli berikut ini untuk memperluas wawasanmu tentang kinerja.

1. Stolovitch and Keeps (1992)

Kinerja ialah hasil yang dicapai seseorang pada tindakan pencapaian serta pelaksanaan sesuatu pekerjaan yang diminta.

2. Paul Hersey and Kenneth Blanchard

Sedangkan menurut Hersey dan Blanchard, definisi kinerja adalah motivasi dan kemampuan seseorang dalam menyelesaikan tugasnya.

2 dari 5 halaman

3. Mangkunagara (2002:22)

Definisi kinerja ialah hasil kerja baik yang dicapai oleh seseorang dalam menyelesaikan tanggung jawabnya.

4. Donnelly, Gibson and Ivancevich (1994)

Pengertian kinerja merujuk pada tingkat keberhasilan dalam menyelesaikan tugas, serta mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

5. Schermerhorn, Hunt and Osborn (1991)

Definisi kinerja artinya kualitas dan kuantitas dari pencapaian tugas-tugas, baik yang dilakukan oleh individu, kelompok maupun lembaga.

3 dari 5 halaman

Kinerja Keuangan adalah

Pengertian Kinerja

Setelah memahami tentang pengertian kinerja, kali ini kamu juga harus mengetahui definisi dari kinerja keuangan.

Kinerja keuangan adalah gambaran kondisi keuangan suatu lembaga atau organisasi yang mencerminkan aturan pelaksanaan keuangan dengan baik dan benar.

Bagi investor, informasi tentang kinerja keuangan perusahaan ini digunakan untuk melihat pertahanan investasi mereka di perusahaan tersebut atau malah mencari alternatif lain.

Sebab, dengan nilai usaha yang naik atau tinggi ini akan membuat para investor melirik perusahaan tersebut untuk menanamkan modalnya, dan akan terjadi kenaikan pada harga saham.

Untuk itu kesimpulan dari kinerja keuangan adalah tolok ukur yang dilakukan perusahaan untuk mengevaluasi efisien dan efektivitas dari aktivitasnya.

4 dari 5 halaman

Pengertian Kinerja Karyawan

Pengertian Kinerja

Pengertian kinerja karyawan adalah sekelompok orang dalam suatu organisasi yang telah menyelesaikan kekuasaan dan tanggung jawabnya masing-masing.

Sebab pada dasarnya, setiap lembaga atau perusahaan tentu membutuhkan karyawan sebagai tenaga kerja untuk meningkatkan produk dan layanan yang berkualitas.

Sehingga karyawan dianggap sebagai aset perusahaan yang penting dalam memberikan kontribusi kepada perusahaan untuk memperoleh kinerja yang baik.

Untuk itu ada beberapa faktor yang harus diperhatikan dalam penilaian kinerja karyawan yakni, kuantitas dan kualitas kerja, membuat perencanaan kegiatan, dan pemahaman tentang pekerjaan.

Tujuan utama dari pengukuran kinerja ialah untuk memotivasi karyawan dalam mencapai tujuan serta mematuhi standar perilaku yang telah ditentukan untuk mencapai hasil yang diinginkan.

5 dari 5 halaman

Pengertian Kinerja Karyawan Menurut Para Ahli

Pengertian Kinerja

Adapun menurut para ahli dalam mendefinisikan dari kinerja karyawan, seperti berikut ini:

1.  Sedarmayanti (2011:260)

Kinerja karyawan adalah hasil kerja seseorang secara keseluruhan yang ditunjukkan dengan bukti secara konkrit.

2. Wibowo (2010 : 7)

Sedangkan menurut Wibowo, kinerja karyawan merupakan hasil yang dicapai seseorang dari pekerjaannya tersebut.

3. Mangkuprawira dan Hubeis (2007: 153)

Pengertian kinerja karyawan ialah hasil dari proses pekerjaan tertentu yang dilakukan secara berencana.

Beri Komentar