© Pexels.com/@fauxels
Secara umum, pengertian perencanaan ialah suatu proses untuk menentukan hal-hal yang ingin dicapai dan diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut.
Namun ada juga yang mendefinisikan perencanaan sebagai proses dasar manajemen untuk menentukan tujuan serta langkah-langkah yang harus dilaksankan agar tujuan tersebut bisa dicapai.
Sehingga tujuan dari perencanaan pada suatu organisasi ataupun kelompok adalah untuk menghindarkan kesalahan yang mungkin terjadi, memuat standar dalam memudahkan pelaksaan pengawasan, serta membuat pelaksanaan tugas menjadi tepat dan terorganisir dengan baik.
Nah, untuk lebih jelasnya langsung saja simak ulasan di bawah ini yang telah kami lansir dari berbagai sumber.
Merujuk dari penjelasan di atas dan menambah wawasan kalian, untuk itu berikut pengertian perencanaan menurut para ahli:
Perencanaan yaitu sebuah proses dari suatu pengkajian, untuk membuat tujuan, sasaran, mengimplementasikan dan juga mengevauasi.
Menurut Alder, pengertian perencanaan ialah semua proses untuk menentukan apa yang ingin dicapai di masa depan dan juga menetapkan tahapan-tahapan yang diperlukan dalam mencapainya.
Perencanaan merupakan suatu proses penentuan tujuan organisasi yang kemudian menyajikannya dengan strategi untuk bisa mencapai tujuan tersebut secara menyeluruh.
Handayaningrat berpendapat bahwa perencanaan adalah proses yang diperlukan dalam kegiatan pada masa yg akan datang, yang di fokuskan kepada pencapaian tujuan melalui penggunaan saran yg tersedia.
Sedangkan menurut Steiner, pengertian perencanaan ialah kumpulan dari proses yang dimulai dengan kebijakan, batasan strategi, serta rencana yang terperinci untuk mencapainya untuk menerapkan suatu keputusan terhadap perencanaan yang baru.
Pengertian perencanaan pembelajaran ialah kegiatan memproyeksikan tindakan apa yang akan dilaksanakan dalam suatu proses belajar mengajar.
Sehingga dalam perencanaan pembelajaran, ada 4 unsur yang harus dipahami, yakni:
1. Tujuan yang harus dicapai
2. Adanya strategi untuk mencapai tujuan
3. Sumber daya yang mendukung untuk mencapai tujuan tersebut
4. evaluasi atau implementasi setiap keputusan
Dengan begitu, tujuannya akan mendorong terjadinya perubahan peranan guru dalam mengelola proses belajar mengajar, dari guru sebagai sumber belajar menjadi guru sebagai fasilitator dalam belajar mengajar.
Pengertian perencanaan usaha ialah proses penentuan visi, misi, tujuan, strategi, prosedur, kebijakan, dan anggaran yang diperlukan untuk menjalankan suatu bisnis tertentu.
Sehingga tujuan adanya perencanaan usaha dalam suatu bisnis ialah untuk membantu mengembangkan wirausaha seseorang, serta bisa menetapkan target jangka panjang dan jangka pendek dari bisnis baru yang diinginkannya.
Untuk itu, adapun langkah-langkah dalam perencanaan usaha ialah sebagai berikut:
1. Analisis pasar
2. Menghitung biaya produksi
3. Mencari informasi terkait harga sarana produksi
4. Menghitung pendapatan dan hasil usaha
Bagi seorang pebisnis dalam menentukan bisnisnya di masa depan, tentu memiliki strategi ataupun perencanaan bisnis yang baik.
Sebab, perencanaan bisnis adalah pernyataan tertulis yang menggambarkan suatu produk atau layanan dalam bisnis yang kamu dirikan untuk masa depan.
Selain itu, manfaat dari adanya perencanaan bisnis ialah untuk memberikan informasi yang dibutuhkan pemilik bisnis atau pimpinan perusahaan untuk mencapai tujuan tersebut.
Intinya, pengertian perencanaan bisnis ialah dokumen tertulis tentang masa depan bisnis, yang direncanakan untuk melakukan rencana bisnis dengan strategis.