© Shutterstock
Pandemi virus Corona (Covid-19) telah mengajarkan kita tentang banyak hal, termasuk bahwa tidak ada hal yang pasti. Kita tidak bisa melihat masa depan dengan deengan jelas, termasuk untuk urusan bisnis dan penjualan.
Lalu bagaimana menentukan taktik penjualan yang tepat dalam realitas pandemi ini?
Melansir Entrepreneur, ada beberapa tips penting yang perlu kamu catat tentang berjualan dari para ahli untuk mempersiapkan strategi tahun depan. Langsung aja yuk simak artikel di bawah!
Berinvestasi dalam perangkat lunak bisa sangat memusingkan, tapi hasil akhirnya bisa membuat bisnis lebih efisien. Jika kamu meng-otomatiskan proses penjualan biasa, hal itu menciptakan lebih banyak waktu bagi tim penjualan untuk fokus pada hal yang penting, misalnya membangun hubungan dengan pelanggan.
Pemimpin penjualan yang sukses adalah yang bisa merangkul empati serta memberikan teknik pelatihan yang dipersonalisasi dan terperinci untuk membantu tim kembali ke jalur yang benar dan percaya diri.
Dengan berbagai cara, Covid-19 tak bisa dipungkiri terus memengaruhi perekonomian kita. Oleh karena itu setiap industri bisnis perlu mempelajari beberapa keterampilan baru, salah satunya media sosial.
Pra-pandemi, strategi mengirim email pemasaran layaknya menyebarkan jaring tidak pernah berhasil, dan sudah pasti tidak berhasil sekarang.
Tapi jangan menyerah hanya dengan mengirim 1.000 email. Sebaliknya, kirimkanlah beberapa email per pekan dengan solusi yang sangat spesifik dan kuat untuk menarik perhatian prospek terbaikmu.
Tim pemasaran dan penjualan biasanya bekerja secara independen untuk mendorong pendapatan. Tapi, selama pandemi global, sebaiknya kedua departemen ini harus berfungsi sebagai satu kesatuan untuk membuat rencana yang sesuai dengan tujuan bisnis secara keseluruhan.
Kedua tim harus terintegrasi sepenuhnya untuk berhasil. Untuk mengintegrasikan kedua tim ini, bisnis perlu melihat dan menyusunnya sebagai satu organisasi.
Karena acara virtual menggantikan pengalaman penjualan langsung, perusahaan harus melibatkan pelanggan prospek secara online dengan strategi efektif.
Pandemi jelas memengaruhi setiap industri dengan cara yang berbeda. Jadi, ajukan pertanyaan ke pelangganmu tentang bagaimana pandemi telah merubah hidup mereka. Kamu nantinya bisa menggunakan informasi ini untuk menyusun solusi yang disesuaikan dengan kebutuhan spesifik.
Sampai saat ini, yang harus kamu lakukan hanyalah membangun strategi penjangkauan yang secara sistematis terhubung dengan prospek pelanggan di berbagai saluran untuk membantu bisnismu menonjol dari yang lain.
Sekarang terhubung dengan prospek-mu di berbagai saluran tidak lagi menjadi pembeda, tapi menjadi persyaratan dan akan menjadi strategi pertahanan utama, bahkan untuk bisnis yang lebih kecil.
Biasanya, banyak tim penjual menempati area kantor yang sama, menawarkan kesempatan untuk belajar satu sama lain secara organik. Jadi, tidak ada salahnya untuk meluangkan waktu terhubung dengan sesama staf penjualan untuk saling mengangkat secara moral dan berbagi kesuksesan satu sama lain.
Semoga tips-tips di atas bermanfaat ya!