12 Jenis Bunga Melati Terindah, Punya Daya Pikat Tersendiri Tanpa Diragukan Lagi

Reporter : Zaki
Minggu, 12 Juli 2020 04:17
12 Jenis Bunga Melati Terindah, Punya Daya Pikat Tersendiri Tanpa Diragukan Lagi
Tengok lebih jauh tentang keindahan mereka yuk!

Ada beberapa bunga yang dikenal punya kekuatan mistis, salah satunya jenis bunga melati. Aroma bunga yang satu ini sanggup bikin bulu kuduk berdiri saat tiba-tiba tercium di hari-hari tertentu. Bahkan, ada juga yang menikmatinya secara mentah-mentah karena dianggap mampu meningkatkan daya tarik di depan orang yang disukai.

Walau kental dengan nuansa horor, bunga yang berasal dari Himalaya ini sebenarnya kaya makna baik. Mulai dari simbol harapan dalam agama Hindu hingga melambangkan cinta dan kesederhanaan yang menjadi bagian dari tradisi pernikahan di tanah air. Bunga bernama ilmiah Jasminum officinale ini pun banyak ditanam karena bikin kebun jadi terlihat indah dan menyebarkan aroma yang harum.

Dari 200 spesies yang sudah ditemukan, beberapa jenis bunga melati ini dikenal sebagai yang tercantik, apa saja sih?

1 dari 12 halaman

Night Blooming Jasmine

Sesuai namanya, jenis bunga melati ini mekar di malam hari dan menyebarkan aroma yang sangat kuat, hingga terkadang memicu alergi pada orang-orang yang sensitif. Bunga bernama ilmiah Cestrum nocturnum ini mudah dibedakan berkat daunnya yang oval dengan warna hijau gelap dan mengkilap.

Kelopak bunganya berwarna putih kehijauan dengan bentuk mirip bintang dan bergerombol. Perawatan tanaman bunga melati ini cukup mudah karena tahan paparan sinar matahari dan penyiraman yang cukup.

2 dari 12 halaman

Arabian Jasmine

Jenis bunga melati ini punya nama lain Sampaguita dan menjadi bunga nasional Filipina dan Indonesia. Tumbuh di India dan Asia Tenggara, tanaman ini memiliki bentuk semak yang merambat dan dapat tumbuh hingga 3 meter panjangnya.

Bunga bernama latin Jasminum sambac ini memiliki aroma khas yang mekar selama 24 jam. Bunganya yang berbentuk bintang dengan warna putih polos ini pun banyak dimanfaatkan sebagai campuran teh atau mempercantik rangkaian bunga.

3 dari 12 halaman

Angel Wing Jasmine

Berbeda dari jenis bunga melati lainnya, bunga yang berasal dari Kepulauan Papua Nugini ini memiliki kelopak bunga yang besar, berwarna putih dengan bagian bawah berwarna ungu. Punya nama lain shining jasmine, tanaman bunga berbentuk semak ini dapat tumbuh subur dengan paparan sinar matahari di pagi hari dan berada di bawah bayangan saat siang hari. aromanya yang harum, cocok banget ditanam di antara semak-semak yang ada di teras rumah.

4 dari 12 halaman

Italian Jasmine

Walau namanya mengandung salah satu negara di Eropa, nyatanya jenis bunga melati ini asli tumbuh di Asia. Dikenal juga sebagai melati kuning, tanaman nerupa semak ini jadi favorit banyak orang karena mudah dirawat dan hanya butuh sedikit perhatian.

Memiliki daun hijau mengkilap, bunganya sendiri berwarna kuning cerah dan punya aroma yang harum. Nikmati keindahan bunga dan keharumannya karena periode mekarnya bisa sangat panjang.

5 dari 12 halaman

Pink Jasmine

Tampilan jenis bunga melati ini super cantik, berkat kelopak bunganya yang berwarna putih dengan semburat warna pink yang halus. Dapat tumbuh dengan cepat hingga setinggi 7 meter, bunga bernama latin Jasminum polyanthum ini merambat di atas terali. Selain punya kelopak bunga yang menawan, aromanya pun dikenal harum banget. Berasa ada aroma parfum di rumah!

6 dari 12 halaman

Primrose Jasmine

Kalau jenis bunga melati biasanya identik dengan warna putih bersih, primrose jasmine ini justru tampil menonjol dengan kelopak berukuran besar berwarna kuning. Tumbuh dari tanaman semak berukuran besar, bunga bernama latin Jasminum mesnyi ini cukup toleran pada kekeringan, sehingga cocok buat kamu yang nggak punya banyak waktu untuk berkebun. Selain butuh penyiraman yang jarang, tanaman asli Cina Selatan dan Vietnam ini perlu pemangkasan agar nggak terlalu lebat.

7 dari 12 halaman

Royal Jasmine

Jenis bunga melati asli dari Thailand ini bisa jadi pilihan cantik untuk menutupi pagar atau teralis. Mampu tumbuh hingga 3 meter, ukurannya yang lebih kecil mampu menghasilkan bunga berwarna putih. Aromanya pun bisa tercium hampir sepanjang tahun, asal mendapatkan perawatan yang tepat seperti mendapatkan sinar matahari yang cukup dan dipupuk.

8 dari 12 halaman

Cape Jasmine

Kalau mencari tanaman bunga yang tahan banting, jenis bunga melati yang satu ini bisa jadi pilihan terbaik. Populer berkat bunga berwarna krem dengan aroma surgawi, bunga bernama latin Gardenia jasminoides ini berasal dari Jepang, Cina dan India.

Uniknya, tanamn hias yang indah ini awalnya mekar dengan kelopak berwarna putih namun seiring pertambahan waktu akan berubah menjadi kuning. Daun berwarna hijau tua dan permukaannya mengkilap ini menambah kecantikan tanaman bunga. Selain butuh penyiraman yang cukup, bunga melati ini hanya perlu sinar matahari dan suhu sedang untuk dapat tumbuh dengan subur.

9 dari 12 halaman

Winter Jasmine

Sesuai dengan namanya, jenis bunga melati ini dapat tumbuh di daerah yang lebih dingin. Dapat tumbuh hingga lebih dari 4,5 meter, bunga melati yang juga sebagai Hardy Jasmine ini berasal dari Cina. Nggak memerlukan perawatan khusus, hanya perhatikan media yang lembap dan mendapatkan paparan sinar matahari yang cukup, untuk membantunya tumbuh dengan subur.

10 dari 12 halaman

Jasminum X Stephanense

Jenis bunga melati berwarna merah muda yang unik ini berasal dari Cina dan merupakan persilangan antara Jasmine beesianum dan Jasmine officinale. Pohon kayunya dilapisi dengan banyak bunga berkelopak kecil berwarna pink.

Batangnya yang panjang dan hijau memiliki dedaunan hijau berbentuk oval dan krem, yang membuat tanaman ini tampak semakin indah. Selain menjadikan kebun tampak indah, bunga melati yang satu ini pun jadi pilihan sempurna sebagai bunga potong.

11 dari 12 halaman

Jasminum nudiflorum

Ini adalah varian jenis bunga melati berwarna kuning cerah yang bisa tumbuh hingga 3 meter. Memiliki tunas hijau melengkung, bunganya mekar secara bergerombol dan berbentuk corong.

Bukan hanya bentuk bunganya saja yang unik, wangi bunga melati ini sangat ringan sehingga cocok buat kamu yang nggak terlalu suka wewangian. Kalau ingin memelihara bunga melati cantik ini, perhatikan tanahnya yang rutin dipupuk, disiram dengan cukup dan mendapatkan porsi sinar matahari yang baik.

12 dari 12 halaman

Gardenia Jasminoides Veitchii

Penampilan jenis bunga melati yang satu ini bakal memukau siapa saja yang melihatnya. Lebih sering disebut dengan Veitchii, kelopak bunga yang saling bertumpuk ini sering dijadikan bunga potong untuk membuat buket atau dekorasi bunga.

Aromanya yang manis menyeruak dari daun-daun runcing mengkilap dan berwarna hijau gelap. Tanaman bunga yang satu ini cocok ditanam di rumah karena nggak perlu banyak perawatan. cukup lakukan pemangkasan secara rutin untuk menghindari terjadinya pembusukan. Pssst, siap-siap kedatangan lebah dan kupu-kupu yang tertarik dengan aroma uniknya!

Ada berbagai jenis bunga melati yang bisa membius siapa saja dengan kecantikan bentuk bunga dan tentunya aroma harumnya. mau mencoba menanamnya di rumah? (eth)

Beri Komentar