15 Manfaat Gas Alam Bagi Kehidupan Manusia, Sebagai Pengolahan Kertas hingga Energi Alternatif

Reporter : Novi Hardita Larasati
Rabu, 17 Maret 2021 12:35
15 Manfaat Gas Alam Bagi Kehidupan Manusia, Sebagai Pengolahan Kertas hingga Energi Alternatif
Inilah manfaat gas alam bagi kehidupan manusia yang perlu kamu ketahui.

Seperti yang diketahui, bumi merupakan salah satu planet di dalam tata surya yang memiliki kehidupan di dalamnya meski permukaannya tidak rata. Hal ini karena adanya dua tenaga yang membentuk bumi, yakni tenaga endogen serta tenaga eksogen.

Tenaga endogen ialah tenaga yang berasal dari dalam bumi. Sementara, tenaga eksogen yaitu tenaga yang berasal dari luar bumi. Nah, akibat dari kedua tenaga teesebut, permukaan bumi pun mengalami retakan.

Namun, retakan ini berguna untuk manusia karena pada retakan bumi tersimpan kantong-kantong yang menyimpan cadangan gas alam serta minyak bumi. Bahkan, gas alam juga memiliki beragam manfaat bagi manusia, lho.

Penasaran apa saja manfaat gas alam bagi manusia? Langsung saja simak ulasan berikut ini yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Apa Manfaat Gas Alam?

Manfaat Gas Alam

Sebelum membahas mengenai manfaat gas alam, yuk kita ulas sedikit apa itu gas alam. Gas alam merupakan gas yang dikeluarkan oleh bumi dan biasanya ada bersamaan bersamaan dengan minyak bumi.

Nah, gas alam dan minyak bumi ini menjadi salah satu sumber data alam yang tidak dapat diperbaharui karena sumber daya ini membutuhkan waktu ratusan tahun dalam proses pembentukannya.

Lantas, apa manfaat gas alam bagi kehidupan manusia? Berikut diantaranya:

1. Sebagai Bahan Bakar Kendaraan

Manfaat gas alam bagi kehidupan manusia yang pertama ialah digunakan sebagai bahan bakar alternatif untuk menggantikan bensin serta solar. Selain itu, gas alam pun dianggap sebagai energi lingkungan alternatif sebab tidak menghasilkan emisi berbahaya.

Oleh karena itu, bahan bakar diesel diimpor di Indonesia, karena kendaraan pertama yang menggunakan diesel di Indonesia yaitu perusahaan yang berbasis di Jakarta.

2. Sumber Energi Alternatif di Rumah

Selain sebagai bahan bakar kendaraan, manfaat gas alam bagi kehidupan manusia juga dapat dijadikan sebagai sumber energi alternatif di rumah, lho. Sehingga, dengan menggunakan gas alam sebagai energi, biaya listrik bisa dikurangi di rumah deh.

3. Sebagai Pembangkit Listrik

Untuk pemanfaatan gas alam yang satu ini, tentu kamu sudah tidak asing lagi. Ya, manfaat gas alam bagi kehidupan manusia bisa digunakan sebagai pembangkit listrik. Menariknya lagi, gas bumi ini dianggap sebagai energi alternatif untuk menggantikan air atau angin sebagai pembangkit listrik, lho.

2 dari 4 halaman

4. Bahan Baku Industri Plastik

ilustrasi plastik di pasar

DiaZens, kalian tahu nggak sih ternyata manfaat gas alam juga dapat digunakan sebagai bahan baku industri plastik, lho. Bahkan tak hanya plastik saja, ada banyak industri lain yang menggunakan gas alam sebagai bahan baku seperti industri mesin api dan industri pengolahan baja.

5. Energi Alternatif

Manfaat gas alam pun bisa dipakai sebagai energi alternatif yang ramah lingkungan. Ya, dengan memakai energi yang ramah lingkungan, hal ini diharapkan mampu mengurangi efek dari rumah kaca.

Sebab, gas alam tidak mengeluarkan bahan buangan yang mencemarkan lingkungan. Akan tetapi karena dalam bentuk gas, pengolahan menjadi lebih sulit dari pada mengolah minyak bumi.

6. Industri Rekayasa Hujan

Ohiya, manfaat gas alam juga dianggap mampu merekayasa hujan lho, guys. Caranya cukup dengan menaburkan karbon dioksiada ke awan guna memancing awan hujan. Sehingga, hal ini sangat berguna di saat suatu daerah terkena musim kemarau yang panjang. Selain itu, merekayasa hujan juga berguna pada daerah yang rawan dengan kebakaran hutan nih.

7. Pengolahan Kertas

Kalian percaya nggak, kalau ternyata manfaat gas alam bagi kehidupan manusia juga di pakai pada pada pengolahan tissue dan kertas. Namun, pada pengolahannya, gas alam tidak di pakai sebagai bahan bakar tetapi sebagai sumber energi untuk menyalakan mesin.

Hal ini dikarenakan gas alam merupakan bahan bakar yang ramah lingkungan sehingga dapat dipakai sebagai energi alternatif pengganti minyak bumi serta batu bara.

3 dari 4 halaman

8. Bahan Baku Industri Pupuk

Ilustrasi Pupuk Kompos

Seperti yang diketahui, pupuk sintetis ialah pupuk yang dibuat dengan mencampurkan berbagai bahan kimia. Sehingga, proses produksi pupuk sintetis menggunakan gas alam sebagai bahan bakunya. Tapi, kalau digunakan terlalu sering, pupuk buatan justru akan merusak tanah dan mengurangi kesuburan tanah.

9. Bahan Baku Komoditi

Gas alam ialah salah satu produk minyak bumi yang paling dicari selain minyak dan batubara. Bahkan, gas alam dan minyak merupakan dua sumber daya alam yang bisa diperoleh di lokasi yang sama. Dengan begitu, manfaat gas alam dalam penjualan dianggap sebagai aset yang menguntungkan.

10. Sebagai Energi Ramah Lingkungan

Manfaat gas alam bagi kehidupan manusia yang selanjutnya yaitu sebagai energi ramah lingkungan. Sebab, gas alam yakni salah satu energi ramah lingkungan yang bisa menghasilkan energi sebanyak batubara dan minyak. Hanya saja gas alam tidak mengeluarkan limbah berbahaya.

Maka dari itu, penggunaan gas alam dianggap cocok untuk membersihkan udara yang tercemar yang disebabkan oleh minyak dan batubara.

11. Sebagai Dry Ice

Dry ice ialah es kering yang kerap dipakai sebagai upa dalam sebuah pertunjukkan. Namun, es kering juga sering dipakai sebagai pengawet makanan. Nah, untuk membuat es kering, maka dibutuhkan gas alam sebagai bahan baku supaya es menjadi kering dan tidak mudah mencair.

4 dari 4 halaman

12. Pemberi Lapangan Kerja

Ilustrasi Interview Kerja

Ternyata manfaat gas alam dalam dunia industri juga mampu memberikan lapangan lerja bagi banyak orang, lho. Hal ini karena dibutuhkan banyak orang dalam pengeboran minyak bumi serta gas alam. Selain itu, dalam proses pembersihan dan pengepakan pun membutuhkan banyak sumber daya manusia.

13. Salah Satu Sumber Pendapatan Negara

Sebagai informasi, sumber daya alam yang tidak bisa diperbaharui seperti gas alam, batu bara dan  minyak bumi merupakan salah satu sumber pendapatan negara. Misalnya di Indonesia, pajak penjualan dari gas alam menjadi satu diantara sumber pendapatan negara. Hal ini disebabkan gas alam menjadi bahan mentah yang memiliki nilai jual cukup tinggi.

14. PLTU

Ini dia salah satu manfaat gas alam bagi kehidupan manusia adalah sebagai pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) yang ramah lingkungan. Bahkan, gas alam bisa menjadi pembangkit listrik yang bersih, dan lebih baik dari pada minyak bumi serta batubara.

15. Sebagai Bahan Penelitian

Banyak sekali fungsi gas alam yang belum ditemukan. Maka dari itu, keberadaan gas alam masih diuji untuk kemajuan teknis serta pencarian energi alternatif yang ramah lingkungan dan tidak mengeluarkan zat yang berbahaya.

Itulah deretan Manfaat gas alam bagi kehidupan manusia. Semoga ulasan di atas dapat menambah wawasan kamu ya, DiaZens.

Beri Komentar