7 Manfaat Silaturahmi dalam Islam yang Wajib Diketahui Setiap Muslim

Reporter : Novi Hardita Larasati
Rabu, 10 Maret 2021 12:46
7 Manfaat Silaturahmi dalam Islam yang Wajib Diketahui Setiap Muslim
Tak hanya sekedar bertemu sapa dan salam-salaman, ternyata manfaat silaturahmi juga baik untuk kesehatan.

Menyambung tali silaturahmi bisa dilakukan oleh siapa saja dan kapan saja. Namun, momen silaturahmi biasanya sangat terasa kuat bagi umat muslim di hari lebaran. Sebab, silaturahmi merupakan salah satu amalan umat Islam untuk menyambung tali persaudaraan.

Bahkan, manfaat silaturahmi juga berdampak baik bagi kesehatan tubuh lho, guys. Pasalnya, banyak rumor yang mengatakan jika minim sosialisasi justru bisa menyebabkan depresi!

Lalu, apa saja manfaat silaturahmi dalam Islam yang perlu diketahui setiap muslim? Langsung saja simak ulasan berikut ini yang telah dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 3 halaman

Manfaat Silaturahmi dalam Islam

Manfaat Silaturahmi

Hendaknya setiap umat muslim senantiasa menjalin silaturahmi dengan sanak keluarga ataupun kerabat. Sebab, silaturahmi menjadi salah satu cara ibadah yang dianjurkan langsung dari Allah. Oleh karena itu, berikut manfaat silaturahmi dalam Islam yang perlu diketahui.

1. Dijauhkan dari Neraka

Manfaat silaturahmi dalam Islam yang pertama adalah dijauhkan dari neraka. Ya, seseorang muslim yang menjalin kembali tali silaturahmi maka ia akan dijauhkan dari neraka. Sebagaimana dalam salah satu hadis di bawah ini, yang artinya:

“ Engkau menyembah Allah SWT dan tidak menyekutukan sesuatu dengan-Nya, mendirikan salat, menunaikan zakat, dan menyambung tali silaturahmi.” (HR Bukhari dan Muslim).

2. Menjaga Kerukunan dan Tali Persaudaraan

Mungkin, manfaat silaturahmi menurut Islam yang satu ini sudah cukup banyak diketahui. Sebab, hal ini tak terlepas dari ajaran agama Islam yang memerintahkan umat muslim untuk bersilaturahmi dan menjaga tali persaudaraan.

Sehingga dengan bersilaturahmi, permasalahan atau ketegangan antara keluarga bisa segera terselesaikan dan menjadi pembuka jalan keluar atau solusi dari masalah yang tengah kamu hadapi.

2 dari 3 halaman

3. Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT

Ilustrasi Berdoa

Selain menjaga kerukunan, manfaat silaturahmi dalam Islam juga menjadi salah satu sarana seseorang untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Sebab, saat kamu mau menyambung tali silaturahmi dan memperlakukan manusia dengan baik, berarti kamu telah menjalankan perintah Allah SWT.

Bahkan, dalam hadis yang diriwayatkan dari Abu Hurairah ra ia berkata sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda:

" Sesungguhnya Allah swt menciptakan makhluk, hingga apabila Dia selesai dari (menciptakan) mereka, rahim berdiri seraya berkata: ini adalah kedudukan orang yang berlindung dengan-Mu dari memutuskan. Dia berfirman: “ Benar, apakah engkau ridha jika Aku menyambung orang yang menyambung engkau dan memutuskan orang yang memutuskan engkau?” Ia menjawab: iya. Dia berfirman: “ Itulah untukmu.”

4. Diluaskan Rezekinya dan Dipanjangkan Umurnya

“ Barangsiapa yang ingin diluaskan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, maka sambunglah tali silaturahmi” (HR. Bukhari – Muslim).

Ya, hadist tersebut secara tidak langsung menjelaskan bahwa manfaat silaturahmi bagi kehidupan bermasyarakat pun memiliki keutamaan untuk mendapatkan rezeki yang lebih luas. Selain itu silaturahmi merupakan amalan yang memiliki nilai pahala besar.

Ohiya, menjaga dan memperkuat silaturahmi yang dilakukan oleh setiap muslim bukan hanya bermanfaat di dunia saja, namun juga untuk kebaikan di akhirat nanti.

5. Menjadi Makhluk Mulia

Manfaat silaturahmi dalam Islam berikutnya yaitu bisa menjadikan kita sebagai makhluk yang mulia. Sebba, menyambung silaturahmi dengan orang yang telah memutuskan tali silaturahmi merupakan salah satu akhlak terpuji yang dicintai oleh Allah. Sebagaimana dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Ali bahwa Rasulullah SAW bersabda:

" Maukah kalian saya tunjukkan perilaku akhlak termulia di dunia dan di akhirat? Maafkan orang yang pernah menganiayaimu, sambung silaturahmi orang yang memutuskanmu dan berikan sesuatu kepada orang yang telah melarang pemberian untukmu."

Sementara, bagi seseorang yang suka memutus tali silaturahmi maka dianggap sebagai perusak kehidupan. Hal ini sebagaimana yang termaktub dalam salah satu surat Al-Quran berikut ini, Allah SWT berfirman:

" Maka apakah kiranya jika kamu berkuasa kamu akan membuat kerusakan di muka bumi dan memutuskan hubungan tali silaturahmi (kekeluargaan)? Mereka itulah orang-orang yang dilaknati Allah dan ditulikan telinga mereka dan dibutakan penglihatan mereka" .(QS. Muhammad:22-23).

3 dari 3 halaman

6. Menjaga Kewarasan dan Kesehatan Mental

Ilustrasi Wanita Bersemangat

Manfaat silaturahmi yang satu ini berkaitan erat dengan fitrah manusia sebagai makhluk sosial. Yaps, sebagai makhluk sosial pastinya manusia tidak bisa hidup sendiri dan membutuhkan kehadiran orang lain.

Maka dari itu, berinteraksi dengan orang lain, terutama keluarga, merupakan praktik paling sederhana dalam menjaga kewarasan serta kesehatan mental. Bahkan, silaturahmi pun bisa memperbaiki mood dan kebahagiaan melalui interaksi fisik serta emosional.

7. Meminimalisir Stres dan Rasa cemas

Terakhir, manfaat silaturahmi bagi manusia ialah meredakan stres dan rasa cemas yang berlebihan. Tak dipungkiri kalau dari kamu mungkin selama ini mengalami banyak masalah secara bertubi-tubi dalam kehidupan.

Sehingga, dengan masalah yang bejibun akan membuatmu jadi merasa stres dan merasa cemas dalam memikirkan jalan keluarnya. Nah, para ahli setuju bahwa bersilaturahmi dan bersosialisasi dengan keluarga atau teman dekat ternyata bisa meringankan beban dan mengurangi rasa stres itu sendiri. Menarik, bukan?

Itulah 7 manfaat silaturahmi dalam Islam yang wajib kamu ketahui. Semoga setelah mengetahui manfaatnya, hubungan kalian dengan teman, atau kerabat tetap terjalin ya.

Beri Komentar