7 Nama Anak Nabi Muhammad SAW beserta Maknanya yang indah

Reporter : Yoyok
Rabu, 22 Mei 2024 18:40
7 Nama Anak Nabi Muhammad SAW beserta Maknanya yang indah
Fatimah Az Zahra binti Muhammad bukanlah satu-satunya anak Nabi Muhammad yang patut diketahui.

Ada 7 nama anak Nabi Muhammad SAW yang perlu kita ketahui. Agama Islam memiliki banyak sejarah panjang yang perlu diketahui banyak orang. Mulai dari sejarah kota Islam, peperangan, hingga silsilah keluarga nabi.

Buat kamu yang belum tahu, Nabi Muhammad SAW memiliki tujuh anak semasa hidupnya. Ketujuh anak Nabi Muhammad SAW terdiri dari empat perempuan dan tiga laki-laki. Seluruh anak Nabi Muhammad SAW merupakan hasil pernikahannya dengan Sayyidah Khadijah, kecuali Ibrahim yang dilahirkan oleh Sayyidah Mariyah al-Qitbhiyah.

Anak-anak Nabi Muhammad SAW sering kali menjadi inspirasi banyak orang sebagai nama sang buah hati. Berikut ini adalah ketujuh nama anak Nabi Muhammad SAW yang perlu kamu ketahui.

1 dari 4 halaman

Qasim bin Muhammad

Nama anak pertama dari Nabi Muhammad SAW adalah Qasim bin Muhammad. Qasim merupakan anak pertama namun masa hidupnya hanya sebentar. Ia meninggal pada 605 masehi sebelum berusia dua tahundan dimakamkan di Jannatul Mu’alla, Mekkah. Qasim sendiri memiliki arti " pemberi imbalan" yang merupakan harapan bahwa nantinya akan menjadi anak yang saleh serta panjang umur.

7 Nama Anak Nabi Muhammad© shutterstock.com

Zainab binti Muhammad

Anak kedua Nabi Muhammad SAW merupakan seorang putri bernama Zainab binti Muhammad. Putri Nabi Muhammad ini meninggal pada usia 29 tahun karena sakit dan dimakamkan di Jannatul Baqi. Zainab sendiri memiliki arti indah dan wangi dalam bahasa Arab.

2 dari 4 halaman

Ruqayyah binti Muhammad

Nama anak Nabi Muhammad SAW selanjutnya yaitu Ruqayyah binti Muhammad yang lahir pada tahun ke-33 setelah kelahiran Rasulullah SAW. Ruqayyah menikah Utsman bin Affan dan dikaruniai seorang anak bernama Abdullah yang wafat pada usia empat tahun.

Ruqayyah meninggal saat perang Badar dan dimakamkan di Jannatul Baqi.Nama Ruqayyah sendiri berasal dari bahasa Arab yang artinya cantik dan anggun.

7 Nama Anak Nabi Muhammad© shutterstock.com

Ummu Kultsum binti Muhammad

Keempat ada Ummu Kultsum binti Muhammad yang menjadi putri keempat dari Nabi Muhammad SAW. Ummu Kultsum lahir ketika Nabi Muhammad berusia 34 tahun.

Ummu Kultsum menikah dengan Utbah bin Abu Lahab namun tidak lama ia diceraikan sebelum disentuhnya. Setelah diceraikan, Ummu Kultsum dinikahi oleh Utsman bin Affan. Ummu Kultsum sendiri memiliki arti yaitu wajah yang penuh dan indah.

3 dari 4 halaman

Fathimah az-Zahra binti Muhammad

Anak Nabi Muhammad berikutnya yaitu Fatimah az-Zahra binti Muhammad. Fatimah merupakan anak Nabi Muhammad yang paling dikenal umat Islam. Hal ini dikarenakan Fatimah memiliki kebaikan serta hati yang tulus serta menjadi inspirasi umat muslim. Bahkan, banyak yang bilang jika Fatimah memiliki karakter yang menyerupai Nabi Muhammad SAW. Fatimah az-Zahra sendiri memiliki arti menjauhkan dari hal-hal buruk dan bersinar.

7 Nama Anak Nabi Muhammad© shutterstock.com

Abdullah bin Muhammad

Selanjutnya ada Abdullah bin Muhammad. Putra Nabi Muhammad SAW dari meninggal di usianya yang masih kecil yaitu pada tahun 615 masehi. Abdullah juga disebut dengan nama at-Thayyib dan ath-Thahir karena lahir pada masa kenabian. Abdullah sendiri memiliki arti hamba Allah atau orang yang mengabdikan dirinya kepada Allah.

4 dari 4 halaman

Ibrahim bin Muhammad

Anak terakhir dari Nabi Muhammad yaitu Ibrahim bin Muhammad. Ibrahim merupakan anak Rasulullah SAW yang lahir dari Mariyah al Qitbhiyah. Ibrahim sendiri memiliki makna yaitu bapak banyak orang yang penuh kasih sayang.

7 Nama Anak Nabi Muhammad© shutterstock.com

Itulah 7 nama anak Nabi Muhammad SAW yang perlu kamu ketahui. Semoga membantu ya Diazens.

Beri Komentar