8 Ciri-Ciri Negara Maju dan Berkembang serta Alasan Jepang Masuk Dalam Kelompok Negara Maju

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 2 Maret 2021 16:31
8 Ciri-Ciri Negara Maju dan Berkembang serta Alasan Jepang Masuk Dalam Kelompok Negara Maju
Ciri-ciri negara maju yang paling utama berdasarkan PDB per kapita juga gimana perkembangan manusianya

Ciri-ciri negara maju yang paling utama adalah berdasarkan pada produk domostik bruto (PDB) per kapita, yaitu setidaknya $12 ribu. DAri penghitungan itu, Amerika Serikat masuk dalam golongan negara sangat maju karena punya PDB per kapita di angka $ 40 ribu. Tapi, ini bukan satu-satunya alat ukur.

Apa itu produk domestik bruto?

Dikutip dari Accurate, Produk Domestik Bruto merupakan jumlah berapa banyak barang dan jasa yang diproduksi oleh suatu negara dalam suatu waktu tertentu. Angka ini digunakan untuk mengukur perkembangan ekonomi suatu negara.

Nilai PDB ditentukan dari penjumlahan jumlah konsumsi rumah tangga nasional, investasi, konsumsi negara dan nilai ekspor dan impor. Tapi meski bisa jadi gambaran tentang ekonomi dunia, jangan kesampingkan jumlah populasinya ya. Makanya biar lebih relevan, maka digunakan pengukuran PDB per kapita.

Lalu apakah ciri-ciri negara maju berdasarkan satu parameter itu saja? Oh, tentu tidak. Ada beberapa penilaian yang digunakan yakni Indeks Pembangunan Manusia dan parameter lainnya, dan ini berbeda di setiap organisasi.

Lebih lanjut mengenai ciri-ciri negara maju, yuk kepoin dulu artikel Diadona yang dilansir dari berbagai sumber berikut ini.

1 dari 3 halaman

Ciri-Ciri Negara Maju Adalah PDB Per Kapita > $12 ribu

Ciri-Ciri Negara Maju

Seperti yang udah Diadona sebutkan di atas, ciri-ciri negara maju adalah memiliki PDB per kapita lebih dari $12 ribu. Tapi beberapa ekonom lebih suka menetapkan angka $25 ribu.

Dari angka tersebut maka negara yang masuk dalam kategori negara maju yakni:

  • Autralia, dengan PDB per kapita $ 49.144.
  • Prancis, memiliki PDB per kapita $ 39.678 dan masuk sebagai negara dengan ekonomi terbesar keenam di dunia
  • Jerman, PDB per kapita sebesar $ 47ribu.

Tapi nggak cuman itu aja, ciri-ciri negara maju juga berdasarkan aspek berikut:

Angka Kematian dan Kelahiran yang Stabil

Angka kelahiran dan kematian yang stabil jadi ciri-ciri negara maju karena itu berarti menunjukkan standar hidup yang tinggi serta pelayanan medis yang berkualitas.

Di negara maju, masyarakatnya sudah memiliki pemikiran bahwa mereka nggak perlu punya banyak anak dengan alasan karena  beberapa yang akan bertahan hidup sampai dewasa. Ini nunjukin di negara maju, angka kematian bayi lebih sedikit. Selain itu, angka harapan hidup di negara tersebut juga tinggi yaitu antara 70 sampai 80 tahun.

Banyak Wanita Bekerja

Terutama bila berada di posisi eksekutif tingkat tinggi. Ini bisa jadi ciri-ciri negra maju karena nunjukin pendidikan, akses dan kesempatan yang setara antara wanita dan pria di negara tersebut.

Tingkat Hutang yang Lebih Tinggi

Ternyata tingkat hutang warganya yang tinggi merupakan ciri-ciri negara maju lho. Karena menurut Investopedia, itu berarti nunjukkin gimana warganya punya akses yang luas terhadap jenis pembiayaan.

Indeks Pembangunan Manusia

Alat ukur ini digunakan sebagai ciri-ciri negara maju karena bisa menghitung tingkat pembangunan sosial dan ekonomi suatu negara. Indeks Pembangunan Manusia mengukur harapan hidup, pencapaian pendidikan dan pendapatan.

Namun ini bukan ciri-ciri negara maju yang bisa dijadikan patokan. Para ekonom juga melihat gimana totalitas suatu negara sebelum memberikan penilaian.

2 dari 3 halaman

Ciri Yang Menempatkan Negara Jepang sebagai Negara Maju

Ciri-Ciri Negara Maju

Dikutip dari Asia Link Business, Jepang masuk sebagai negara paling maju dengan kondisi ekonomi paling apik di dunia. Ciri-ciri negara maju dimiliki dari sisi tenaga kerja dan pasar konsumennya.

Warga Jepang disebut merupakan tenaga kerja terdidik dan rajin. Populasinya besar dan juga makmur, menjadikannya sebagai salah satu pasar konsumen terbesar di dunia. Ngomongin soal ciri-ciri negara maju di bidang ekonomi, perekonomian Jepang adalah yang terbesar kedua di dunia di tahun 1968 sampai 2010, satu tingkat di bawah Amerika Serikat.

Sebagai ciri-ciri negara maju, PDB per kapitanya berada di angka $40 ribu di tahun 2015. Padahal kita semua tahu gimana hancurnya Jepang dalam Perang Dunia II kan?

Ekonomi Jepang yang luar biasa disokong oleh manufakturnya, dan ini sudah terkenal secara internasional. Namun selama beberapa tahun terakhir, produksinya lebih banyak dialihkan ke negara-negara berbiaya rendah. Sedangkan dalam sektor perekonomian, Jepang saat ini lebih menonjolkan sektor jasa keuangan.

3 dari 3 halaman

Ciri-Ciri Negara Maju dan Berkembang

Ciri-Ciri Negara Maju

Negara berkembang punya latar belakang yangs angat berbeda dalam hal sejarah, demografi, agama, politik dan lainnya. Tapi ada beberapa karakteristik yang menjadikan mereka masuk dalam kategori ini.

Pendapatan Per Kapita yang Rendah

Ini adalah karakteristik yang paling menentukan dari negara berkembang. Penduduk di negara ini sebagian besar mengalami kesulitan ekonomi sehingga hanya memiliki tabungan yang rendah dan investasi yang rendah.

Laju Pertumbuhan Penduduk yang Tinggi

Dilansir dari Intellegent Economist, salah satu ciri-iri negara maju adalah pengendalian pertumbuhan penduduk. Sebaliknya, ini tak terjadi pada negara berkembang. Masyrakatnya tidak memiliki akses untuk KB, kurangnya pendidikan seks dan keyakinan kalau banyak anak maka banyak pula rezekinya.

Tingginya Tingkat Pengangguran

Pengangguran di pedesaaan terjadi karena faktor musim. Tapi, ternyata pada negara berkembang, ini terjaid di mana-mana dan membutuhkan penanganan yang kompleks.

Ketergantungan pada Ekspor Komoditas Primer

Karena sebagian besar output berasal dari sektor primer, sebagian besar ekspor juga berasal dari sektor primer. Misalnya, tembaga menyumbang dua pertiga dari ekspor Zambia. Dan bayangkan bila terjadi sesuatu yang membuat komoditas tersebut tak berproduksi maksimal.

Nah paham kan tentang ciri-ciri negara maju. Lalu kira-kira Indonesia berada di kategori mana ya?

Beri Komentar