8 Manfaat Belajar Kelompok dan Bimbingan Ternyata Bisa Bikin Lebih Fokus, lho!

Reporter : Sheila Fathin
Senin, 12 April 2021 16:04
8 Manfaat Belajar Kelompok dan Bimbingan Ternyata Bisa Bikin Lebih Fokus, lho!
Belajar memiliki manfaat yang akan membuat impian kamu tercapai dengan mudah.

Manfaat belajar keterampilan baru sangatlah penting. Hal itu akan membuat karir kamu lebih maju lagi. Tentunya dengan belajar hal baru akan memperbanyak teknik baru untuk mengembangkan karir kamu di dunia yang perubahannya begitu cepat ini. 

Dengan belajar kamu juga tidak membiarkan otak kamu menjadi tumpul. Belajar hal-hal baru membuat kamu menjadi mengerti banyak hal dan semakin menyadari ilmu yang kamu pelajari ternyata masih kurang. Maka dari itu, berikut ini manfaat belajar yang perlu kamu ketahui.

1 dari 3 halaman

Manfaat Sumber Belajar

Manfaat Belajar

Sumber belajar adalah bermacam-macam bahan yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Bahan-bahan ini berupa keterampilan ataupun informasi yang dikemas dalam bahan ajar yang dilakukan oleh pendidik terhadap muridnya. 

Sumber belajar dapat diperoleh dari lingkungan sekitar seperti misalnya menggunakan alat belajar seperti alat peraga, alat permainan, buku, peralatan seni dan alat peraga lainnya. Sumber belajar bisa berupa tempat-tempat yang bisa dikunjungi, seperti perpustakaan, taman edukasi, dan lain sebagainya. 

Manfaat sumber belajar sendiri mampu memberikan kemudahan bagi peserta didik untuk dapat memahami materi yang diberikan. Berikut ini beberapa manfaat dari sumber belajar jika diaplikasikan dalam proses pembelajaran :

  1. Sumber belajar memberikan peserta didik rangsangan untuk berpikir, bersikap dan berkembang lebih baik. 

  2. Sumber belajar memberikan pengalaman belajar secara langsung yang tidak dapat diberikan dalam buku

  3. Sumber belajar memberikan manfaat bagi pendidik untuk memecahkan masalah pendidikan.

  4. Sumber belajar dapat membuat peserta didik menjadi lebih termotivasi lagi dan lebih giat dalam belajar.

  5. Sumber belajar memberikan informasi lebih jelas dan konkret.

 

2 dari 3 halaman

Manfaat Belajar Kelompok

Manfaat Belajar

Manfaat belajar kelompok yang dikelola dengan baik akan membuat peserta didik mempercepat proses pembelajarannya. Mereka akan bekerja sama untuk berdiskusi tentang topik-yopik yang menjadi pokok bahasan mereka. Selain itu peserta didik juga akan menguji dan membandingkan catatan mereka. Kira-kira, berikut ini adalah manfaat belajar yang dilakukan secara kelompok :

Sebuah Solusi bagi si Procrastinator 

Sering terjadi apabila belajar secara mandiri kita akan merasa malas dan malah menunda-nuda waktu belajar dan tugas yang sudah diembankan. Dengan belajar secara berkelompok membuat diri kita tidak dapat lagi menunda-nunda waktu belajarnya. Kita akan dibuat berkontribusi secara langsung untuk menyelesaikan tugasnya secara berkelompok. 

Mendapatkan Perspektif Baru

Hal yang tidak kita dapat dalam belajar secara mandiri adalah perspektif baru. Manfaat belajar secara berkelompok membuat kita mampu menemukan sudut pandang baru dari anggota kelompok kita. Kita akan menemukan sudut pandang baru dengan mendiskusikan masalah yang harus dipecahkan. Selain itu kita dapat mempelajari materi lebih menyeluruh dengan berbagai sudut pandang.

Mempersiapkan Diri untuk Dunia Kerja

Bekerja dengan teman-temanmu secara kelompok memberikan kamu pelung untuk mengasah keterampilan bersosialisasi. Di dalam dunia kerja mengharuskan kamu untuk bisa bersosialisasi dan bekerja secara tim. Di mana bekerja secara kelompok sejak dini membantu kamu untuk belajar bagaimana cara kamu bisa berkolaborasi untuk melatih kemampuan dan kreatifitas kamu dalam lingkungan sosial.

Mampu Memahami Lebih Cepat

Manfaat belajar kelompok membuat kamu dalam kelompok belajar bisa belajar lebih cepat daripada peserta didik yang bekerja sendiri. Misalnya, ada beberapa materi dari buku teks yang tampaknya benar-benar membingungkan dan bisa jadi cukup jelas bagi peserta didik lain. Dalam kelompok belajar, kamu dapat belajar dengan cepat hanya dengan mengajukan pertanyaan dan berdiskusi, daripada menghabiskan waktu yang berharga untuk memikirkan kesulitanmu sendirian.

3 dari 3 halaman

Manfaat Bimbingan Belajar

Manfaat Belajar

Manfaat belajar dengan mengikuti bimbingan tentunya akan memudahkan proses belajar juga. Dengan memanfaatkan bimbingan belajar membuat materi yang tidak dipahami menjadi paham. Nah, berikut ini beberapa manfaat dari bimbingan belajar :

Membantu Memahami Materi

Manfaat belajar dengan bimbingan akan membuat kita lebih memahami ilmu yang sudah diajarkan sebelumnya. Para tentor akan membantu kamu mengulangi materi pelajaran di sekolah. Selain itu, guru bimbel juga akan membantu kamu dengan materi-materi yang sulit dengan memberikan soal-soal untuk mengasah pemahaman kamu. 

Lebih Fokus

Bimbingan memberikan manfaat belajar untuk dapat lebih fokus pada materi yang tidak dipahami. Dengan bimbingan belajar, kamu dapat bertanya kesulitan kamu tanpa batas. Kamu juga bisa mengerjakan tugas rumah yang diberikan oleh guru saat sedang melakukan bimbel.

Lebih Mudah untuk Berkonsentrasi

Bimbingan belajar memberikan manfaat belajar kepada kamu untuk bisa lebih berkonsentrasi dengan materi yang tidak dipahami. Hal itu dikarenakan dengan mengikuti bimbingan belajar, jumlah siswa yang ada tidak banyak sehingga fokus yang akan diberikan lebih maksimal.

Beri Komentar