Angin Monsun Asia Incar Sulsel, Bupati Gowa: Kita Harus Bisa Mengantisipasinya

Reporter : Mila
Rabu, 8 Januari 2020 16:28
Angin Monsun Asia Incar Sulsel, Bupati Gowa: Kita Harus Bisa Mengantisipasinya
Warga diharap terus waspada.

Berdasarkan data Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Sulawesi Selatan (Sulsel) diprediksi akan diguyur hujan lebat dengan intensitas tinggi pada 10-12 Januari 2020 mendatang. Curah hujan tersebut salah satunya disebabkan oleh Angin Monsun Asia akan yang akan melintasi wilayah timur Indonesia.

“Fenomena Angin Monsun Asia ini disebabkan karena adanya pergerakan massa udara basah di Samudra Hindia yang mengarah di wilayah timur Indonesia, dan saat ini berada di bagian tengah atau di wilayah Sulsel,” jelas Kasubdit Pelayanan Bidang dan Jasa BMKG Wilayah IV, Siswanto.

 

1 dari 3 halaman

Adnan Purichta Ichsan, selaku Bupati Gowa, meminta warganya untuk mewaspadai pohon tumbang hingga angin kencang.

“ Yang perlu dilakukan bagi pengendara minimal menghindari pohon-pohon besar saat melintas di hujan lebat. Mulai mengambil langkah antisipasi saat terjadi banjir ataupun longsor kepada masyarakat yang daerahnya berpotensi,” pungkasnya, selasa (7/1).

“ Meskipun lintasan dari angin monsun Asia ini tidak berdampak besar di wilayah Kabupaten Gowa, tetapi tetap saja kita harus meningkatkan kesiapsiagaan. Kita harus bisa mengantisipasi, minimal langkah mitigasi telah disiapkan,” lanjutnya.

2 dari 3 halaman

Sebagai sumber informasi terkait potensi cuaca sekitar dan langkah siaga jika sewaktu-waktu terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, Adnan telah mendirikan posko siaga bencana di tiga titik.

Yang pertama di Kantor BPBD dan Damkar Gowa, Kecamatan Sungguminasa yang menjangkau Kecamatan Pallangga, Bajeng, Bajeng Barat, Bontomarannu, Barombong, Bontonompo, dan Bontonompo Selatan.

Yang kedua Posko Tinggimoncong di Kantor Camat Tinggimoncong, menjangkau Kecamatan Pattallassang, Parangloe, Parigi, Tombolopao.

Yang Terakhir Posko Bungaya di Kantor Camat Bungaya menjangkau Kecamatan Manuju, Bontolempangan, Biringbulu, Tompobulu.

3 dari 3 halaman

Lebih lanjut, wilayah Kabupaten Gowa untuk saat ini potensi hujan lebat masih kecil, tetapi pihaknya tetap akan melihat perkembangan yang terjadi. Hal tersebut dengan melihat perkembangan cuaca yang dapat berubah sewaktu-waktu, olehnya tetap dilakukan antisipasi.

Beri Komentar