Apa Saja sih Tugas Seorang Guru BK?

Reporter : Andrawira Diwiyoga
Selasa, 21 Januari 2020 07:30
Apa Saja sih Tugas Seorang Guru BK?
Tentu saja tugas seorang guru BK tidak hanya menghukum murid yang terlambat sekolah saja.

Baru-baru ini tengah jadi banyak perbincangan seorang gadis dari SMP 147 di Cibubur, Jakarta Timur. Gadis tersebut mengakhiri hidupnya dengan cara melompat dari lantai 4 gedung sekolahnya.

Banyak yang menduga penyebab gadis tersebut bunuh diri karena dirundung atau dibully oleh teman-teman sekelasnya. Walaupun begitu, masih belum jelas penyebab utama gadis tersebut mengakhiri hidupnya.

Tetapi, jika di sebuah sekolah terjadi aksi bullying, apa yang bisa dilakukan pihak terkait atau sekolah untuk mengantisipasinya?

1 dari 4 halaman

Sebenarnya, tiap sekolah sudah memiliki program untuk mengantisipasi aksi bullying tersebut. Tugas tersebut dilakukan oleh guru Bimbingan Konseling atau BK.

Tugas dari seorang guru BK yaitu tentang pemahaman diri dan lingkungan, pencegahan terhadap hal yang menghambat perkembangan peserta didik, pengembangan, dan advokasi (pembelaan terhadap hak atau kepentingan peserta didik).

Dari beberapa tugas tersebut akan melahirkan beberapa kewajiban yang harus dilakukan oleh guru BK sebagai seorang konselor untuk perkembangan peserta didik atau murid.

2 dari 4 halaman

Pertama yaitu membantu mengembangkan kehidupan pribadi. hal ini merupakan suatu pelayanan yang membantu peserta didik memhami akan diri sendiri, terkait bakat, minat, potensi, dan lain sebagainya.

Kedua, untuk membantu mengembangkan kehidupan sosial. Hal ini yaitu pelayanan yang membantu peserta didik memahami, menilai, serta mengembangkan keadaan sosial di sekitar mereka. Hal ini dilakukan terutama kepada murid yang terkesan sulit untuk bersosial dengan lingkungan mereka sendiri.

 

3 dari 4 halaman

Ketiga, untuk membantu mengembangkan kemampuan belajar, pelayanan yang dilakukan oleh seorang guru BK atau konselor membantu menjadikan peserta didik mandiri dalam belajar, terutama dalam mengikuti pembelajaran di sekolah.

Dan yang terakhir yaitu membantu mengembangkan karir. Tugas ini merupakan pelayanan yang tidak bisa dimulai tanpa dilakukan pengembangan-pengembangan yang lain.

Pengembangan dalam karir adalah suatu titik dimana seorang murid telah mampu memahami bahkan mengembangkan diri, lalu seorang konselor membantu untuk mengarahkan langkah yang harus dilakukan agar minat, bakat, dan potensi diri menjadi suatu karir terhadap mereka.

4 dari 4 halaman

Maka dari itu, jika kamu mengalami perundungan ataupun bullyan dari lingkung sekolah maupun dari luar, jangan ragu-ragu lagi untuk berkonsultasi kepada guru BK. Karena salah satu tugas mereka adalah menolong dan membantu murid-muridnya.

Beri Komentar