Arti Kata Ceunah, Dari Bahasa Sunda Gaul ke Percakapan Sehari-hari

Reporter : Arifina
Selasa, 9 Juli 2024 19:00
Arti Kata Ceunah, Dari Bahasa Sunda Gaul ke Percakapan Sehari-hari
Jadi, "ceunah" itu apa sih? Sudah pada tahu belum kalian? Atau selama ini hanya ikut-ikutan saja pakai kata tersebut biar gaul?

Arti kata "ceunah" itu apa? Pasti di antara kalian masih banyak yang belum mengetahuinya bukan?

Kata "ceunah" berasal dari bahasa Sunda, Jawa Barat yang bisa diartikan sebagai katanya atau kata orang. Bagi masyarakat di daerah ini, tentunya sudah tidak asing dengan hal tersebut ya. Tapi, ternyata penggunaan dari kata ceunah itu sendiri ternyata beragam lho!

Dalam percakapan sehari-hari, kata ini sering digunakan sebagai bentuk ekspresi yang unik dan memiliki makna yang cukup luas tergantung pada konteks penggunaannya. Seiring berjalannya waktu kata ceunah seakan menjadi salah satu hal yang mendominasi anak zaman sekarang, bahkan dari luar Jawa Barat.

1 dari 5 halaman

Asal Mula "Ceunah"

Ilustrasi Mengobrol

© freepik.com/jcomp

Dilansir dari berbagai sumber, " ceunah" berasal dari kata ceuk dalam bahasa Sunda yang artinya kata. Jadi, secara harfiah, " ceunah" bisa diartikan sebagai katanya atau kata orang.

Bahasa Sunda sendiri dituturkan oleh masyarakat di Jawa Barat dan beberapa daerah lainnya di Indonesia. Kata ini digunakan untuk menyampaikan informasi yang berasal dari pihak ketiga, atau yang diperoleh dari sumber lain.

Dalam bahasa Inggris, " ceunah" dapat diterjemahkan menjadi they say atau it is said.

 

2 dari 5 halaman

Penggunaan Kata "Ceunah" dalam Kalimat

Meskipun secara umum berarti katanya, arti " ceunah" bisa sedikit berbeda tergantung pada konteks penggunaannya. Simak yang berikut:

Sebagai Penghubung Informasi: " Ceunah" sering digunakan untuk memperkenalkan informasi yang berasal dari orang lain. Contoh: " Ceunah, besok akan ada acara besar di alun-alun kota." (Katanya, besok akan ada acara besar di alun-alun kota).

 

3 dari 5 halaman

Ilustrasi Mengobrol

Shutterstock.com

Untuk Mengindikasikan Ketidakpastian

Kadang-kadang, " ceunah" digunakan untuk menyatakan bahwa informasi yang disampaikan belum tentu benar atau masih diragukan. Contoh: " Ceunah, dia sudah pindah ke luar negeri, tapi belum ada yang tahu pasti." (Katanya, dia sudah pindah ke luar negeri, tapi belum ada yang tahu pasti).

Menyampaikan Rumor atau Gosip

Dalam percakapan sehari-hari, " ceunah" sering digunakan untuk menyebarkan rumor atau gosip. Misalnya, " Ceunah, dia akan menikah bulan depan." (Katanya, dia akan menikah bulan depan).

 

4 dari 5 halaman

Ceunah: Bahasa Gaul yang Mendunia

Meskipun berasal dari bahasa Sunda, ceunah kini digunakan secara luas dalam percakapan sehari-hari dan media sosial. Banyak masyarakat Indoesia tak terbatas pada orang Sunda saja juga menggunakan kata ini.

Penggunaan " ceunah" menambah kesan santai dan informal dalam berkomunikasi. Selain di wilayah Jawa Barat, bahasa Sunda ini juga tersebar di beberapa wilayah Indonesia lainnya, seperti, Banten, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Lampung, Bengkulu, dan Sulawesi Utara.

 

5 dari 5 halaman

Ilustrasi Mengobrol

© freepik.com/jcomp

Di luar wilayah Sunda, Jawa Barat kata " ceunah" dipakai sebagai pelengkap tau sisipan percakapan sehari-hari. Biasanya, penyampaiannya dibarengi dengan bahasa Indonesia, bahasa asing, dan bahasa daerah lainnya.

Nah, kaata " ceunah" merupakan bagian dari kekayaan bahasa Sunda yang mencerminkan cara masyarakat berkomunikasi dan menyampaikan informasi. Penggunaannya yang fleksibel membuat kata ini sering muncul dalam berbagai situasi, mulai dari percakapan ringan hingga penyampaian berita atau rumor.

Memahami arti kata " ceunah" dan cara penggunaannya dapat membantu kita lebih mengapresiasi nuansa dan keragaman dalam bahasa Sunda serta cara berkomunikasi masyarakat Sunda lho!

Beri Komentar