Arti Kata Gwenchana, Bahasa Korea yang Populer dan Cara Penggunannya

Reporter : Arifina
Sabtu, 20 Juli 2024 15:47
Arti Kata Gwenchana, Bahasa Korea yang Populer dan Cara Penggunannya
Kerap dengar bukan kata Gwenchana ini? Nah, kamu udah tau artinya belum? Simak dulu sini lengkap dengan penggunannya yang bervariasi.

Apa sih arti kata "gwenchana?" Tentu kamu sudah kerap sekali mendengar kata tersebut, terutama jika kamu pecinta drama Korea (Drakor) ataupun seorang yang sedang mendalami bahasa Korea.

Secara harfiah, kata "gwenchana" berarti tidak apa-apa atau baik-baik saja, tidak masalah, ok. Lebih dari itu, kata ini sendiri memang sangat populer.

Bahkan, "gwenchana" juga sempat viral di TikTok untuk konten keseharian seakan menggambarkan kehidupan pasti akan baik-baik saja.

1 dari 6 halaman

Ilustrasi Perempuan Bahagia

© shutterstock.com/g/lookstudio

Kata " gwenchana" (괜찮아) adalah salah satu ungkapan yang paling sering digunakan dalam bahasa Korea sehari-hari. Pelafalan ari kata ni adalah gwaen-chanh-a.

Secara umum, " gwenchana" mirip dengan I'm fine dalam bahasa Inggris. Tapi, di balik artinya, penggunaan dari kata tersebut tidak sesederhana itu lho!

2 dari 6 halaman

Penggunaan Kata "Gwenchana"

Meskipun secara harfiah artinya tidak jauh berbeda dengan " tidak apa-apa" , penggunaan gwenchana bisa memiliki arti yang sedikit berbeda. Hal ini tergantung intonasi dan situasinya.

Gwenchana bisa diucapkan dengan nada yang sungguh-sungguh menandakan bahwa kamu memang baik-baik saja. Tapi, kata ini juga bisa diucapkan dengan nada ringan untuk merendahkan suatu situasi.

Berikut beberapa makna dan penggunaan dari kata " gwenchana" :

 

3 dari 6 halaman

Menenangkan dan Memberikan Dukungan

Ilustrasi Perempuan Bahagia

© shutterstock.com/id/g/solovushka

Salah satu penggunaan utama dari " gwenchana" adalah untuk menenangkan seseorang. Ketika seseorang merasa khawatir atau sedih, mengatakan " gwenchana" dapat memberikan rasa tenang dan menunjukkan bahwa semuanya akan baik-baik saja.

Misalnya, jika seorang teman menangis karena mengalami masalah pribadi. Nah, kamu bisa mengatakan, " Gwenchana, semuanya akan baik-baik saja."

Ungkapan Ketidakpedulian atau Ketidaktertarikan

Kata " gwenchana" juga bisa digunakan untuk mengungkapkan bahwa sesuatu tidak terlalu penting atau tidak mengganggu. Misalnya, jika seseorang meminta maaf karena membuat kesalahan kecil.

Dalam kondisi ini, kamu bisa menjawab, " Gwenchana," untuk menunjukkan bahwa kamu tidak terlalu terganggu oleh kesalahan tersebut.

 

4 dari 6 halaman

Menyatakan Bahwa Kondisi atau Situasi Baik-Baik Saja

Ketika ditanya tentang keadaan atau kondisi kamu maka jawaban " gwenchana" bisa digunakan untuk menunjukkan bahwa semuanya berjalan dengan baik.

Misalnya, jika seseorang bertanya, " Bagaimana kabarmu?" Kamu bisa menjawab, " Gwenchana," untuk mengatakan bahwa kamu sedang dalam baik-baik saja.

Menawarkan Bantuan

Dalam beberapa situasi, " gwenchana" bisa digunakan untuk menawarkan bantuan atau memberikan izin juga lho! Misalnya, jika seseorang ingin meminjam sesuatu atau membutuhkan bantuan.

Nah, kamu bisa mengatakan, " Gwenchana, ambil saja," yang berarti kamu tidak keberatan untuk membantunya.

 

5 dari 6 halaman

Formal dan Informal

Ilustrasi perempuan bahagia

© 2023 freepik.com/wayhomestudio

Perlu dicatat, " gwenchana" termasuk kata informal. Sebaiknya hindari menggunakan kata ini kepada orang yang baru kamu kenal, orang yang lebih tua, atau dalam situasi formal.

Untuk situasi formal, sebaiknya gunakan kata " gwenchanayo" (괜찮아요) yang merupakan bentuk lebih sopan dari " gwenchana" . Penambahan akhiran " yo" menandakan kesopanan kepada lawan bicara.

 

6 dari 6 halaman

Penggunaan kata " gwenchana" sangat bergantung pada intonasi dan konteks. Dengan nada yang lembut dan meyakinkan, kata ini bisa sangat menenangkan.

Namun, dengan nada yang lebih keras atau acuh tak acuh, kata ini bisa mengungkapkan ketidakpedulian. Karena itu, penting untuk memperhatikan bagaimana dan kapan kata ini digunakan dalam percakapan.

Itulah arti kata " gwenchana" , makna, dan penggunannya sehari-hari. Pahami dengan baik, agar kamu bisa menggunakan kata tersebut lebih efektif saat berkomunikasi dan menunjukkan empati dalam percakapan sehari-hari dengan bahasa Korea ya.

Beri Komentar