Arti Kata Komoditas beserta Pengertiannya Dalam Dunia Perdagangan

Reporter : Andrawira Diwiyoga
Jumat, 2 Agustus 2024 16:20
Arti Kata Komoditas beserta Pengertiannya Dalam Dunia Perdagangan
Banyak istilah dalam dunia pedagangan yang banyak orang belum mengerti. Salah satu kata atau istilah tersebut yaitu komoditas.

Banyak oang yang belum tahu bahwa arti kata komoditas adalah barang atau produk yang diperjualbelikan. Dalam dunia pedagangan, banyak istilah yang tidak umum atau jarang digunakan dalam perbincangan sehari-hari. Contohnya seperti supply and demand, ekspor impor, dan masih banyak lagi.

Banyak istilah dalam dunia perdagangan yang diambil dari kata atau bahasa Inggris. Hal ini sangat wajar mengingat bahasa Inggris adalah bahasa yang banyak digunakan oleh negara-negara dan semua orang mudah mengertinya.

Beberapa kata juga ada yang diresap dalam bahasa Indonesia. Salah satu kata dalam dunia perdagangan tersebut adalah komoditas. Kata komoditas tidak jarang digunakan mereka yang melakukan bisnis ekspor impor.

Lalu, apa si arti kata komoditas? Apakah kata komoditas hanya berlaku untuk dunia perdagangan saja? Yuk kita bahas Diazens.

1 dari 4 halaman

Arti Kata Komoditas

Arti Kata Komoditas© shutterstock.com

Seperti disebutkan sebelumnya, kata komoditas sangat umum digunakan dalam dunia perdagangan, baik skala nasional maupun internasional. Kata komoditas merujuk pada barang atau produk yang dapat diperdagangkan, terutama dalam pasar internasional.

Komoditas biasanya adalah barang yang bersifat dasar atau mentah, seperti minyak, gas, biji-bijian, logam, dan produk pertanian. Nilai komoditas ditentukan oleh permintaan dan penawaran di pasar global, dan mereka sering diperdagangkan dalam jumlah besar di bursa komoditas.

Berikut ini adalah beberapa barang yang dibilang sebagai komoditas utama.

1. Minyak Mentah: Salah satu komoditas yang paling diperdagangkan dan berpengaruh. Harga minyak mempengaruhi biaya energi dan transportasi di seluruh dunia.

2. Emas: Digunakan sebagai penyimpan nilai dan sering diperdagangkan sebagai lindung nilai terhadap inflasi dan ketidakpastian ekonomi.

3. Gandum: Salah satu produk pertanian utama yang diperdagangkan di seluruh dunia dan menjadi makanan pokok bagi banyak negara.

2 dari 4 halaman

Penggunaan Kata Komoditas

Arti Kata Komoditas© shutterstock.com

Penggunaan kata komoditas erat banget kaitannya dengan dunia perdagangan. Berikut ini adalah beberapa contoh kalimat penggunaan kata komoditas:

1. " Harga komoditas seperti minyak mentah dan emas mengalami peningkatan tajam akibat ketidakstabilan politik di Timur Tengah."

2. " Gandum adalah salah satu komoditas utama yang dihasilkan oleh para petani di wilayah ini."

3. " Perusahaan tersebut mengkhususkan diri dalam perdagangan komoditas, termasuk kopi dan kakao."

4. " Banyak investor beralih ke komoditas seperti perak dan tembaga untuk diversifikasi portofolio mereka."

5. " Pemerintah berencana untuk meningkatkan produksi energi dari komoditas seperti gas alam dan batubara."

6. " Pasar global komoditas dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk cuaca, kebijakan pemerintah, dan kondisi ekonomi internasional."

7. " Perusahaan penerbangan menggunakan kontrak berjangka untuk melindungi diri dari fluktuasi harga komoditas bahan bakar."

8. " Negara tersebut merupakan salah satu produsen utama komoditas seperti karet dan kelapa sawit."

9. " Fluktuasi nilai tukar mata uang dapat berdampak besar pada harga komoditas yang diperdagangkan secara internasional."

10. " Pemerintah telah memberlakukan regulasi baru untuk mengontrol ekspor komoditas pertanian guna menjaga stabilitas harga di pasar domestik."

3 dari 4 halaman

Jenis-jenis Komoditas

Arti Kata Komoditas© shutterstock.com

Seperti disebutkan sebelumnya, ada beberapa barang yang disebut sebagai komoditas utama saat ini. Berikut ini adalah beberapa jenis komoditas yang perlu kamu ketahui.

Komoditas Pertanian

- Biji-bijian (gandum, jagung, kedelai).
- Produk hortikultura (buah-buahan, sayuran).
- Produk ternak (daging sapi, domba, susu).

Komoditas Energi

-Minyak mentah
-Gas alam
-Batubara

Komoditas Logam

-Logam mulia (emas, perak, platinum).
-Logam dasar (tembaga, aluminium, nikel).

Komoditas Lainnya

-Produk hutan (kayu, karet, dll).
-Produk laut (ikan, udang, dll).

4 dari 4 halaman

Karakteristik Komoditas

Arti Kata Komoditas© shutterstock.com

Barang-barang komoditas memiliki ciri khas tersendiri. Jadi, tidak semua barang bisa disebut sebagai komoditas. berikut ini adalah beberapa karakteristik barang komoditas.

1. Barang komoditas biasanya seragam dan tidak bervariasi dari satu pemasok ke pemasok lain. Misalnya, minyak mentah dari dua tempat berbeda memiliki karakteristik yang sangat mirip.

2. Komoditas sering digunakan sebagai bahan baku untuk produksi barang lain. Misalnya, biji kakao digunakan untuk membuat cokelat.

3. Barang komoditas diperdagangkan secara luas di pasar internasional. Harga ditentukan oleh permintaan dan penawaran global.

4. Barang komoditas biasanya diperdagangkan dalam bentuk yang telah distandarisasi untuk memastikan kualitas dan kuantitasnya.

Itulah arti kata komoditas yang erat kaitannya dengan dunia perdagangan, khususnya untuk yang skala internasional. Semoga membantu ya Diazens.

Beri Komentar