Arti Kata POV Dalam Sebuah Karya dan di Media Sosial

Reporter : Andrawira Diwiyoga
Rabu, 31 Juli 2024 18:17
Arti Kata POV Dalam Sebuah Karya dan di Media Sosial
Media sosisal menjadi tempatnya banyak kata-kata baru dan menarik. salah satu kata tersebut adalah POV yang menunjukkan sebuah pemahaman.

Banyak yang penasaran, arti kata POV merupakan singkatan dari bahasa Inggris yaitu point of view. Seperti kita semua ketahui, media sosial telah menjadi salah satu tempat orang-orang bekumpul dan menyalurkan ide serta inovasi.

Media sosial yang juga didominasi oleh anak-anak muda tidak jarang melahirkan tren-tren baru. Seperti halnya untuk urusan fashion, kuliner, bahkan kata sekalipun. Anak-anak muda zaman sekarang yang Gen Z sering kali memviralkan kata-kata unik yang sebenarnya dari dulu sudah ada.

Salah satu kata yang kembali muncul dan banyak digunakan oleh orang-orang di media sosial adalah POV. Lalu, apa sih arti kata POV itu? Bagaimana caranya kita menggunakan kata POV ini? Nah untuk itu, mari kita bahas Diazens.

1 dari 3 halaman

Arti Kata POV

Arti Kata POV© shutterstock.com

Seperti disebutkan sebelumnya, arti kata POV merupakan kata yang diambil dari bahasa Inggris. POV merupakan singkatan dari " point of view" atau dalam bahasa Indonesianya yang berarti sudut pandang.

Istilah atau kata POV ini sering digunakan dalam berbagai konteks untuk menunjukkan perspektif atau cara pandang seseorang terhadap sesuatu. Seperti contoh, dalam film, POV bisa merujuk pada cara suatu cerita atau pengalaman dilihat dari sudut pandang tertentu, seperti sudut pandang karakter utama.

Namun, berbeda lagi jika masuk ke media sosial. POV bisa berarti sudut pandang seseorang dalam memandang suatu hal viral atau yang sedang trending di media sosial. Baik itu sudut pandang pelaku atau korban, pihak antagonis maupun protagonis, dan banyak lainnya.

2 dari 3 halaman

Arti Kata POV Dalam Sebuah Karya

Arti Kata POV© shutterstock.com

Pertama-tama, kita membahas akan arti kata POV dalam sebuah karya seperti film atau musik. POV di sini tidak selalu merujuk pada si pembuat film atau lagu, mereka yang menikmatinya tentu juga memiliki POV yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Malahan, sudut pandang audiens tersebut yang menentukan karya itu berhasil atau tidak.

Kalau ngomongin POV dalam sebuah karya, sudut pandang mereka yang menikmati tentu yang akan paling vokal dalam menyuarakan opininya. Interpretasi seseorang dalam menyerap sebuah karya setiap orang tentu berbeda-beda. Namun, pastinya dari semua hal yang berbeda tersebut, ada satu " benang merah" yang menjadi penghubung.

Berikut ini adalah contoh penggunaan POV dalam sebuah karya:

" Kita tidak tahu POV sutradara film itu menempatkan ending yang seperti ini dalam karyanya."

" POV penulis lagu tersebut mungkin seorang pria patah hati yang dilupakan oleh kekasihnya."

3 dari 3 halaman

Arti Kata POV di Media Sosial

Arti Kata POV© shutterstock.com

Untuk di media sosial, arti kata POV bisa sedikit berbeda. POV di media sosial memiliki pemahaman dari banyak sutu pandang. Biasanya POV yang di maksud diambil dari kejadian-kejadian viral di medsos, baik itu dalam bentuk video, gambar, atau sekedar thread.

POV yang dimaksud juga bisa datang dari pihak-pihak yang terlibat dalam kejadian viral tersebut. Selain itu, POV di sini juga bisa membahas sudut pandang mereka yang menyimak kejadian viral itu, contohnya seperti netizen.

Berikut ini adalah contoh arti kata POV di media sosial:

" Apa sih POV si penabrak" Kan dia yang salah, malah dia yang paling marah-marah."

" POV korban tentu saja sangat menyayangkan perlakukan semena-mena pelaku yang terkesan sangat tidak bertanggungjawab.

Itulah arti kata POV yang perlu Diazens ketahui. Semoga membantu ya guys.

Beri Komentar