Arti Kata Rungkad yang Populer Dinyanyikan oleh Happy Asmara

Reporter : Andrawira Diwiyoga
Rabu, 10 Juli 2024 16:51
Arti Kata Rungkad yang Populer Dinyanyikan oleh Happy Asmara
Lagu "Rungkad" memang sempat menarik perhatian karena enak didengar. Lalu, apa sih arti dari kata rungkad? Apakah maknanya negatif atau positif?

Lagunya viral dan bikin banyak orang penasaran, ternyata arti kata rungkad merupakan bahasa Jawa yang artinya hancur. Kata rungkad sempat viral karena menjadi judul lagu yang dibawakan oleh pedangdut Happy Asmara.

Seperti kita semua ketahui, Happy Asmara merupakan seorang penyanyi dangdut yang berasal dari Kediri, Jawa Timur. Tidak jarang berbagai single yang dinyanyikan oleh Happy Asmara booming di tengah-tengah masyarakat atau media sosial.

Beberapa single dari Happy Asmara yang booming seperti Ngopi Maszeh, Alololo, Kalah, Santai Aja Cuy, dan Rungkad. Ternyata, banyak netizen yang pensaran dengan lagu Rungkad tersebut. Tidak sedikit yang kepo dengan makna atau arti dari kata rungkad. Yuk kita bahas Diazens.

1 dari 4 halaman

Profil Lagu Rungkad

Arti Kata Rungkad© instagram.com/@happy_asmara77

Sebelum kita masuk membahas arti kata rungkad, ada baiknya kita membahas terlebih hal yang membuatnya diketahui banyak orang alias yang memviralkan. Kata rungkad mulai dikenal banyak orang lewat lagu yang berjudul sama yang dinyanyikan oleh pedangdut Happy Asmara. Pencipta dari lagu Rungkad bernama Vicky Prasetyo yang berasal dari Bantul, Yogyakarta.

Vicky sempat bercerita bahwa lagu Rungkad hanya dibuat dalam kurun waktu 10 menit saja. Vicky pernah bermimpi ia didatangi seorang perempuan yang memintanya untuk membuat lagu yang judulnya harus menggunakan kata rungkad. Perempuan di mimpi Vicky tersebut mengatakan kalau lagu rungkad itu akan mengubah hidupnya.

Lagu Rungkad mulai dinyanyikan oleh Happy Asmara pada tahun 2022. Sejak saat itu, kata rungkad menjadi viral dan bikin banyak orang penasaran.

2 dari 4 halaman

Lirik Lagu Rungkad

Arti Kata Rungkad© instagram.com/@happy_asmara77

Berikut ini adalah lirik lagu Rungkad yang dipopulerkan oleh Happy Asmara beserta terjemahannya.

Rungkad
(Ambyar)
Entek Entek an
(Habis-Habisan)
Kelangan Kowe Sing Paling Tak Sayang
(Kehilangan kamu yang paling disayang)
Stop Mencintaimu
(Berhenti Mencintaimu)
Gawe Aku Ngelu
(Buat aku sakit kepala)

Mungkin
Aku Terlalu Cinta
Aku Terlalu Sayang Nganti
Aku terlalu sayang sampai
Ra Kroso Dilarani
Nggak kerasa disakiti

Pancen
(Memang)
Ku Akui Ku Salah
Terlalu Percoyo Mergo
(Terlalu percaya karena)
Mung Nyawang Rupo
(Hanya melihat wajah)

Saiki Aku Wis Sadar
(Sekarang aku sudah sadar)
Terlalu Goblok Mencintaimu
(Terlalu bodoh mencintaimu)

Rungkad
(Ambyar)
Entek Entek an
(Habis-habisan)
Kelangan Kowe Sing Paling Tak Sayang
(Kehilangan kamu yang paling disayang)
Bondoku Melayang Tego Tenan
(Hartaku melayang tega banget)
Tangis Tangisan

3 dari 4 halaman

Arti Kata Rungkad yang Viral

Arti Kata Rungkad© instagram.com/@happy_asmara77

Sejak populernya lagu tersebut, banyak netizen yang bertanya-tanya alias pensaran dengan arti kata rungkad. Rungkat merupakan kata dari bahasa Jawa yang artinya adalah hancur, runtuh, roboh, tumbang, ambruk, dan tercerabut sampai akarnya. Secara harafiah, kata rungkad biasa digunakan untuk menggambarkan kondisi pohon atau bangunan yang hancur lebur atau ambruk.

Kata rungkad termasuk dalam bahasa Jawa ngoko kasar, yang artinya sering digunakan dalam kondisi tidak formal. Rungkad juga diucapkan dengan orang-orang di lingkungan yang memiliki kedekatan emosional tinggi.

4 dari 4 halaman

Penggunaan Kata Rungkad

Kita sudah mengetahui arti kata rungkad yang dipopulerkan oleh Happy Asmara tersebut. Sekarang kita lanjut ke bagian cara penggunaannya. Seperti disebutkan sebelumnya, kata rungkad sering kali digunakan untuk menggambarkan kondisi bangunan, pohon, atau sesuatu yang besar dalam keadaan hancur lebur atau ambruk.

" Omahe wis rungkad, gak isok digenakno maneh" yang memiliki arti " rumahnya sudah hancur, tidak bisa diperbaiki lagi."

Namun, kata rungkad di zaman sekarang menjadi lebih luas penggunaannya. Rungkad bisa menunjukkan rasa emosional atau perasaan seseorang yang down dalam kehidupannya.

" Aku diselingkuhi, atiku wis rungkad saiki" yang artinya " aku diselingkuhi, sekarang hancur hatiku."

Arti Kata Rungkad© instagram.com/@happy_asmara77

Itulah arti kata rungkad yang dipopulerkan dalam sebuah lagu dan dinyanyikan oleh pedangdut Happy Asmara. Sudah tidak penasaran atau kepo lagi kan dengan arti kata rungkad?

Beri Komentar