Jangan Asal Pakai! Ini Arti Kata 'Shibal', Umpatan yang Sering Muncul di Drama Korea

Reporter : Arifina
Kamis, 18 Juli 2024 16:47
Jangan Asal Pakai! Ini Arti Kata 'Shibal', Umpatan yang Sering Muncul di Drama Korea
Terdengar lucu memang, tapi kata "shibal" ternyata nggak boleh sembarangan dipakai lho! Kenali dulu arti dan penggunaannya yuk!

Apa arti kata "shibal"? Bagi pecinta drama Korea (drakor) kata tersebut kiranya tidak asing di telinga.  Biasanya, kata tersebut muncul beberapa scene drakor dan kerap juga diucapkan dalam percakapan sehari-hari.

Kata "shibal" seakan terdengar lucu jika diucapkan oleh idol K-Pop. Padahal, kata tersebut tidak boleh asal diucapkan lho!

Mungkin bagi sebagian orang yang mendengarnya, "shibal" telihat keren. Tapi, apa sih sebenarnya arti kata "shibal"?

 

1 dari 5 halaman

Arti Kata "Shibal"

Ilustrasi Wanita Marah

© Shutterstock

Apa itu " shibal" ? Dalam bahasa Korea, " shibal" (씨발) adalah salah satu umpatan. Kurang lebih, jika diartikan dalam bahasa Indonesia sama dengan sialan, keparat, bajingan, atau persetan.

Secara harfiah, kata " shibal" adalah kata makian yang setara dengan kata-kata sumpah serapah. Dalam bahasa Inggris, kata ini sering diterjemahkan sebagai fuck, damn, atau shit.

 

2 dari 5 halaman

Konotasinya sangat negatif dan sering digunakan untuk mengekspresikan kemarahan, frustrasi, atau ketidakpuasan yang mendalam.

Meski tergolong kata kasar, " shibal" terkadang digunakan dalam percakapan santai antar teman untuk mengungkapkan kekesalan ringan atau bahkan sebagai bahan candaan.

Namun, penggunaannya tetap perlu berhati-hati agar tidak menyinggung lawan bicara. Karena itu, jangan cuma beranggapan agar gaul dan keren ya, kata " shibal" nggak bisa digunakan sembarangan deh!

 

3 dari 5 halaman

Penggunaan "Shibal" dalam Percakapan Sehari-hari

Ilustrasi Marah

© shutterstock.com

Meski terdengar familiar dan sering digunakan di drama Korea, perlu diingat bahwa shibal adalah kata kasar. Karena itu, penggunaan " shibal" perlu diperhatikan konteksnya.

Bentuk Ekspresi Kemarahan atau Frustrasi:

Ketika seseorang merasa sangat marah atau frustrasi, mereka mungkin mengucapkan " shibal" untuk melampiaskannya. Misalnya, ketika seseorang mengalami kecelakaan kecil atau kesalahan besar, mereka mungkin berkata, " Ah, shibal!" sebagai bentuk luapan emosinya.

Kejutan atau Ketidakpercayaan:

Kadang-kadang, " shibal" juga digunakan untuk mengekspresikan kejutan atau ketidakpercayaan terhadap suatu situasi. Misalnya, ketika seseorang mendengar berita yang sangat mengejutkan, mereka mungkin berkata, " Shibal, sungguh?"

4 dari 5 halaman

Celah Antar Teman:

Dalam beberapa konteks, terutama di antara teman dekat, kata ini dapat digunakan dengan cara yang lebih santai, meskipun tetap terlihat vulgar ya. Misalnya, teman-teman mungkin saling menggoda dengan menggunakan kata ini dalam percakapan sehari-hari.

Nah, penggunaan kata " shibal" sendiri terbilang cukup kontroversial. Hal ini karena tingkat kesopanannya yang sangat rendah.

Di banyak situasi formal atau di hadapan orang yang lebih tua, penggunaan kata ini dianggap sangat tidak sopan dan dapat menimbulkan masalah sosial.

 

5 dari 5 halaman

Alternatif Kata Selain "Shibal"

Ilustrasi Wanita Marah

© Shutterstock

Maraknya drama Korea dan K-Pop membuat banyak kata dan istilah Korea Selatan menjadi tren, termasuk " shibal." Namun, penting untuk memahami arti dan penggunaan yang tepat sebelum menggunakan kata-kata tersebut.

Alih-alih pakai kata " shibal" , kamu bisa menggunakan alternatif lainnya yang lebih sopan lho! Di antaranya sebagai berikut:

  • Dang (Dang!) - Ungkapan kekecewaan atau kekesalan yang lebih ringan.
  • Aigo (Aigoo!) - Kata seru yang menunjukkan rasa frustrasi atau terkejut.
  • Yakbapseu (Yakbapseubnida!) - Artinya " menyebalkan" dengan nada yang lebih halus.
  • Yakseu (약속 yaekseu ): Kesal karena sesuatu yang tidak berjalan sesuai rencana.
  • Jebal (제발 jebal ): Memohon atau meminta sesuatu dengan nada mendesak.

Itulah arti kata " shibal" yang bisa kamu pahami. Jadi, jangan asal mau terlihat keren saja tapi mempelajari bahasa Korea juga perlu berhati-hati dalam segala pengucapan dan konteks ya. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar