Fantech.id
Menjadi penulis artikel, khususnya artikel ilmiah tentunya sangat memerlukan sumber rujukan untuk tulisannya. Sumber rujukan tersebut berfungsi sebagai penguat argumen mengenai isu, subjek atau objek yang sedang penulis angkat. Oleh karena itu, kehadiran daftar pustaka sangatlah penting, jadi bagaimana cara membuat daftar pustaka dari internet?
Daftar pustaka berfungsi sebagai kumpulan sumber rujukan yang dipakai pada suatu judul tulisan ilmiah. Format penulisannya juga bermacam-macam, seperti MLA, APA, ASA, dan sebagainya. Tetapi, pada artikel ini kita akan membahas cara membuat daftar pustaka dari internet format APA, karena kebanyakan tulisan ilmiah di Indonesia menggunakan format tersebut.
Masih banyak para penulis yang menulis daftar pustakanya secara satu per satu, tentu hal tersebut akan memakan waktu yang lama. Ascarya.or.id memiliki cara membuat daftar pustaka dari internet otomatis untuk mengatasinya.
Langkah pertama, kunjungi website tujuan dimana kamu ingin mengutip tulisan.
Dalam hal ini, dapat dicontohkan dengan mengunjungi website ensiklopedia Britannica
Cari tulisan yang ingin kamu kutip pada karya ilmiah kamu, sebagai contoh cari tulisan tentang “ revolusi Industri”.
Perhatikan gambar di atas baik-baik, ada tombol “ Cite” pada website, klik tombol tersebut kemudian akan muncul pilihan penulisan daftar pustaka dari artikel yang sedang kamu baca tersebut. Seperti pada gambar berikut:
Setelah itu, paste ke dokumen yang sedang kamu kerjakan
Selesai
Sebenarnya menulis sumber rujukan tanpa penulis masih diperbolehkan. Namun kebanyakan orang masih bingung bagaimana cara membuat daftar pustaka dari internet tidak ada nama penulis. Publikasiindonesia.id memiliki solusi atas permasalahan tersebut.
Berdasarkan urutan menulis APA style harusnya kurang lebih seperti ini
Nama Belakang
Nama Depan
Tanggal Publikasi
Judul Halaman
Judul Situs
Tanggal Akses
Contoh:
Smith, J. (1 Sep. 2012). The Sky is Blue. ObviousObservations.com. Diakses tanggal 3 Sep. 2013, dari www.obviousobservations.com/JohnSmith
Kalau tanpa penulis maka hanya perlu mengganti nama penulis dengan asosiasi atau instansi yang menaungi artikel tersebut atau juga bisa dengan memindahkan judul halaman ke tempat nama penulis, maka kurang lebih akan menjadi seperti ini
Contoh:
Dengan nama asosiasi atau instansi
Associated Press. (1 Sep. 2012). The Sky is Blue. ObviousObservations.com. Diakses tanggal 3 Sep. 2013, dari www.obviousobservations.com/Associated
Dengan memindahkan judul halaman ke depan
The Sky is Blue. (1 Sep. 2012). ObviousObservations.com. Diakses tanggal 3 Sep. 2013, dari www.obviousobservations.com/TanpaPenulis
Daftar pustaka juga bisa ditulis otomatis di Microsoft Word loh! Jadi kamu ngga perlu ribet-ribet pindah-pindah window lagi. Tinggal klik klik klik di Word, daftar pustaka mu sudah jadi deh. Yuk disimak cara membuat daftar pustaka dari internet di word!
Dilansir dari paradokumen.com berikut langkah-langkahnya
Buka program MS Word
Siapkan satu sheet Document untuk membuat Halaman Daftar Pustaka
Selanjutnya, untuk membuat list referensi daftar pustaka pilih REFERENCE > Manage Sources > New
Kemudian akan tampil form seperti di bawah ini. Pilih Type of Source jenis referensi yang akan kita input (di kolom yang diberi panah merah) > Isi kolom-kolom yang tersedia sesuai data yang diminta.
Bila kamu ngga suka sama cara kerja pembuatan daftar pustaka di word, kamu bisa coba aplikasi Mendeley. Merupakan aplikasi penyedia layanan dalam menyusun daftar pustaka dan dapat diintegrasikan di word! Fantech.id punya cara membuat daftar pustaka dari internet menggunakan mendeley.
Pastikan software Mendeley telah terinstal di laptop atau PC kamu.
Buka software Mendeley terlebih dahulu untuk menentukan, gaya atau style format daftar pustaka yang ingin digunakan (APA, MLA, dan Harvard). Cara membuat daftar pustaka otomatis sesuai format dengan software Mendeley adalah masuk ke tab “ References” > “ Style” > kemudian pilih style format yang diinginkan.
Kemudian buka file Ms. Word yang ingin kamu tambahkan daftar pustaka.
Lalu pilih menu “ References” yang terdapat pada menu atas layar Ms. Word.
Pilih opsi “ Insert Bibliography” untuk memulai membuat daftar pustaka dengan Mendeley.
Adapun cara membuat daftar pustaka dengan Mendeley dengan cara menyalin sitasi langsung dari bahan penelitian adalah sebagai berikut :
Buka jurnal atau bahan yang ingin kamu jadikan daftar pustaka pada penelitian kamu.
Lakukan klik kanan pada laman tersebut, lalu pilih opsi “ Copy As”.
Kemudian pilih opsi “ Formatted Citation”. Setelah itu, secara otomatis format daftar pustaka dari bahan atau jurnal tersebut telah tersalin.
Buka lembar atau halaman daftar pustaka pada file Ms. Word kamu, dan paste sitasi yang telah tersalin sesuai format. Secara otomatis daftar pustaka telah ter-input sesuai dengan format yang telah ditentukan.
Begitu cara membuat daftar pustaka dari internet Diazens! Mudah sekali bukan? Namun, setiap instansi, asosiasi, atau kampus pasti memiliki template dalam menulis daftar pustaka, jadi sesuaikan sama kebutuhan kamu yaa! Semoga bermanfaat!
Penulis: Akhiroel Mohammad Effendi