Cara Menanam Bawang Putih di Pekarangan Rumah dengan Mudah Hingga Sukses Panen

Reporter : Novi Hardita Larasati
Rabu, 9 September 2020 08:34
Cara Menanam Bawang Putih di Pekarangan Rumah dengan Mudah Hingga Sukses Panen
Inilah cara menanam bawang putih dengan mudah yang patut kamu coba di rumah.

Ditengah pandemi Covid-19 saat ini, bercocok tanam menjadi salah satu kegiatan yang banyak digandrungi oleh sebagian orang. Selain menyenangkan, kamu pun juga bisa menghemat pengeluaran rumah tangga yang biasanya kamu makan di rumah.

Salah satunya adalah cara menanam bawang putih. Budidaya bawang putih ini sangat mudah dilakukan di rumah, sebab dengan bermodalkan 1 siung bawang, kamu sudah bisa memelihara serta memanennya jadi lebih banyak. Menarik, bukan?

Nah, kalau kamu ingin mencoba dan mempelajari bagaimana cara menanam bawang putih dengan mudah di pekarangan rumah, langsung saja simak ulasan berikut ini yang telah dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 3 halaman

Cara Menanam Bawang Putih di Pot

Cara Menanam Bawang Putih

Seperti yang diketahui, bawang putih memrupakan salah satu bumbu dapur yang wajib dalam berbagai macam masakan. Oleh karena itu, tidak ada salahnya kalau kamu mencoba untuk menanamnya di rumah supaya lebih mudah mendapatkannya.

Bahkan, dengan langkah yang sederhana dan masa tanam yang singkat, cara menanam bawang putih pun sangat mudah diterapkan bagi pemula. Untuk itu, yuk simak penjelasan lebih lengkapnya mengenai budidaya bawang putih di bawah ini.

1. Persiapan

Langkah pertama cara menanam bawang putih ialah memilih wadah atau pot dengan kedalaman 20cm serta memiliki lubang drainase. Kalau sudah, kamu bisa menanam lebih dari satu umbi bawang putih dengan menyediakan wadah yang lebih besar.

Untuk pot yang lebih besar, sebaiknya bisa menampung siung bawang putih dengan jarak 10cm antar siung. Lalu, isi pot dengan tanah dan sisakan ruang kira-kira 2,5cm dari bibir pot, dan bagi menjadi 3 bagian tanah serta 1 bagian pasir.

Langkah selanjutnya cara menanam bawang putih ialah ambil umbi bawang putih yang telah dipisahkan dari siung-siungnya, lalu tanamlah siung tersebut dengan posisi ujung yang rata (bagian bawah) menghadap ke bawah dan ujung yang lancip menghadap ke atas.

2 dari 3 halaman

2. Menanam Siung Bawang

Cara Menanam Bawang Putih

Setelah memperisapkan langkah diatas, cara menanam bawang putih berikutnya adalah tekan tiap siung tersebut sampai 10-15cm ke dalam tanah. Ohya, sebaiknya sediakan ruang selebar ±2,5 cm antara ujung siung dan permukaan tanah.

Kemudian, tanam siung bawah putih tersebut dengan jarak kira-kira 10 cm. Lalu, letakkan pot di area yang terkena sinar matahari langsung kira-kira 8 jam per hari.

3. Merawat Tanaman Bawang Putih

Cara menanam bawang putih selanjutnya adalah letakkan pot tanaman tersebut di sekitar bak cuci piring atau tempat lain yang memungkinkan air untuk mengalir. Untuk menyirami tanaman ini, caranya cukup dipercikkan dan biarkan air mengalir melewati lubang di bawah pot.

Ohya, pastikan tanah pada tanaman tersebut tetap lembap namun tidak terlalu basah, ya. Sebab, semakin sering tanaman terkena sinar matahari, maka kamu juga akan semakin sering untuk menyiramnya.

Saat tunas bunga mulai muncul, cara menanam bawang putih berikutnya adalah pangkaslah pada bagian dasarnya. Sebab, kalau kamu memotong bunga tersebut, seluruh energi akan dialihkan untuk membuat umbi yang lebih besar.

3 dari 3 halaman

4. Masa Panen

Cara Menanam Bawang Putih

Masa panen bawang putih bisa ditentukan berdasarkan jenis serta cuaca di sekitar wilayah tempat tinggalmu, namun biasanya masa panen bawang putih berkisar antara 90-120 hari, tergantung jenisnya.

Umbi bawang yang siap dipanen itu saat bagian tengah daun tampak menguning cenderung cokelat. Kalau sudah begitu, kamu bisa mengambil bawang ketika tanah cenderung kering.

5. Proses Setelah Panen Bawang Putih

Setelah masa panen, ada langkah selanjutnya dari cara menanam bawang putih yang tidak boleh kamu lewatkan, yakni letakkan tanamanmu di bawah sinar matahari yang tidak terlalu terang. Hal ini dilakukan supaya akan membuat lapisan kulit bawang terluar pecah, agar lebih mudah dikupas nantinya.

Itulah cara menanam bawang putih dengan mudah dan sederhana yang bisa kamu coba di pekarangan rumah. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar