Cara Menanam Melon dari Biji di Halaman Rumah dengan Benar, Mudah Dipraktikkan Bagi Pemula

Reporter : Novi Hardita Larasati
Senin, 21 September 2020 09:22
Cara Menanam Melon dari Biji di Halaman Rumah dengan Benar, Mudah Dipraktikkan Bagi Pemula
Inilah cara menanam melon agar hasil melimpah dan bebas penyakit.

Siapa nih yang suka buah melon? Mungkin sebagian dari kalian begitu suka dengan buah yang satu ini. Yaps, selain bentuknya yang menyerupai semangka, buah melon juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh, lho!

Sehingga, tak heran kalau peminat buah melon cukup banyak. Namun, daripada kamu terus-terusan untuk membeli buah melon di pasar atau toko swalayan, alangkah baiknya kamu mencoba cara menanam melon di rumah.

Selain hemat, kamu juga bisa menjadikan ini sebagai hobi baru untuk mendapatkan nilai jual yang tinggi. Menarik bukan? Untuk itu, langsung saja simak ulasan berikut ini tentang cara menanam melon bagi pemula yang telah dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 3 halaman

Cara Menanam Melon dari Biji

Cara Menanam Melon

Seperti yang diketahui, bulan melon (Curcumis melo L) ini awalnya buah yang berasal dari dataran Persia yang hingga akhirnya menyebar ke beberapa wilayah seperti Timur Tengah, Amerika, Eropa, dan sampailah ke Indonesia.

Meski dikatakan mudah, namun cara menanam melon  dari biji tidak lepas dari penentuan lahan yang pas bagi tanaman itu sendiri. Pasalnya, lahan yang sesuai dengan habitat buah melon nantinya akan menghasilkan panen yang melimpah.

Nah, kalau kamu tertarik ingin mencoba cara menanam melon dari biji di rumah, berikut ada beberapa syarat yang perlu diperhatikan:

- Carilah lahan yang disinari matahari langsung, dan hindari lahan dengan kondisi angin yang bertiup terlalu kencang.

- Suhu yang disukai tanaman melon ialah sejuk dan kering, kira-kira antara 24 sampai 30 derajat celcius.

- Tanah liat yang mengandung pasir dan kaya akan unsur hara merupakan media terbaik sebagai langkah cara menanam melon.

Setelah mengetahui syarat dari cara menanam buah melon, selanjutnya kamu bisa mempraktikkan di rumah untuk menanam buah yang satu ini.

2 dari 3 halaman

1. Pemilihan Bibit Melon

Cara Menanam Melon

Langkah pertama dalam cara menanam melon dari biji adalah pemilihan benih yang baik. Sehingga untuk menentukan apakah benih tersebut baik atau tidak, cobalah rendam benih air atonik dan furadam kurang lebih dari 2 jam.

Cara menanam melon dalam pembibitan yaitu, perhatikan kalau ada benih yang mengapung, maka hal tersebut pertanda benih kurang baik bagi budidaya buah melon.

Setelah itu, simpanlah benih yang kering dan tidak lembab supaya terhindar dari tumbuhnya jamur. Namun, kalau kamu memilih polybag sebagai media penanaman, maka berikan alas koran dibawah polybag agar akar melon tidak menembus ke tanah.

2. Persemian Benih Melon

Cara menanam buah melon dari biji berikutnya yaitu pembibitan. Sebelu, ditanam di lahan, bibit buah melon perlu disemai terlebih dahulu ya, guys. Beriut tahap persemaian benih:

- Pertama, rendam benih selama 3 jam untuk menghasilkan perkecambahan benih. Lalu, masulam benih dalam polybag yang sebelumnya sudah diisi dengan pupuk kandang tanah dengan ukuran 1:4.

- Kalau sudah, cara menanam melon dari biji adalah tutup benih dengan tanah yang dicampur abu sekam. Kemudian, sirami dengan rutin setiap pagi sehari satu kali dengan menggunakan semprotan.

- Setelah benih berusia 12 hari dan sudah tumbuh daun 3 sampai 5 helai, maka benih siap untuk dipindahkan kedalam lahan yang lebih luas.

3 dari 3 halaman

3. Penanaman Benih Melon

Cara Menanam Melon

Setelah lubang tanam siap, cara menanam melon dari biji berikutnya ialah memindahkan benih tanaman kedalam lubang tanam yang ada di bedengan. Namun perlu diperhatikan, bahwa waktu tanam yang dianjurkan adalah pada awal bulan kemarau.

Sehingga, cara menanam melon yang baik ialah menanam bersama media tanah didalam polybag. Tapi jangan lupa untuk melepaskan plastik polybag terlebih dahulu, ya. Setelah itu, masukkan benih bersama media tanah tadi kedalam lubang tanam dengan hati-hati agar tidak merusak akar yang sudah terbentuk pada saat bibit disemai.

4. Pemeliharaan Tanaman Melon

Melakukan pemeliharaan rutin dan telaten merupakan cara menanam melon dari biji yang tidak kalah pentingnya. Pada tahap ini terdiri dari penjarangan, penyulaman, penyiangan, pengairan, pemupukan, sampai penyemprotan pestisida untuk mengusir hama dan penyakit tanaman.

Oleh karena itu, cara menanam melon yang baik dan benar adalah rutin mengontrol kalau ada tanaman yang tidak tumbuh dengan sempurna maka segera ganti dengan tanaman yang baru serta membersihkan gulma dan rumput pengganggu di sekitar tanaman.

5. Masa Panen

Setelah melakukan proses cara menanam melon diatas dengan benar, maka sekarang kamu tinggal menunggu masa panen. BUah melon yang sudah bisa dipanen ialah dengan ciri-ciri fisik ukuran buah cukup besar, warna kulit kekuningan, serta pada kulit terlihat serat ja;a yang kasar dan nyata.

Itulah ulasan singkat yang membahas tentang cara menanam melon dengan baik dan benar agar menghasilkan panen yang melimpah. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar