Ciri-Ciri Venus, si Planet Paling Terang Bila Dilihat dari Bumi

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Rabu, 24 Februari 2021 15:33
Ciri-Ciri Venus, si Planet Paling Terang Bila Dilihat dari Bumi
Ciri-ciri venus mudah banget diamati karena jadi cahaya yang paling terang di langit saat muncul.

Ciri-ciri planet Venus yang paling bisa kita lihat adalah kemuculannya di waktu-waktu menjelang matahari terbit dan terbenam. Saat dia muncul, Venus adalah planet yang paling cemerlang di langit.

Dalam sistem tata surya, planet Venus adalah tetanga bumi yang paling dekat. Bila dilihat di langit, dia adalah objek yang paling terang setelah Matahari dan juga Bulan. Penampakannya sudah dicatat pada sekitar 3000 SM dan disebutkan secara jelas dalama catatan astronomi peradabn kuno.

Melansir Britannica, planet Venus ini dikenal di Yunani Kuno dengan dua nama yang berbeda tergantung kemunculannya. Saat muncul sebagai bintang pagi, Venus bernama Fosfor sedangkan saat terang sebagai bintang malam, namanya adalah Herperus. Nama modernnya berasal dari dewi cinta dan kecantikan Romawi. Kemungkinan, ini berkaitan dengan ciri-ciri Venus yang seperti permata.

1 dari 3 halaman

Ciri-Ciri Planet Venus

Ciri-Ciri Venus

Seperti ini nih ciri-ciri Venus, planet yang dapat sebutan bintang pagi dan bintang malam tersebut.

1. Venus bersinar sangat terang sehingga menjadi " bintang" pertama yang muncul di langit setelah Matahari terbenam, atau yang terakhir menghilang sebelum Matahari terbit. Posisi orbitnya berubah, sehingga menyebabkannya muncul pada waktu malam yang berbeda sepanjang tahun.

Ciri-ciri Venus yang paling mudah ditemukan yaitu cahayanya yang paling terang setelah Matahari dan Bulan. Ini karena sebagian besar wilayahnya diterangi oleh Matahari. Meski begitu cahaya yang dimiliki Venus yang terlihat di Bumi bukanlah kecerahaan maksimum dari planet ini sepenuhnya karena atmosfer Venus bukan refelktor sempurna.

2. Venus disebut juga dengan kembaran bumi karena ciri-ciri Venus yang memiliki kemiripan massa, ukuran, kepadatana dan lokasinya di tata surya. Ini kemungkinan karena baik Bumi atau Venus terbentuk di nebula matahari dari jenis blok penyusun planet berbatu yang sama, sehingga kemungkinan besar punya komposisi kimiawi keseluruhan yang sama.

3. Tapi apakah dengan ciri-ciri Venus yang demikian membuat planet ini bisa ditempati? Oh tentu tak semudah itu. Dikutip dari Stelvision, kondisi planet ini kayak neraka. Nggak cuman cuhu permukannya yang mencapai 500 derajat celcius karena efek rumah kaca, tapi udaranya adalah campuran yang nggak bisa buat bernapas. Sebagian besar terdiri dari karbon dioksida dan nitrogen, hanya dengan sedikit asam sulfat, asam klorida, dan bahkan belerang. Dengan ciri-ciri  Venus yang demikian, planet ini nggak masuk dalam pilihan untuk berpindah kependudukan.

4. Kalau kebanyakan planet lain berputar berlawanan jarum jam pada porosnya, maka ciri-ciri Venus ini justru sebaliknya. Ini dikenal sebagai rotasi retrograde dan mungkin disebabkan oleh tabrakan dengan asteroid atau objek lain yang menyebabkan planet ini mengubah jalur rotasinya.

5. Di Venus, nggak ada perbedaan suhu pada siang dan malam. Ini karena pergerakan angin matahari yang lambat melintasi permukaan planet.

6. Bila dilihat dengan menggunakan mikroskop, ciri-ciri Venus yaitu tampak seperti bulan Sabit. Tapi Venus selalu diselimuti oleh awan putih tebal sehingga nggak bisa dilihat bagaimana detailnya permukannya. Eh tapi awan inilah yang membuat Venus bisa bersinar terang.

2 dari 3 halaman

Ciri-Ciri Planet Venus Adalah Cahayanya yang Terang

Ciri-Ciri Venus

Cahaya Venus yang terang ini muncul karena merefleksikan cahaya matahari, bukan dari cahayanya sendiri karena Venus bukanlah bintang.

Seberapa terang sih? Dalam skala kecerahan benda langit, Venus seringkali punya nilai turun di bawah -4. Luminositas ini jauh melebihi Sirius, bintang paling terang di langit, dengan magnitudo -1,5. Angka yang lebih kecil dan negatif menunjukkan semakin cerah suatu benda langit.

Tapi, ciri-ciri Venus ini sering disamakan dengan planet terang lainnya yakni Jupiter. Selama waktu Jupiter nampak di Bumi, Jupiter bsia disebut mendominasi bintang langit. Hanya sayangnya kecerahan Jupiter dan ciri-ciri Venus nggak bisa disamakan karena jarak Jupiter yang lebih jauh.

3 dari 3 halaman

Beda Ciri Planet Merkurius dan Venus

Ciri-Ciri Venus

Keduanya merupakan planet yang paling dekat dengan matahari, tapi untuk masalah urutan planet yang paling panas. Ternyata bukan Merkurius lho walaupun letaknya yang lebih dekat dengan matahari.

Bagian planet Merkurius yang dekat dengan matahari punya suhu hingga 426 derajat celcius. Pada siang hari, suhu rata-rata planet merkurius yakni sekitar 70 derajat celcius, sedangkan sisi lain yang jauh dengan matahari atau malam hari bersuhu -173 derajat Celcius. Sedangkan planet Venus bersuhu 426 derajat di manapun planet ini berada. Beda ciri-ciri Venus dan merkurius ini terjadi karena perbedaan atmosfer.

Merkurius nggak punya atmosfer sedangkan Venus punya atmosfer yang sangat tebal dan memerangkap panas dari Matahari.

Keduanya bisa terlihat dari bumi. Bila Venus bisa kamu lihat di langit yang agak tinggi, Merkurius berada di lokasi yang dekat dengan cakrawala.

Seru banget kan belajar tentang ciri-ciri Venus. Kalau mau tahu tentang ciriplanet lainnya, kepoin artikel ini aja deh!

Beri Komentar