Ian Kasela Soal Lagu Cinderella, Sebut Ada Pengalihan Hak Cipta

Reporter : Nasa
Senin, 21 Agustus 2023 17:29
Ian Kasela Soal Lagu Cinderella, Sebut Ada Pengalihan Hak Cipta
Lantas lagu Cinderella ciptaan siapa ya?

Kisruh soal hak cipta lagu Cinderella, Vokalis band Radja, Ian Kasela mengklaim tak pernah satu kali pun menyebut dirinya sebagai pencipta tunggal lagu Cinderella. Menurutnya, ia juga selalu menyisipkan nama Ipay pada bagian credit title lagu tersebut.

"No. Memang bukan saya yang menciptakan lagu itu. Di mana-mana selalu ada namanya dia [Ipay]," kata Ian Kasela seperti diberitakan detikcom, Senin (21/08/2023).

 

1 dari 4 halaman

Ia pun menjabarkan bukti mengenai perjanjian yang telah disepakati bersama Ipay sejak 2010. Menurut pengakuannya, terdapat surat pernyataan pengalihan hak cipta lagu Cinderella dari Ipay ke Ian.

" Ini lho, saya bawa surat yang sudah kami tanda tangani bersama pada 2010. Di sini ada kronologinya bagaimana sampai akhirnya ada surat perjanjian itu," sambungnya.

Menurutnya, surat-surat tersebut dapat digunakan sebagai bukti otentik, serta dapat diserahkan kepada kepada pihak kepolisian untuk meluruskan polemik penciptaan lagu Cinderella.

" Jadi semuanya akan menjadi bukti kok. Ini di surat ini sudah menjadi kesepakatan bersama selamanya. Nilai kontraknya juga sudah ada, hak intelektualnya juga sudah ada di surat ini," jelasnya.

 

2 dari 4 halaman

Kisruh soal lagu Cinderella ini hadir usai Rival Achmad Albaikka alias Ipay menjadi bintang tamu dalam tayangan YouTube Dunia MANJI milik Anji pada awal Agustus 2023.

Dalam siniar yang diunggah 4 Agustus, Ipay mengaku Cinderella sudah ia garap bersama band miliknya sejak 1996. Ipay juga menyebut Ian Kasela pernah meminta izin "meminjam" lagu itu pada awal 2000-an.

Mereka juga sempat membahas kontrak terkait lagu itu, tetapi Ipay menyebut kontrak tersebut tidak pernah ada. Di sisi lain, Radja kemudian merilis lagu itu dengan nama Ian Kasela sebagai pencipta lagu.

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Ian Kasela (@iankaselaradja)

3 dari 4 halaman

Lagu Cinderella juga sempat dirilis beberapa kali oleh Radja, seperti ketika pertama kali muncul dalam album Manusia Biasa (2003).
Cinderella lalu dirilis ulang pada album ketiga Radja berjudul Langkah Baru (2004). Nama pencipta lagu dalam edisi tersebut mencantumkan Ipay serta Ian Kasela.

Dalam pengakuan kepada Anji, Ipay juga mengklaim Moldy pernah melihat dan mendengar lagu Cinderella sejak awal Ipay menggarap lagu itu di studio.

 

4 dari 4 halaman

Di sisi lain, Ipay menyebut tidak kenal dan tidak pernah bertemu dengan Ian Kasela sejak awal, hanya Moldy. Hingga kemudian Ian disebut Ipay muncul dengan alasan ingin " meminjam" lagu Cinderella.

Dalam pengakuan kepada Anji, Ipay juga mengklaim Moldy pernah melihat dan mendengar lagu Cinderella sejak awal Ipay menggarap lagu itu di studio.

Ipay menyebut tidak kenal dan tidak pernah bertemu dengan Ian Kasela sejak awal, hanya Moldy. Hingga kemudian Ian disebut Ipay muncul dengan alasan ingin " meminjam" lagu Cinderella.

Wahh gimana nih Diazens kalau menurut kalian?

Beri Komentar