Jenis Bunga Krisan dan Fakta-Faktanya, Mulai dari Sejarah hingga Manfaat

Reporter : Zaki
Rabu, 22 Juli 2020 21:46
Jenis Bunga Krisan dan Fakta-Faktanya, Mulai dari Sejarah hingga Manfaat
Ketahui lebih dalam yuk!

Jika ingin berbahagia sepanjang hayat, maka tanamlah krisan. Filosofi populer dari daratan China itu seakan mengungkapkan ngetopnya jenis bunga krisan sebagai simbol kebahagiaan. Banyak dibudidayakan sebagai bunga potong, bunga ini juga dikenal dengan nama Chrysanthemum. Dalam bahasa Yunani, Chrysos artinya emas dan anthemon yang berarti bunga.

Dirangkai jadi buket cantik atau melengkapi dekorasi pelaminan pernikahan, ternyata ada banyak fakta unik di balik si cantik bunga krisan. Check these out!

1 dari 7 halaman

Pertama Ditemukan di Cina

Kebanyakan jenis bunga krisan alami berasal dari dataran Asia Timur, khususnya Jepang. Tapi sejarah mencatat kalau bunga dengan warna-warna cerah ini pertama kali dibudidayakan di China pada 3000 tahun sebelum Masehi.

Nggak heran kalau bunga krisan dijadikan salah satu dari Four Gentlemen of China yaitu anggrek untuk musim semi, bambu untuk musim panas, krisan untuk musim gugur dan bunga plum untuk musim dingin. Bunga krisan memang mulai mekar di awal musim gugur dan jadi bunga favorit untuk mewakili bulan November.

Bunga krisan bahkan disukai oleh Tao Qian, penyair Cina yang menjadikannya sebagai simbol kemuliaan. Bukan hanya itu saja, feng shui mempercayai bunga krisan dapat membawa kebahagiaan dan tawa ke rumah. Hal ini kemungkinan berasal dari kandungan bahan kimia, pyrenthrum, yang membantu mengusir serangga secara alami.

2 dari 7 halaman

Digemari Jepang

Jenis bunga krisan ini pun menyebar ke Jepang saat dibawa oleh para biksu Buddha pada 400 Masehi. Kaisar Jepang jatuh cinta pada keindahannya dan menjadikannya sebagai cap kekaisaran resmi. Bukan hanya itu saja, ornamen rambut permaisuri Jepang pun sering dihiasi gambaran bunga krisan.

Kini, kehadiran bunga indah yang disebut sebagai kiku dalam bahasa Jepang ini pun dirayakan sebagai Festival of Happiness. Festival yang sama pun juga diadakan setiap tahunnya di Tongxiang yang ada di kawasan Hangzhou, Cina.

3 dari 7 halaman

Bawa Simbol Unik di Eropa dan Amerika

Setelah dibudidayakan di Jepang, Karl Linnaeus jadi sosok yang pertama membawa krisan ke tanah Eropa di tahun 1753. Langkah botanis asal Swedia ini diteruskan oleh Robert Fortune yang membawa jenis bunga krisan ke Inggris di pertengahan abad ke-18 dan menyebar ke berbagai negara lainnya. Uniknya, di Eropa, bunga krisan jadi bagian tak terpisahkan dari upacara kematian. Salah satunya, Belgia atau Austria yang meletakkan krisan di sisi batu nisan.

Amerika nggak mau ketinggalan tren bunga krisan. Di abad ke-18, Elmer D. Smith mulai membawanya ke AS untuk dikembangkan. Hingga kini, krisan sering dijadikan dekorasi rumah, hotel hingga jadi inspirasi fashion papan atas. Tapi berbeda dengan Eropa, bunga krisan oleh penduduk Amerika Serikat justru dianggap positif dan ceria, sehingga banyak dijadikan simbol kekuatan hubungan antar pasangan.

4 dari 7 halaman

Cantiknya Ragam Jenis Bunga Krisan

Berawal dari sejarah yang panjang, kamu bisa menemukan berbagai jenis bunga krisan yang bisa membawa keceriaan ke rumah. Bunga krisan carinatum misalnya yang punya dua hingga tiga warna membentuk lingkaran dalam satu bunga. Cukup cepat mekar, bagian tengahnya biasanya berwarna gelap, diikuti gradasi warna yang lebih cerah seperti putih, kuning atau merah.

Lain lagi dengan bunga krisan pompom. Seperti namanya, jenis bunga krisan yang satu ini punya bentuk bulat mirip bola. Warnanya pun beragam, bisa kuning cerah, putih hingga ungu. Perawatannya pun cukup mudah, salah satunya dengan menyiramnya di pagi hari. Jangan sampai tergenang karena bakal bikin akar bunga krisan gampang membusuk.

Buat penyuka bunga berwarna putih, bisa memilih bunga krisan inodorum dengan bagian tengah berwarna kuning terang dan kelopak bunga putih bersih. Mirip dengan jenis krisan inodorum, bunga krisan maximum memiliki ukurannya yang cukup besar, sehingga sering digunakan sebagai penghias pagar rumah atau dirangkai jadi buket cantik.

5 dari 7 halaman

Beda Warna, Beda Artinya

Beda jenis bunga krisan terkadang bisa dikenali dari warna kelopaknya. Uniknya, selain terlihat cantik, setiap warnanya punya makna tersendiri, terutama buat para pasangan.

Seperti krisan merah yang cocok diberikan pada si dia di awal-awal hubungan yang hangat, warna ungu yang melambangkan semangat hingga krisan putih yang bermakna kesetiaan dan ajakan untuk melangkah ke jenjang yang lebih serius. Tapi hati-hati kalau pasangan memberikan krisan kuning. Walau menjadi simbol keceriaan dan optimis, ada juga yang menganggap krisan kuning sebagai cinta sepihak yang nggak punya kejelasan.

Ternyata bukan hanya warnanya saja, jumlah tangkai bunga krisan yang diberikan pun bisa membawa arti. Satu tangkai artinya ekspresi cinta yang tunggal pada pasangan, 12 tangkai sebagai penyatuan dua hati, 13 tangkai dari si pemuja rahasia, hingga 24 tangkai yang jadi simbol cinta si dia yang memikirkanmu selama 24 jam penuh.

6 dari 7 halaman

Manfaat Jenis Bunga Krisan untuk Kesehatan

Bukan hanya indah dan kaya makna, jenis bunga krisan pun telah dipercaya berabad-abad lamanya sebagai obat tradisional. Sering dijadikan teh, bunga krisan kaya antioksidan yang membantu meningkatkan daya tahan tubuh serta mencegah penyakit jantung dan stroke.

Selain itu, rutin meminum teh bunga krisan juga dipercaya mampu menjaga kesehatan mata, tulang, hingga membantu tubuh lebih rileks. Bahkan ekstrak bunga krisan pun banyak digunakan dalam produk kecantikan, mulai dari menghilangkan jerawat, menjaga kelembapan kulit, hingga menghilangkan kulit kusam.

7 dari 7 halaman

Perawatan Jenis Bunga Krisan

Tertarik memelihara bunga krisan karena keindahannya? Kini, berbagai bibit jenis bunga krisan mudah ditemukan di pasaran. Perawatannya pun cukup mudah buat kamu yang baru memulai hobi berkebun. Pertama, penyiraman di pagi hari tapi hindari bagian daun dan bunganya. Selain itu, usahakan pot bunga krisan banyak terkena paparan sinar matahari dan lakukan pemupukan sekali dalam sebulan.

Begitu juga buat pot bunga krisan yang dijadikan dekorasi di dalam rumah. keluarkan sejenak di pagi hari untuk menyiraminya, jangan terlalu banyak karena akan bikin akar dan batang bunganya membusuk. Letakkan di area yang terkena sinar matahari langsung, seperti di dekat jendela.

Kalau sudah mekar, kamu bisa memetiknya dan memasukkannya ke dalam vas. Bisa bertahan hingga 2 minggu, tapi daunnya seringkali membusuk dan mengganggu tampilannya. Siasati dengan menghilangkan daun-daunnya di bagian bawah tangkai untuk memastikan kesegarannya yang lebih tahan lama. Selain itu, potong tangkai bunga dengan kemiringan sekitar 45 derajat dan rendam dalam air hangat segera setelah dipotong. Ganti air secara teratur minimal dua hari sekali dan letakkan di area yang lebih teduh.

Kecantikan jenis bunga krisan memang nggak perlu diragukan lagi. Baik buat menghias halaman rumah, menyegarkan interior ruangan atau mengekspresikan perasaan, tangkai-tangkai bunga berwarna cerah ini bisa jadi pilihan tepat. (eth)

Beri Komentar