L’ORÉAL BRANDSTORM 2024 Diadakan di LONDON, Tim MAYA dari ITB Lolos ke Babak Final Internasional Kalahkan 5.600 Rival

Reporter : Aditia Lestari
Kamis, 4 April 2024 16:40
L’ORÉAL BRANDSTORM 2024 Diadakan di LONDON, Tim MAYA dari ITB Lolos ke Babak Final Internasional Kalahkan 5.600 Rival
Dengan inovasi FolliGenix, tim Maya dinobatkan sebagai pemenang dan akan melaju ke babak final internasional pada bulan Juli 2024 di London, Inggris.

 L’Oréal Brandstorm 2024 merupakan ajang kompetisi inovasi terbesar berskala internasional bagi anak muda yang diadakan oleh brand kecantikan L’Oréal. Diketahui, Jumlah peserta L’Oréal Brandstorm 2024 meningkat secara eksponensial dibandingkan tahun lalu, yaitu sebanyak 5.600 pendaftar.

Mewakili Indonesia, tim Maya dari Institute Teknologi Bandung, sebagai pemenang di tahap final nasional. Tim yang beranggotakan tiga mahasiswi Institut Teknologi Bandung ini, Clara Sinaga, Priscilla A. Napitupulu dan Saskia Febriend, berhak mewakili Indonesia untuk bertanding dengan pemenang nasional dari 65 negara lainnya di tahap final internasional pada bulan Juni 2024 mendatang di London, Inggris.

Pada kompetisi ini, Para peserta L’Oréal Brandstorm 2024 ditantang untuk membuat sebuah inovasi menggunakan teknologi yang dapat membantu memajukan industri kecantikan profesional (salon, perawatan dan penataan rambut). Dengan inovasi FolliGenix, tim Maya dinobatkan sebagai pemenang dan akan melaju ke babak final internasional pada bulan Juli 2024 di London, Inggris.

1 dari 5 halaman

Pengalaman Kecantikan yang Melibatkan Inovator Muda

LOREAL BRANDSTORM 2024© L’ORÉAL

Junaid Murtaza, President Director L’Oréal Indonesia mengatakan, L'Oréal sebagai perusahaan kecantikan nomor satu di dunia yang berakar pada teknologi dan inovasi, ingin menghadirkan pengalaman kecantikan yang lebih personal, kreatif, inklusif, dan bertanggung jawab.

" Sebagai industri yang berkembang sangat pesat dan memiliki potensi yang besar, teknologi telah menjadi sebuah kebutuhan di industrri kecantikan tata rambut untuk menjawab kebutuhan konsumen yang semakin membutuhkan personalisasi, untuk itu melalui L'Oréal Brandstorm 2024 kami ingin membantu mengembangkan para inovator muda agar dapat meningkatkan keterampilan mereka dalam menjawab tantangan industri di era modern saat ini,” ujar Junaid Murtaza.

Sebagai gambaran, industri salon profesional memiliki potensi yang besar dengan nilai mencapai 11 triliun rupiah, dengan 100.000 salon dan 5.000 barber shop yang tersebar di seluruh Indonesia. Selain itu, teknologi di industri kecantikan tata rambut juga diperlukan untuk dapat membantu konsumen melakukan perawatan di rumah sehingga dapat memaksimalkan hasil perawatan di salon.

2 dari 5 halaman

Lebih dari Sekadar Kompetisi Biasa

LOREAL BRANDSTORM 2024© L’ORÉAL

Sejak diselenggarakan pada tahun 1992 secara global, L'Oréal Brandstorm telah membantu membentuk pola pikir, menjadi wadah pengembangan diri, serta menjadi awal langkah karier para partisipan yang hingga kini jumlah totalnya mencapai lebih dari 700.000 ribu talenta muda. Indonesia telah ikut berpartisipasi sejak tahun 2009 dan berhasil sebanyak 3 kali mendapatkan gelar juara di babak final internasional.

“ L’Oréal Brandstorm lebih dari sekedar kompetisi biasa, L'Oréal Brandstorm adalah wadah yang tepat untuk menjembatani talenta muda Indonesia dengan kebutuhan bisnis yang semakin berkembang. Memberikan kesempatan kepada talenta muda Indonesia untuk dapat mengembangkan diri melalui keterampilan teknis serta soft skills yang diberikan, untuk membekali dan mempersiapkan mereka menghadapi tantangan industri ke depannya,"  jelas Yenita Oktora, Chief Human Resource Officer L’Oréal Indonesia.

Kami bangga bahwa talenta muda dari Indonesia tak kalah bersaing di kancah internasional, di mana tim tanah air telah 3 kali memenangkan kompetisi Brandstorm di tingkat internasional, yaitu di tahun 2011, 2019 dan 2022,“ ungkapnya.

Dengan peningkatan dalam jumlah pendaftar yang mengikuti L'Oréal Brandstorm 2024, yaitu sebanyak total 5.600 pendaftaran, ajang bergengsi ini berhasil menjaring 10 finalis melalui serangkaian proses penjurian. Ke-10 finalis ini mempresentasikan inovasi mereka secara langsung di hadapan para juri dalam babak Nasional Final yang diadakan pada hari Rabu, 27 Maret 2024 di Kantor Pusat L’Oréal Indonesia.

3 dari 5 halaman

Tim MAYA Menciptakan Alat 'FolliGenix Device'

LOREAL BRANDSTORM 2024© L’ORÉAL

Menurut para profesional tata rambut di Indonesia, masalah kerontokan rambut atau hair loss merupakan salah satu isu utama yang banyak dihadapi oleh para pelanggan salon. Membawa inovasi bertajuk ‘FolliGenix’, tim Maya menghadirkan solusi untuk mengatasi masalah kerontokan rambut secara non-invasif.

Mereka menciptakan sebuah alat perawatan rambut bertajuk 'FolliGenix Device' yang dilengkapi dengan teknologi ultrasound dan nano-technology untuk meningkatkan penyerapan serum secara optimal sesuai dengan kondisi folikel rambut konsumen, tanpa perlu melalui prosedur medis yang invasif. Teknologi yang dikembangkan oleh tim Maya ini mampu membantu menangani masalah kerontokan rambut dengan perawatan yang lebih mendalam dan tepat sasaran. Selain itu, tim Maya menghadirkan 'Genix App', aplikasi yang dapat melacak proses perawatan rambut melalui gadget.

“ Kerja sama tim kami selama ini membawa hasil yang manis. Kami sangat bersyukur dan bangga akan pencapaian kami di babak Final Nasional ini. Kami berharap dapat terus memberikan yang terbaik di babak Final Internasional yang akan diadakan di London nanti dan dapat membawa kembali pulang piala pemenang Final Internasional L’Oréal Brandstorm 2024,” ungkap Clara Sinaga, anggota tim Maya dan pemenang L'Oréal Brandstorm 2024 dari Indonesia.

 

4 dari 5 halaman

Bakal Melawan 41 Tim Level Dunia Juni 2024 Mendatang

LOREAL BRANDSTORM 2024© L’ORÉAL

Tim Maya sebelumnya pernah berpartisipasi dalam kompetisi L'Oréal Brandstorm pada tahun 2023. Pada tahun ini, mereka termotivasi untuk kembali berkompetisi di L'Oréal Brandstorm 2024, karena semua anggota tim menilai L'Oréal Brandstorm sebagai kompetisi inovasi menantang dan merupakan langkah awal dari jenjang karir mereka kedepannya. Dengan kerjasama tim yang solid dan kegigihan untuk menampilkan yang terbaik, tim Maya berhasil memenangkan kompetisi L'Oréal Brandstorm 2024 dan berkesempatan untuk mewakili Indonesia di tahap Final Internasional yang akan diselenggarakan di London pada bulan Juni 2024 mendatang.

Sebelum berlaga di Final Internasional, tim Maya akan mengikuti serangkaian pelatihan dan pendampingan dari tim L’Oréal Indonesia dan para ahli di bidangnya untuk membantu mempersiapkan mereka mengikuti babak final internasional di London, Inggris di bulan Juli mendatang. Mereka akan bersaing melawan 41 tim dari seluruh dunia untuk memperebutkan posisi pertama dalam ajang L’Oréal Brandstorm 2024, serta kesempatan untuk menjalani misi intrapreneurship selama 3 bulan di Kantor Pusat L’Oréal di Paris, Prancis.

“ Di L'Oréal kami berupaya untuk senantiasa menggerakkan dunia melalui kecantikan; dan menciptakan kembali masa depan kecantikan melalui sains dan teknologi. Komitmen ini yang kami wujudkan melalui L'Oréal Brandstorm, untuk memberdayakan generasi muda, para pembuat perubahan masa depan, untuk dapat berinovasi dengan memasukan unsur-unsur penting yang dapat mendorong transisi sosial dan lingkungan bagi masa depan yang lebih baik. Sehingga selain aspek teknologi, Sustainability & Ethical beauty menjadi poin-poin penting dalam menentukan pemenang pada kompetisi L’Oreal Brandstorm,” jelas Melanie Masriel, Chief of Corporate Affairs, Engagement and Sustainability, L'Oréal Indonesia.

5 dari 5 halaman

Inovasi Teknologi Kecantikan oleh L'Oréal

Teknologi dan inovasi memiliki kaitan yang erat dengan L'Oréal untuk mewujudkan visi industri kecantikan yang semakin inklusif terhadap kebutuhan dan keinginan beragam orang, melalui inovasi teknologi kecantikan, di antaranya:

1. Sustainability Beauty Tech tools: L'Oréal Professionnel Water Saver yang akan segera tersedia di Indonesia, dapat menghemat penggunaan air di salon hingga 69%.

2. Personalized Beauty Tech tools:

a. L'Oréal Professionnel MyHair iD yang memperkaya pengalaman konsultasi dengan profesional di salon serta dapat membantu pelanggan untuk mencoba warna rambut secara virtual

b. Kérastase K Scan, yang dapat membantu mengidentifikasi kondisi kulit kepala pelanggan untuk mendapatkan rekomendasi perawatan yang dipersonalisasi

3. Virtual Beauty Tech tools: Garnier Hair Colour Virtual Try On, membantu
menemukan warna rambut yang cocok bagi pelanggan dengan bantuan teknologi.

Beri Komentar